8 Ide Terkini Desain Tanaman Hias untuk Interior Rumah Anda

desain tanaman hias

Beragam alasan mengapa tanaman indoor banyak dipilih orang untuk mendekorasi interior rumah mereka. Selain mudah didapat, tanaman juga murah harganya. Keberadaannya juga tidak sakadar sebagai penyegar mata, tetapi juga penyegar udara.

Sayangnya selain sisi positifnya ini, tanaman juga bisa membawa masalah. Beberapa jenis tumbuhan yang rumit perawatannya justru akan membuat Anda kerepotan. Belum lagi jika salah penataan malah akan membuat ruangan tampak berantakan seperti hutan rimba. Lantas, bagaimana trik menata koleksi tanaman Anda agar tetap tampil seperti yang Anda inginkan?

Menggantung Tanaman di Atas Langit-langit

Tanaman hias gantung yang cantik di langit-langit rumah, via freshome.com

Ide ini mungkin terdengar liar untuk Anda. Akan tetapi percayalah, dengan eksekusi yang tepat, ruangan Anda akan tampil semakin segar sekaligus menarik. Jika tidak percaya diri mengurus tanaman hidup, Anda bisa menggantinya dengan tanaman kering indoor lainnya ataupun tanaman artifisial.

Sebarkan Tanaman di Berbagai Sudut

Susun tanaman dengan pola menyebar, via bolondonrestaurant.com

Jika Anda memiliki ruangan dengan interior serba putih dan jendela-jendela besar seperti ruangan di atas, Anda bisa menggunakan banyak jenis tanaman sekaligus. Letakkan di berbagai sudut, di atas meja, di depan pintu, atau digantung untuk memberi kesegaran dari setiap sudut ruangan. Dengan begini Anda berhasil menciptakan taman asri di dalam rumah.

Gunakan Satu Tanaman Besar Saja

Satu tanaman besar yang jadi pusat perhatian, via onekingslane.com

Sesuatu yang besar terkadang lebih berefek dan “kelihatan”. Hal yang sama juga berlaku untuk Anda yang ingin memberikan sentuhan hijau, namun tidak ingin ruangan tampak terlalu rimbun. Pilih satu pot tanaman hias berukuran besar dan letakkan di sudut yang mudah terlihat seperti desain ruang tamu di atas.

Rak Dinding Cantik untuk Menyimpan Koleksi

Menyusun tanaman di atas rak dinding, via potterybarn.com

Jika tanaman yang Anda miliki berukuran mungil dengan pot-pot minimalis yang kecil, memanfaatkan rak dinding bisa jadi pilihan cerdas. Tambahkan dekorasi lain berupa koleksi buku atau patung agar tidak terkesan seperti rak di kebun belakang rumah.

Manfaatkan Area di Dekat Jendela

Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, via decoraid.com

Tanaman pada dasarnya memerlukan cahaya matahari yang cukup agar bisa tumbuh dengan baik. Area yang berada di dekat jendela akan menjadi lokasi sempurna untuk menjaga tanaman koleksi Anda tetap mendapat asupan cahaya dengan baik.

Baca Juga: 8 Tips Mendekorasi Kamar Mandi Minimalis dengan Tanaman Hijau via Cantik.tempo.co

Tanaman Hias dengan Pot-pot Gantung Mungil

Pot-pot bergantung untuk menyimpan koleksi tanaman Anda, via mrigayadham.co

Apabila Anda kehabisan area di lantai ataupun di atas meja untuk meletakkan tanaman, ide taman menggantung seperti desain di atas boleh dicoba. Gunakan ikatan tali dengan teknik simpul makrame agar tampilannya semakin menarik.

Koleksi Tanaman Sebagai Pembatas Ruangan

Jadikan koleksi tanaman anda sebagai room divider, via greenerynyc.com

Jika rumah Anda menggunakan konsep open plan, inilah kesempatan Anda untuk membuat divider atau pembatas ruangan yang unik. Caranya, cukup letakkan rak simpel yang diisi berbagai jenis tumbuhan untuk memisahkan satu ruang dengan ruangan lainnya.

Manfaatkan Sudut Favorit Anda

Gunakan sudut favorit anda untuk menyimpan koleksi tanaman, via freshome.com

Punya sudut kesukaan yang sering Anda jadikan sebagai tempat untuk bersantai, membaca buku, atau sekadar bercengkrama dengan anggota keluarga? Buat suasana semakin semarak dengan meletakkan koleksi tanaman Anda. Selain tidak memakan banyak ruang, tumbuhan hijau ini akan membuat sudut favorit Anda semakin menyenangkan.

Tanaman hijau sebagai hiasan dalam ruangan dipercaya dapat membuat suasana lebih hidup. Anda akan merasakan bedanya apabila sudah terbiasa ada tanaman dalam rumah, kemudian meniadakannya. Pasti ruangan tersebut terasa kosong dan butuh diisi tanaman lagi. Anda bisa menggunakan tanaman artifisial atau imitasi kalau tidak ingin ribet dalam perawatannya.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram