Ide Mempercantik Interior Rumah dengan Kaktus Mungil yang Lucu

Ide Mempercantik Interior Rumah dengan Kaktus Mungil yang Lucu | Foto artikel Arsitag
Kaktus mungil untuk dekorasi rumah // bhg.com
 

Apakah Anda sedang bingung menentukan pilihan tanaman indoor untuk suasana baru di rumah? Kali ini Arsitag ingin merekomendasikan tanaman kaktus hias yang lucu. Kaktus memiliki keunggulan tersendiri untuk dipilih. Lantaran, jenis tanaman ini terbilang bandel dan mudah dalam perawatan. Karakternya yang menyimpan air di dalam batang tubuh, menjadikan kaktus tak perlu sering disiram sehingga area sekitar penempatannya bisa lebih bersih.

Kaktus sendiri ada banyak jenisnya, termasuk yang berukuran mungil atau biasa disebut kaktus mini. Kaktus ukuran mungil ini sangat cocok dijadikan penunjang dekorasi interior. Apalagi, kaktus mungil juga tersedia beragam jenis, sehingga bisa disesuaikan dengan karakter yang ingin ditampilkan.

Nah, jika Anda tengah mencari kaktus mungil sebagai elemen pemercantik interior, berikut ide delapan jenis kaktus hias yang bisa dicontoh.

1. Opuntia Basilaris dalam Pot Lukis
Dekorasi kaktus mungil karya Pottery Barn Teen // hunker.com

Dekorasi kaktus mungil karya Pottery Barn Teen // hunker.com
 

Opuntia basilaris atau Beavertail cactus merupakan kaktus yang paling umum dan mudah ditemui. Bentuknya sangat representatif sebagai tanaman lahan kering, sehingga cocok dijadikan dekorasi tunggal di atas meja. Agar lebih menarik, Anda bisa menggunakan cup atau pot bermotif sebagai wadah tanamnya.

2. Echinofossulocactus dalam Lentera Kaca
Dekorasi kaktus mungil karya Ryland Peters & Small // houzz.com

Dekorasi kaktus mungil karya Ryland Peters & Small // houzz.com
 

Ide berikutnya sangat cocok dijadikan inspirasi untuk membuat kaktus mungil tampil lebih mewah. Kaktus dalam pot cukup dimasukkan ke dalam lentera kaca kemudian diletakkan di atas meja sebagai dekorasi. Anda bisa menggunakan kaktus Echinofossulocactus karena kaktus jenis ini berbentuk bola yang cocok untuk wadah lentera kaca.

3. Easter Cactus yang Cantik
Dekorasi kaktus mungil karya Michelle Slatalla // gardenista.com

Dekorasi kaktus mungil karya Michelle Slatalla // gardenista.com
 

Tak melulu berbentuk batang bulat dan berduri, kaktus juga ada yang jenisnya berupa daun tanpa duri. Salah satunya adalah Easter cactus atau nama botaninya Hatiora gaertneri. Kaktus akan mempercantik dekorasi meja Anda dan akan semakin menarik ketika ia berbunga. Bunganya ada di ujung daun dan biasanya tumbuh secara serempak. Kaktus jenis ini juga cocok sebagai dekorasi interior untuk Anda yang memiliki anak kecil di rumah agar tidak khawatir mereka terluka akibat duri.

Baca juga: 8 Ragam Tanaman Indoor yang Cocok untuk Diletakkan Dekat Jendelavia IDN Times

4. Dekorasi Pencil Cactus di Akuarium Mini
Dekorasi kaktus mungil karya Rachel Togerson // thespruce.com

Dekorasi kaktus mungil karya Rachel Togerson // thespruce.com
 

Kaktus pensil (Euphorbia tirucalli) juga tak kalah menarik dijadikan pilihan tanaman dekorasi dalam ruangan. Akan lebih menarik lagi jika Anda memilih model dalam fish bowl atau akuarium mini. Tambahkan beberapa elemen penghias lain seperti kerikil dan pasir hias, atau dipadukan dengan tanaman sukulen jenis lain.

5. Semarak dengan Christmas Cactus
Dekorasi kaktus mungil karya Nadezha Nesterova // thespruce.com

Dekorasi kaktus mungil karya Nadezha Nesterova // thespruce.com
 

Penampilan Christmas cactus (Schlumbergera) sangat menarik untuk mempercantik rumah. Satu pilihan jitu yang menjadi alternatif tanaman hias interior karena karakternya yang unik. Apalagi, ketika kaktus berbunga, penampilannya akan semakin semarak untuk menjadi pusat perhatian.

6. Kaktus Cereus dengan Pot Karakter
Dekorasi kaktus mungil karya ProFlowers // proflowers.com

Dekorasi kaktus mungil karya ProFlowers // proflowers.com
 

Jenis kaktus cereus sangat cocok dijadikan tanaman indoor lantaran paling bandel dan mudah beradaptasi. Tampilannya sendiri cukup unik, baik ditanam secara tunggal atau berkelompok. Sebagai elemen dekorasi, ada baiknya Anda meletakkan kaktus menggunakan pot karakter yang lucu sehingga penampakannya menjadi lebih memikat.

Baca juga: Vertical Garden, Solusi Taman untuk Keterbatasan Lahan 

7. Kreasi Kaktus Terarium
Dekorasi kaktus mungil karya Succulents Network // succulentsnetwork.com

Dekorasi kaktus mungil karya Succulents Network // succulentsnetwork.com
 

Terarium atau kreasi menanam tanaman di dalam wadah kaca tampak mempesona sebagai elemen dekorasi ruang. Salah satu jenis tanaman yang paling cocok dipakai untuk terarium sendiri adalah jenis kaktus. Hadirkan beberapa jenis kaktus agar tampilan terarium tidak monoton. Tak ketinggalan, tambahkan elemen penghias seperti pasir hias, batu, kayu, dan aksesoris lainnya untuk melengkapi nuansa ekosistem alami.

8. Kaktus Opuntia yang Lucu
Dekorasi kaktus mungil karya Succulent City // succulentcity.com

Dekorasi kaktus mungil karya Succulent City // succulentcity.com
 

Kaktus opuntia atau ada juga yang menyebutnya kaktus centong, merupakan kaktus hias interior berikutnya yang tidak kalah cantik karena memiliki bentuk yang khas. Kekhasan bentuknya inilah yang harus menonjol dengan meletakkannya di tempat yang tepat, seperti dekat jendela atau dinding berlatar putih.

Jadi, kaktus mini jenis apa yang Anda pilih untuk dekorasi interior rumah? Yang terpenting adalah perhatikan juga kondisi penghuni rumah Anda, apakah ada anak-anak atau tidak. Jika ingin tenang, maka sebaiknya menghindari memilih kaktus berduri atau bisa diantisipasi dengan penempatan di posisi yang aman. Selebihnya, Anda bisa berkreasi sendiri dengan menyesuaikan pada karakter ruang yang ingin diciptakan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.