Desain Plafon Ini Dijamin Bikin Tamu-Tamu Anda Menengadah Kagum

Desain Plafon Ini Dijamin Bikin Tamu-Tamu Anda Menengadah Kagum | Foto artikel Arsitag

Desain plafon unik dengan kayu aksen kayu putih dipasang horizontal, via elledecor.com
 

Ketika mendesain rumah, kebanyakan orang fokus memikirkan warna yang ingin diterapkan pada dinding rumahnya. Namun, warna cat untuk plafon seakan jarang mendapat perhatian. Biasanya, orang-orang memilih bermain aman dengan menggunakan warna netral seperti putih untuk langit-langit rumahnya.

Beragam cara dapat Anda lakukan dalam upaya meningkatkan tampilan estetika rumah. Dan cara unik dan simpel yang bisa Anda coba adalah dengan memilih desain plafon mewah. Lewat pemilihan desain yang sesuai, plafon yang awalnya tidak menjadi pusat perhatian, disulap menjadi focal point ruangan. Tidak percaya? Yuk, simak beberapa contohnya berikut ini!

Langit-langit Kubah Berwarna Emas
Langit-langit kubah berwarna emas dengan lampu kristal, via mydomaine.com

Langit-langit kubah berwarna emas dengan lampu kristal, via mydomaine.com
 

Hal yang membuat desain plafon ruangan ini tampak unik bukan hanya pemilihan warnanya yang mencolok, tetapi juga bentuk kubahnya yang apik. Sebuah lampu chandelier kristal yang cantik menambah kesan mewah ke dalam keseluruhan ruangan. Desain semacam ini mungkin tidak cocok diterapkan ke semua desain rumah. Akan tetapi, ide statement-nya yang kuat dapat Anda adopsi untuk meningkatkan estetika hunian Anda.

Plafon Biru dengan Tekstur Bergaris
Plafon biru bergaris, via architecturaldigest.com

Plafon biru bergaris, via architecturaldigest.com
 

Ruangan ini hadir dengan konsep uniknya sendiri melalui penggunaan warna yang sama untuk berbagai elemen di dalamnya, yakni warna biru. Mulai dari lantai berwarna biru pucat yang berhadap-hadapan langsung dengan plafon berwarna senada. Yang membuat langit-langit tampak berbeda adalah tekstur garis-garisnya. Selain plafon dan lantai, warna biru yang menyebar di sofa, cushion hingga meja membuat ruangan ini tampak saling terikat.

Baca juga: 8 Inspirasi Desain Interior Warna Pastel yang Kekinianvia Cantika.com

Langit-langit dengan Panel Kayu
Langit-langit panel kayu melengkung, via bobvila.com

Langit-langit panel kayu melengkung, via bobvila.com
 

Mengecat plafon bukanlah satu-satunya cara untuk membuatnya tampil berbeda. Anda bisa memberikan kesan hangat ke dalam ruangan dengan memasang plafon dari material kayu. Ingin menjadikannya sebagai statement tunggal atau memadukannya dengan lantai dan perabotan bernuansa sama, pilihannya ada di tangan Anda.

Plafon Kuning yang Cerah
Plafon dicat kuning cerah, via HGTV.com

Plafon dicat kuning cerah, via HGTV.com
 

Ruang makan dan dapur ini tampil dengan warna kuning berbagai gradasi. Kuning pucat dihadirkan pada rak dan lemari. Sementara itu, bantal-bantal cushion tampil mencolok dengan kuning keemasan. Untuk menghidupkan suasana dan memberikan kontras terhadap warna krem yang juga mendominasi ruangan, sang desainer memutuskan menggunakan kuning cerah pada plafonnya. Tampak fun dan serasi dengan keseluruhan ruangan, bukan?

Plafon Tin Tile yang Klasik
Plafon tin tile untuk tampilan yang elegan, via thisoldhouse.com

Plafon tin tile untuk tampilan yang elegan, via thisoldhouse.com
 

Tin tile adalah salah satu material penutup langit-langit yang paling populer pada era 1880-an. Harganya yang murah dan detailnya yang cantik bukan satu-satunya alasan. Material sejenis kaleng yang digunakan juga membuatnya tahan api. Langit-langit jenis ini masih banyak ditemukan pada bangunan-bangunan bersejarah di luar negeri. Mengecatnya dengan warna lain akan memberikan kesan yang lebih modern.

Plafon Hitam yang Berani
Plafon hitam untuk kesan ruangan yang mewah, via servicecentral.com.au

Plafon hitam untuk kesan ruangan yang mewah, via servicecentral.com.au
 

Kalau Anda belum memiliki sesuatu yang mencolok di dalam ruangan, mencoba plafon berwarna hitam adalah opsi yang layak dicoba. Banyak orang berpikir kalau mewarnai langit-langit dengan warna hitam akan membuatnya terasa rendah. Padahal sebaliknya, selain tampak lebih tinggi, ruangan juga akan tampak lebih mewah.

Baca juga: Trik Mengatur Tata Cahaya yang Keren

Plafon Garis-garis
Plafon garis-garis biru-putih untuk kesan atap ruangan lebih meninggi, via homedit.com

Plafon garis-garis biru-putih untuk kesan atap ruangan lebih meninggi, via homedit.com
 

Cara ampuh untuk memberikan sentuhan berbeda ke dalam kamar tidur dengan langit-langit yang rendah adalah dengan menggunakan pola setrip yang cantik. Pola garis-garis seperti ini mampu menciptakan efek langit-langit terasa lebih tinggi. Gunakan pilihan warna yang senada dengan komponen lain di dalam kamar agar keseluruhannya tampil sebagai satu kesatuan yang utuh.

Jangan pernah ragu mencoba beragam cara untuk meng-upgrade tampilan di dalam rumah Anda. Cobalah menerapkan warna dan desain plafon mewah sebagai opsi yang bisa Anda ambil. Sesuaikan ide desain dengan kebutuhan suasana ruangan yang ingin Anda ciptakan. Jadi, desain plafon mana yang tertarik Anda tiru di rumah?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."