Dekorasi Natal Meriah dengan Tanaman Interior Cantik

Dekorasi Natal Meriah dengan Tanaman Interior Cantik | Foto artikel Arsitag

Dekorasi pohon natal alami, foto olehSara Farnell via unsplash.com
 

Semarak perayan Natal akan semakin terasa dengan dekorasi rumah yang meriah. Kegiatan menghias pohon natal pun menjadi tradisi yang tak terlewatkan, termasuk di Indonesia. Akan tetapi, adakalanya berbagai hambatan muncul sehingga menghalangi kegiatan memasang pohon natal yang besar. Di antaranya, keterbatasan dana, tak bisa memasang seorang diri, ataupun terkendala untuk menemukannya di dekat rumah Anda. Namun, jangan berkecil hati. Inilah saatnya Anda berkreasi dengan menggunakan tanaman hias indoor.

Ya, tanaman hias indoor dapat menjadi alternatif elemen dekorasi yang cantik untuk nuansa Natal tahun ini. Apalagi, tanaman itu sendiri sebenarnya merupakan elemen dekoratif, sehingga keberadaannya otomatis menjadi ornamen desain interior. Jika Anda tertarik akan hal ini, berikut adalah beberapa inspirasi tanaman interior cantik untuk dekorasi Natal yang meriah. 

1.Warna Khas Natal dari Kastuba
Tanaman Kastuba, Foto oleh Nadia Pimenova via unsplash.com

Tanaman Kastuba, Foto olehNadia Pimenova via unsplash.com
 

Hijau dan merah adalah warna yang sangat identik dengan nuansa Natal. Menariknya, kedua warna itu bisa didapatkan dari tanaman Kastuba (Euphorbia pulcherrima). Warna merah sendiri bukan berasal dari bunga, tetapi dari daun bagian atasnya. Artinya, kedua warna ini Anda dapatkan sekaligus tanpa harus mencari tanaman yang berbunga seperti jenis tanaman lain. Tak heran, jika Kastuba memang sangat terkenal sebagai tanaman interior untuk Natal termasuk di Amerika.

2.Hijau Segar ala Sirih Gading
Tanaman sirih gading, Foto oleh Nathan Dumlao via unsplash.com

Tanaman sirih gading, Foto olehNathan Dumlao via unsplash.com
 

Sebagai tanaman interior, sirih gading juga sangat tepat untuk dekorasi Natal. Daunnya yang lebat dengan warna yang cerah, menjadikan suasana Natal akan lebih meriah. Apalagi dengan karakternya yang menjuntai, sirih gading sangat cantik menjadi ornamen pendamping kaos kaki natal yang digantung di rak.

Baca juga: Tanpa Biaya, Anda Bisa Ubah Desain Rumah Seperti Inivia Kompas.com
 

3.Nuansa White Christmas dengan Anggrek Putih
Anggrek puith, foto oleh Cristina Taranovici via unsplash.com

Anggrek puith, foto oleh Cristina Taranovici via unsplash.com
 

Meskipun Indonesia tidak merasakan white christmas layaknya negara empat musim, cobalah menghadirkan nuansa tersebut melalui dekorasi. Jika biasanya dilakukan dengan memberi salju buatan di pohon Natal, Anda pun bisa berkreasi menggunakan tanaman.

Jenis tanaman indoor yang bisa Anda pilih adalah anggrek bulan warna putih. Karakter bunga putihnya yang bersusun panjang memberikan visual layaknya salju yang turun. Letakkan dekorasi Natal dari tanaman di ambalan jendela agar terlihat benar-benar seperti salju.

4.Kaktus Natal untuk Natal Meriah
Kaktus natal, foto oleh Sukulent Ler via sukulentler.com

Kaktus natal, foto olehSukulent Ler via sukulentler.com
 

Ide tanaman dekorasi interior berikutnya adalah kaktus natal (Christmas Cactus). Uniknya, nama ini diberikan karena tanaman biasanya berbunga saat Bulan Desember atau menjelang Natal. Akan tetapi, memang kebiasaan itu umumnya hanya berlaku di belahan bumi utara. Sedangkan di Indonesia, kaktus natal terbilang jarang berbunga. Meskipun demikian, tampaknya tak ada salahnya untuk menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi Natal karena tampilannya yang unik dan meriah.

5.Mewahnya Terrarium Tillandsia
Terarium karya Tarmizi

Terarium karyaTarmizi
 

Terarium berbentuk piramid akan memeriahkan dekorasi Natal di rumah Anda. Bentuknya yang menyerupai pohon natal akan memberikan sentuhan mewah di semaraknya Natal keluarga. Agar tidak repot untuk menyusun tanaman di dalamnya, sangat disarankan menggunakan tanaman tillandsia atau air plant. Apalagi, karena tidak membutuhkan media tanam baik tanah atau air, penataan tillandsia bisa lebih leluasa.

Baca juga: 8 Ide Desain Terkini untuk Menata Koleksi Tanaman Interior Rumah Anda
 

6.Christmas Wreath dari Sukulen yang Cantik
Christmas wreath dari sukulen, foto oleh Guillaume Lorain via unsplash.com

Christmas wreath dari sukulen, foto olehGuillaume Lorain via unsplash.com
 

Christmas Wreath merupakan tradisi yang sangat khas di Amerika Serikat. Biasanya, wreath berupa hiasan berbentuk lingkaran. Dibuat dari rangkaian daun dan ranting cemara yang dihiasi ornamen khas Natal. Agar tampil lebih unik dan berbeda, cobalah membuat sendiri wreath menggunakan tanaman sukulen. Tidak hanya bisa diletakkan di depan pintu, wreath sukulen sekaligus dapat menjadi hiasan di dalam ruang karena sukulen sendiri termasuk tanaman indoor.

7.Tampil Berbeda dengan Kaktus
Tanaman kaktus dalam pot, foto oleh Jonathan Borba via unsplash.com

Tanaman kaktus dalam pot, foto oleh Jonathan Borba via unsplash.com
 

Tanaman kaktus memang bukan tanaman yang identik dengan natal. Akan tetapi, justru inilah yang menjadikannya menarik jika Anda menginginkan dekorasi yang berbeda. Misalnya saja, kaktus koboi berukuran tinggi. Kemudian, lilitkan lampu Natal di sekelilingnya sehingga membuatnya tampak meriah. Selain kaktus koboi, pilihlah jenis kaktus lainnya karena kaktus memiliki banyak jenis dengan bentuk atau karakter yang berbeda-beda. 

Jadi, Anda tertarik untuk berkreasi membuat dekorasi Natal meriah menggunakan tanaman yang mana? Manfaatkan referensi di atas ketika memilih tanaman dekorasi interior yang akan menyemarakkan Natal di rumah. Jangan lupa, hiasi dengan ornamen tambahan seperti lampu tumblr, pita emas, dan gantungan pernak-pernik Natal yang menarik dan lucu. Anda bisa membuatnya bersama-sama anggota keluarga lainnya. Selamat berkreasi!

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.