Suka dengan Kaktus? Yuk, Buat Taman Kaktus di Rumah Anda

Suka dengan Kaktus? Yuk, Buat Taman Kaktus di Rumah Anda | Foto artikel Arsitag
Taman kaktus karya Richard Maark // dflaz.com
 

Kaktus merupakan jenis tanaman yang dikenal tidak membutuhkan banyak air. Tanaman yang identik dengan gurun pasir ini juga dikenal tidak membutuhkan perawatan ekstra sehingga terbilang hemat dalam biaya. Menariknya, ada berbagai jenis kaktus dengan berbagai karakter bentuk dan warna yang cantik. Dengan berbagai keunggulannya ini, tak heran banyak orang yang menyukai tanaman kaktus, termasuk di Indonesia.

Apakah Anda juga penyuka tanaman kaktus? Pernah memikirkan ide taman kaktus sendiri di rumah? Jika iya, inilah saatnya Anda mewujudkan keinginan tersebut. Sebagai inspirasi, berikut adalah beberapa contoh desain taman kaktus yang cantik dan menarik.

1. Suasana Ceria dengan Tanaman Kaktus
Taman kaktus karya Steve Martino // stevemartino.net

Taman kaktus karya Steve Martino // stevemartino.net
 

Ketika membicarakan taman kaktus, mungkin yang sering terbayangkan adalah suasana gersang dan kering. Nyatanya, taman kaktus tak selalu harus terkesan gersang ataupun monoton, lho. Suasana ceria tetap bisa diciptakan dari berbagai elemen.

Cobalah merujuk desain taman kaktus karya Steve Martino, sebuah firma arsitektur lanskap asal Arizona, Amerika Serikat. Ia menonjolkan pohon berbunga kuning sebagai kuncinya. Dekorasi kaktus ini bisa menjadi rujukan jika taman rumah Anda sudah telanjur memiliki pohon peneduh. Tak perlu takut kaktus tidak bisa tumbuh maksimal di bawah naungan, karena selagi area tanamnya masih terkena sinar matahari, kaktus tetap mampu tumbuh dengan baik.

2. Kesan Elegan dengan Tanaman Kaktus
Taman kaktus karya Steve Martino // gardenista.com

Taman kaktus karya Steve Martino // gardenista.com
 

Elegan menjadi kesan yang dihadirkan dari taman kaktus di rumah berikutnya. Kesan yang terasa berkat tampilan warnanya yang kalem dan nyaman dilihat. Meskipun menggunakan beragam kaktus yang berbeda jenis, secara keseluruhan tampilannya sangat harmonis. Apalagi, dengan dinding latarnya berwarna putih, karakter masing-masing kaktus dapat terlihat lebih jelas. Tak ketinggalan, hamparan pasir menjadi kunci kekuatan tema gurun yang diangkat.

3. Taman Kaktus yang Romantis
Taman kaktus karya Steve Martino // stevemartino.net

Taman kaktus karya Steve Martino // stevemartino.net
 

Siapa bilang taman kaktus tidak cocok untuk momen romantis? Nyatanya, taman kaktus yang terkesan kering tetap bisa menciptakan nuansa romantis melalui penambahan elemen pendukung, seperti permainan pencahayaan. Semakin cantik lagi jika Anda menambahkan lampu sorot di bawah kaktus untuk menjadikannya sebagai elemen dekoratif.

Baca juga: Trik Menghadirkan Nuansa Tropis ala Vila di Bali, Makin Enggan Keluar Rumah via Liputan6.com
 

4. Kaktus dan Warna Putih yang Tak Pernah Salah
Taman kaktus karya Thomas J Story // sunset.com

Taman kaktus karya Thomas J Story // sunset.com
 

Warna putih memang menjadi latar terbaik untuk menonjolkan karakter tanaman kaktus. Hal ini bisa membuat kaktus tidak hanya sekadar sebagai tanaman, tetapi juga elemen dekoratif. Selain itu, pemilihan bentuk pot juga mampu menunjang tujuan dekoratif, karena pot merupakan elemen dekorasi itu sendiri. Asyiknya lagi, tanaman kaktus yang ditanam dalam pot lebih membebaskan Anda dalam berkreasi, karena bisa dipindah-pindah tempat sesuai keinginan.

5. Membuat Taman Kaktus Indoor
Taman kaktus karya Behzad Zanjani // theultralinx.com

Taman kaktus karya Behzad Zanjani // theultralinx.com
 

Keunggulan lainnya dari tanaman kaktus adalah kemampuannya tumbuh di dalam ruangan. Hal inilah yang membuat kaktus kerap menjadi pilihan saat menata taman kering di rumah. Aktivitas penyiraman cukup sesekali saja, sehingga menjadikan ruangan lebih terjaga kebersihannya. Apalagi, groundcover taman kering cukup menggunakan batu atau kerikil, sehingga tampilan ruang tetap terlihat clean.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti, faktor udara dalam ruang yang cenderung lembap. Maka, sangat disarankan sebaiknya meletakkan taman kaktus di dekat jendela yang terkena sinar matahari. Hal lain yang juga wajib diperhatikan ketika membuat taman kaktus indoor ialah keberadaan anak-anak. Jika di rumah Anda ada anak kecil, hindari penempatan kaktus berduri yang membahayakan keselamatan anak.

6. Permainan Warna di Taman Kaktus
Taman kaktus karya Marc Vargas // dflaz.com

Taman kaktus karya Marc Vargas // dflaz.com
 

Kaktus sebenarnya adalah tanaman berbunga. Tetapi sayangnya, kemunculan bunga kaktus terbilang sangat jarang. Kalaupun berbunga, durasinya relatif singkat. Agar taman kaktus tidak terlihat monoton sepanjang waktu, tak ada salahnya untuk mengolaborasikannya bersama tanaman berbunga.

7. Kaktus Raksasa yang Eksotis
Taman kaktus karya Richard Maark // dflaz.com

Taman kaktus karya Richard Maark // dflaz.com
 

Tanaman kaktus di alam liar dikenal memiliki ukuran raksasa. Di Indonesia, kaktus raksasa seperti ini terbilang langka, sehingga selalu menjadi buruan para pecinta kaktus. Tak heran, jika menempatkan kaktus raksasa di taman rumah akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Apalagi memang secara tampilan, kaktus berukuran besar dan tinggi terlihat menambah eksotisme taman.

Baca juga: Ingin Punya Taman ala Jepang di Rumah? Pelajari Prinsip Pentingnya di Sini! 
 

8. Kekhasan Taman Meksiko
Taman kaktus karya Mark Lipczynski // phgmag.com

Taman kaktus karya Mark Lipczynski // phgmag.com
 

Salah satu rujukan ide taman kaktus yang sudah sangat ikonik adalah taman Meksiko. Ya, taman ala Meksiko bercirikan alam gersang dan kering, yang ditanami aneka jenis kaktus, agave, yuca, dan sukulen. Taman Meksiko sendiri dibuat sebagai referensi alam, sehingga lakukan penataan tanamannya secara lebih acak layaknya di alam liar. Lengkapi nuansa alam liar itu melalui penempatan batu, kerikil, dan pasir.

Sebagai negara yang mendapat limpahan cahaya matahari sepanjang tahun, membuat taman kaktus di rumah merupakan keniscayaan. Taman kaktus adalah alternatif menarik untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dengan perawatan intensif. Sudah siap berburu tanaman kaktus yang Anda inginkan?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.