Desain Taman Rumah Tropis Minimalis yang Segar dan Estetis

Desain Taman Rumah Tropis Minimalis yang Segar dan Estetis | Foto artikel Arsitag

Desain lanskap taman rumah karya WOSO Studio,via arsitag.com

Merasakan cuaca yang cenderung panas dan kelembapan yang tinggi merupakan hal yang wajar bagi orang Indonesia. Apalagi, jika tinggal di perkotaan, cuaca seperti ini akan menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, membangun rumah berkonsep tropis minimalis bisa menjadi salah satu solusinya.

Melengkapi konsep rumah tropis minimalis tersebut, keberadaan taman juga mengambil peranan penting. Desain taman tropis dengan aneka tanamannya akan memodifikasi iklim mikro, sehingga lingkungan rumah terasa lebih sejuk dan nyaman untuk dihuni. Hal itu juga yang disadari oleh WOSO Studio dalam merancang projek taman Rumah Tulodong Bawah VIII Extension. Mau tahu seperti apa taman rumah tropis minimalis yang segar dan estetis ini?

1. Keharmonisan antara bangunan dan taman
Desain taman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah karya WOSO Studio,via arsitag.com
 

Menyadari bahwa tiap elemen adalah penting, maka dalam mendesain taman, arsitek lanskap harus tetap memperhatikan bangunan utamanya. Jangan sampai visual fasad dan rupa bangunan justru terganggu dengan keberadaan taman. Artinya, elemen bangunan dan tanaman harus saling mendukung sehingga tercipta kesatuan hunian yang enak dipandang.

Seperti itu pula yang bisa kita lihat dari Rumah Tulodong karya WOSO Studio ini. Ragam tanaman tropis yang ada pada taman terlihat harmonis, serta meningkatkan estetika bangunan rumah. Rimbunnya tanaman semak Calathea lutea yang dipakai juga memberi efek segar khas daerah tropis. Lebih jauh, jika diperhatikan lagi, bisa dilihat adanya kesatuan antara garis-garis vertikal pada bangunan dengan pola tanaman yang ditanam, termasuk dari vertical garden yang ada di sisi belakang.

2. Memanfaatkan ruang vertikal
Desain taman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com
 

Memaksimalkan konsep hijau ala taman tropis, taman rumah ini juga memanfaatkan ruang vertikal dengan membuat vertical garden atau taman vertikal. Selain menambah ruang tanam, keberadaan taman vertikal juga menjadi sumber estetika yang menarik perhatian. Hal ini juga membuat dinding terasa lebih hidup dan tidak monoton.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Pintu yang Menghadap ke Taman atau Patio Rumah
 

3. Taman tropis yang fungsional
Desain taman tropis rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman tropis rumah karya WOSO Studio,via arsitag.com
 

Keberadaan taman rumah yang dipenuhi tanaman tidak hanya untuk membuat udara sekitar rumah menjadi lebih segar. Taman rumah juga selayaknya bisa menjadi ruang aktivitas yang nyaman bagi semua anggota keluarga. Apalagi, Rumah Tulodong Bawah ini berada di kompleks yang terbilang beriklim gersang dan padat, maka ruang terbuka yang fungsional menjadi sangat diperlukan.

4. Perpaduan unsur alam
Desain taman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah karya WOSO Studio,via arsitag.com
 

Terkait taman, maka selain aspek softscape berupa tanaman, terdapat pula aspek hardscape seperti tempat duduk, dek, dan elemen penunjang lain. Oleh karena mengusung tema tropis, elemen hardscape yang ada tidak akan jauh dari unsur-unsur alami seperti kayu dan batu. Perpaduan unsur-unsur alam seperti ini akan membuat taman terlihat lebih asri dan nyaman.

5. Tanaman sebagai screen
Desain taman rumah karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah karya WOSO Studio,via arsitag.com
 

Dalam ilmu lanskap, salah satu peran tanaman adalah sebagai screen. Maksudnya, tanaman diaplikasikan untuk membatasi pandangan atau menutup area yang tidak ingin dilihat. Oleh karena itu, biasanya tanaman yang dipilih adalah jenis yang rimbun seperti Calathea lutea, Heliconia, atau bambu. Hal itu pula yang dilakukan pada taman rumah tropis ini. Barisan Calathea lutea yang ditanam membuat taman minimalis keren ini terasa lebih privat, karena tidak terganggu dengan pemandangan dari luar.
 

Baca juga: Desain Patio Taman Belakang Rumah Impian Super Cantik
 

6. Segar dari luar, sejuk hingga dalam
Desain taman rumah tropis karya WOSO Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah tropis karya WOSO Studio,via arsitag.com
 

Ditanami aneka tanaman yang rimbun, taman rumah di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini langsung akan menarik perhatian ketika awal memasukinya. Bahkan, di tengah padatnya hunian sekitar, taman rumah yang hijau seperti menjadi oase yang menyegarkan. Bagi penghuni, hal ini tentu saja sangat menyenangkan karena rumah sudah selayaknya menjadi tempat yang nyaman. Tak hanya dari luar, efek banyaknya tanaman juga tentu akan dirasakan hingga ke dalam rumah berupa udara yang lebih sejuk.

Taman tropis memang menjanjikan suasana yang segar. Namun, apa yang dilakukan oleh WOSO Studio berhasil pula membuat taman dan bangunan rumah menjadi satu kesatuan estetis yang harmonis.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.



Hubungi ARSITAG