Yang Dimaksud dengan Rusunami atau Apartemen Subsidi

Yang Dimaksud dengan Rusunami atau Apartemen Subsidi | Foto artikel Arsitag

Rusunami merupakan singkatan dari rumah susun sederhana milik. Rusunami adalah program perumahan yang dibuat oleh pemerintah untuk rumah susun yang lebih dari 8 lantai. Wujud rusunami yang mirip dengan apartemen membuat beberapa pengembang menyebut rusunami dengan istilah “apartemen subsidi”.

Rusunami Bandar Kemayoran (Sumber: rusunawa.perumnas.co.id)Rusunami Bandar Kemayoran (Sumber: rusunawa.perumnas.co.id)

Pengembang juga lebih senang menggunakan istilah apartemen daripada rusun karena konotasi negatif yang melekat pada istilah rusun. Sedangkan penambahan kata bersubsidi disebabkan karena pemerintah memberikan subsidi bagi pembeli rusunami jika memenuhi syarat. Sedangkan, yang tidak memenuhi syarat tetap dapat membeli rusunami, namun tidak mendapatkan subsidi.

Pada rusunami, pengguna tangan pertama adalah pembeli langsung yang membeli dari pengembang. Inilah yang membedakannya dari rusunawa di mana pengguna hanya menyewa pada pengembang.

Contoh rusunami (Sumber: news.rumahrei.com)Contoh rusunami (Sumber: news.rumahrei.com)

Jenis Subsidi

Terdapat banyak pilihan subsidi yang diberikan oleh pemerintah untuk meringankan dan menarik masyarakat untuk membeli rusunami. Beberapa di antaranya adalah:

  • Subsidi selisih bunga hingga maksimum 5% (sesuai golongan)
  • Bantuan uang muka hingga maksimum 7 juta (sesuai golongan)
  • Bebas PPN
Apartemen subsidi Kalibata Residence (Sumber: kalibatacity.agenproperti.com)Apartemen subsidi Kalibata Residence (Sumber: kalibatacity.agenproperti.com)

Syarat Subsidi

Seperti yang tercantum dalam Peraturan Menteri Negara Perumahan Rakyat Nomor: 7/PERMEN/M/2007, kelompok sasaran penerima subsisi adalah:

  1. Keluarga atau rumah tangga yang baru pertama kali mempunyai rumah dan baru pertama kali menerima subsidi perumahan (dibuktikan oleh surat pengantar dari kelurahan)
  2. Gaji pokok pemohon atau pendapat pokok perbulan maksimum 4,5 juta
  3. Mempunyai NPWP
  4. Harga untuk apartemen di bawah Rp. 144 juta dan rumah di bawah Rp. 55 juta
Rusunami Kebagusan City (Sumber: kaskus.co.id)Rusunami Kebagusan City (Sumber: kaskus.co.id)

Kriteria Rumah Susun Sederhana Milik:

  • Ukuran standar minimal 18 m2 dengan lebar minimal 3 meter
  • Terdiri dari satu ruang utama (kamar tidur) dan ruang penunjang lainnya di dalam atau di luar ruang utama
  • Dilengkapi dengan sistem ventilasi dan pencahayaan buatan yang cukup, daya listrik yang cukup, serta sistem pemompaan air
  • Batas pemilikan satuan rumah susun dapat berupa ruang tertutup, sebagian terbuka, atau ruang terbuka
Grand Centre Point Apartment (Sumber: rumahdijual.com)Grand Centre Point Apartment (Sumber: rumahdijual.com)

Tipe Rumah Susun

Ukuran minimal dari rumah susun adalah 18 m2 dan paling besar adalah 50 m2. Untuk mengetahui lebih detail, berikut adalah ukurannya:

Untuk fasilitas bersama, sebuah rumah susun harus memiliki tempat parkir, saluran air limbah, pembuangan sampah, pemadam kebakaran, aliran listrik, gas, telepon, dan alat komunikasi lainnya.

Untuk fasilitas bersama, sebuah rumah susun harus memiliki tempat parkir, saluran air limbah, pembuangan sampah, pemadam kebakaran, aliran listrik, gas, telepon, dan alat komunikasi lainnya.

Lingkungan rumah susun juga harus dilengkapi dengan fasilitas perbelanjaan, lapangan terbuka, kesehatan, pendidikan, peribadatan, pelayanan umum, serta lahan untuk bercocok tanam.

Apartemen Cibubur (Sumber: kaskus.co.id)Apartemen Cibubur (Sumber: kaskus.co.id)

Contoh Proyek Rusunami atau Apartemen Subsidi

1. Apartemen Cibubur

Apartemen Cibubur berlokasi di Cibubur, Jakarta Timur. Fasilitas yang disediakan terdiri dari Swimming Pool untuk dewasa dan anak, carport, restoran, area bermain anak, taman, security 24 jam, access card, jogging track, listrik token, dan TV cable & internet (optional).

Lokasinya stratregis hanya 2 menit ke pintu tol jagorawi, 500 meter dari GOR POPKI dan Mall Cibubur Junction, 1 km dari Bumi Perkemahan Cibubur, dan 2 menit ke TK, SD, SMP Al-Azhar.

Kalibata Residence (Sumber: openbuildings.com)Kalibata Residence (Sumber: openbuildings.com)

2. Kalibata Residence

Kalibata Residence belokasi di jalan Taman Makan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan. Tower A,B,C,D,F,G merupakan apartemen bersubsidi yang ada di Kalibata Residence. Fasilitas yang disediakan terdiri dari security 24 jam, kartu akses per lantai, mall, kolam renang untuk anak dan dewasa, gym, tempat bermain anak, lintasan jogging, gazebo, walking stone, dll.

Bagi Anda yang ingin membeli Rusunami atau apartemen bersubsidi ini dan masing bingung mengenai desain interior apa yang sesuai untuk apartemen Anda, dapatkan inspirasi desain interiornya di Arsitag.com

Sumber:

http://blog.urbanindo.com

http://www.sewa-apartemen.net

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.