Ide Desain Taman Belakang Rumah untuk Ngumpul Bareng Teman

desain taman belakan rumah

Berkumpul bersama teman-teman tentu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Tak heran, jika tempat-tempat nongkrong seperti resto atau kafe menjamur dan selalu ramai pengunjung. Namun, tentunya untuk nongkrong di luar akan memiliki keterbatasan. Selain tidak bisa bebas karena merupakan tempat umum, Anda juga harus mengeluarkan biaya ekstra. Lantas, mengapa tidak menyediakan tempat ngumpul bareng teman di rumah sendiri?

Ya, tempat berkumpul bareng teman-teman bisa Anda sediakan di taman belakang rumah. Akan tetapi, apakah Anda masih bingung dengan desainnya? Jika iya, berikut beberapa contoh desain taman belakang untuk berkumpul yang bisa menjadi inspirasi.

1. Memberi area lapang untuk ragam aktivitas

Desain taman belakang rumah, karya OG Architects, via arsitag.com

Jika Anda suka mengadakan barbeque party, menyediakan area terbuka di taman adalah keharusan. Area lapang ini bisa dibuat dengan lantai perkerasan, atau akan lebih baik lagi jika ditanami rumput. Sedangkan, untuk memberi kesan rimbun dan alami, pohon peneduh dan tanaman hias bisa diletakkan di sekelilingnya. Rancangan taman tropis seperti ini juga akan membuat area taman belakang rumah terasa lebih luas dan lega.

2. Warna-warna alam yang membuat betah

Desain taman belakang rumah, karya Inspiratio, via arsitag.com

Warna pada sebuah desain sangatlah penting. Tiap warna dan kombinasinya akan memberi kesan yang berbeda. Jika peruntukan suatu ruang adalah untuk berkumpul, bersantai, atau nongkrong, warna-warna yang sejuk dan menenangkan adalah pilihannya. Terkait dengan taman rumah, maka pilihan warna-warna alam seperti hijau dan cokelat akan sangat tepat. Selain untuk memanjakan mata, memadukan warna hijau dan cokelat juga akan membuat suasana taman terasa lebih segar. Hal inilah yang akan membuat teman-teman betah untuk berkumpul di taman belakang rumah Anda.

Baca juga: Desain Taman Rumah Tropis Minimalis yang Segar dan Estetis

3. Suasana alam dengan kolam ikan

Desain taman belakang rumah, karya Arkitekt.id, via arsitag.com

Meskipun berupa kolam buatan, keberadaannya akan mengubah suasana taman belakang rumah Anda. Keberadaan elemen air akan membuat iklim mikro terasa lebih sejuk. Ikan yang berenang di dalamnya juga sekaligus menjadi atraksi yang membuat suasana kolam terasa lebih semarak. Teman-teman Anda yang berkumpul di sana pun akan lebih betah, karena bisa berinteraksi dengan ikan-ikan yang ada. Tak lupa, suara gemericik air akan memberi ketenangan layaknya di alam terbuka. Selain itu, jika lahan taman belakang rumah Anda terbatas, kreasi taman vertikal seperti karya Arkitekt.id di atas bisa menjadi solusinya.

4. Tambahkan kanopi

Desain taman belakang rumah, karya Inspiratio, via arsitag.com

Terik matahari hingga rintik hujan adalah alasan yang sering membuat kegiatan berkumpul outdoor urung dilakukan. Sebagai solusi, Anda bisa memasang kanopi di taman belakang. Apalagi, saat ini ada banyak pilihan tipe kanopi sehingga bisa disesuaikan dengan nuansa yang ingin dibangun. Seperti apa yang dilakukan Inspiratio dalam desain taman Lebak Bulus House di atas. Tampak kanopi kaca berstruktur kayu ini menjadi satu kesatuan dengan desain bangku dan lantainya.

5. Memandang pulau buatan dari teras

Desain taman belakang rumah, karya Rakta Studio, via arsitag.com

Alih-alih membuat kolam ikan biasa, bagaimana jika Anda juga membuat pulau buatan di tengah kolam? Ya, ide desain Rakta Studio ini sangat bisa menjadi inspirasi di taman belakang rumah Anda agar tampil berbeda. Pulau buatan ini akan menjadi focal point dengan menanam pohon kamboja atau pohon hias lainnya. Sedangkan sebagai tempat berkumpul, Anda bisa memanfaatkan sisa area taman atau dengan memanfaatkan teras yang ada.

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Mungil yang Super Keren

6. Membawa suasana cafe di taman rumah

Desain taman belakang rumah, karya Woso Studio, via arsitag.com

Siapa yang tidak tertarik untuk memiliki taman belakang rumah seperti karya Woso Studio di atas? Taman terasa sangat nyaman layaknya di kafe-kafe kekinian. Tanaman yang rimbun memberi kesan sejuk dan segar yang melengkapi desain rumah tropis. Apalagi, keberadaan vertical garden menjadikan taman terlihat lebih hijau sekaligus estetik. Pemberian elemen kayu pada lantai dan bangku juga menambah keindahan taman ini sehingga nyaman untuk ditempati.

Jadi, desain taman mana yang menarik perhatian dan cocok diaplikasikan di rumah Anda?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Rahayu
AUTHOR
Rahayu
Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram