Desain Pojok Baca Kreatif yang Bikin Betah Baca Buku di Rumah

Desain Pojok Baca Kreatif yang Bikin Betah Baca Buku di Rumah | Foto artikel Arsitag
Cover pojok baca kreatif (Sumber: decoraid.com)
 

Ciptakan sebuah pojok baca kreatif tempat Anda bisa menghabiskan waktu senggang dengan bersantai di atas kursi yang empuk, menikmati segelas kopi, serta ditemani oleh buku-buku favorit yang siap membawa Anda masuk ke dalam dunia penuh keajaiban.

Anda bisa memanfaatkan pojok ruangan yang tidak terpakai ataupun area kosong di dalam kamar tidur untuk menciptakan sebuah perpustakaan mini di rumah. Untuk desain pojok buku itu sendiri, semuanya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing mulai dari gaya eklektik, tradisional, modern, atau apapun itu.

Contoh di bawah ini adalah beberapa ide desain pojok baca kreatif yang bisa Anda terapkan di rumah:

Pojok Buku dengan Kursi Gantung yang Nyaman

Pojok Buku dengan Kursi Gantung yang Nyaman
Kursi gantung gaya boho menambah kenyamanan pojok baca (Sumber: housebeautiful.com)

 

Anda perlu mempertimbangkan ulang penggunaan kursi baca biasa untuk pojok buku kreatif di rumah Anda. Alih-alih kursi biasa, mengapa tidak menggunakan kursi gantung seperti ini? Nikmati buku favorit Anda sambil berayun dan berputar dalam kursi gantung bergaya boho ini. Untuk membuatnya terasa lebih nyaman, tambahkan beberapa bantal kecil ke dalamnya.

Pojok Buku Kreatif dengan Gaya Retro? Mengapa Tidak!

Pojok Buku Kreatif dengan Gaya Retro? Mengapa Tidak!
Sentuhan retro di pojok baca (Sumber: oldbrandnew.com)
 

 

Perpaduan dari penggunaan warna-warna cerah, model lampu yang unik, karpet berbulu tebal, dan juga kursi berbentuk mangkok seperti ini menghasilkan sebuah pojok baca kreatif dengan sentuhan retro yang manis yang akan membawa kita kembali ke masa lalu.

Hammock, Tangga, dan Sebuah Area Baca

Area baca unik yang menggantung di atas ruangan (Sumber: archilovers.com)Area baca unik yang menggantung di atas ruangan (Sumber: archilovers.com)

 

Ada kalanya sebuah pojok baca tidak harus terletak di pojok ruangan. Anda dapat memanfaatkan area kosong di atas ruang duduk sebagai sebuah area baca. Cukup dengan menambahkan jaring atau hammock, sebuah tangga, dan tidak lupa pula deretan rak buku berisi buku kesayangan Anda. Lokasi area baca ini terletak di samping pintu geser kaca yang menghadap ke luar rumah sehingga cahaya matahari dapat masuk dengan bebas.

Pojok Baca Outdoor

Pojok Baca Outdoor
Menikmati udara segar di pojok buku outdoor (Sumber: deavita.fr)
 

Pojok buku kreatif yang berada di luar ruangan seperti ini memungkinkan Anda menikmati udara segar dan pemandangan hijau sambil membaca buku favorit. Dinding batu bata yang terekspos, tanaman hijau rambat, serta atap kayu pergola membawa suasana Mediterania yang eksotis.

Pojok Baca yang Glamor

Pojok Baca yang Glamor
Pojok baca dengan kesan glamor (Sumber: insignis.ro)
 

Kesan glamor pada pojok baca kreatif yang satu ini dihasilkan oleh dominasi warna putih pada seluruh ruangan dan furnitur, sebuah kursi Ottoman berwarna perak, meja metal di samping kursi, dan juga bantal-bantal yang berkilau.

Pojok Baca ala Skandinavia

Pojok buku ala Skandinavia dengan tirai untuk privasi (Sumber: reddit.com)Pojok buku ala Skandinavia dengan tirai untuk privasi (Sumber: reddit.com)
 

Bagi Anda yang menginginkan privasi lebih saat sedang menikmati buku favorit, mengapa tidak membuat sebuah pojok baca seperti ini? Alcove merupakan ruangan kecil dalam sebuah kamar dan sangat umum ditemukan di negara-negara Skandinavia. Alcove seperti ini dapat dimanfaatkan sebagai pojok baca lengkap dengan bantal dan kasur empuk. Anda bisa menyimpan semua buku pada laci yang ada di bawah kasur atau bisa juga dengan memasang rak buku kecil pada dinding alcove. Saat Anda merasa mengantuk, Anda tinggal menggeser tirai yang ada pada sisi alcove.

Desain Pojok Baca dengan Teepee

Desain Pojok Baca dengan Teepee
Pojok baca kreatif yang menggunakan teepee (Sumber: pinterest.com)
 

Desain pojok baca kreatif tidak harus selalu melibatkan meja, kursi, dan rak buku.  Pojok baca ini dibuat dengan menggunaan sebuah teepee atau sebuah tenda yang dilengkapi dengan karpet tebal dan bantal dalam berbagai jenis, warna, dan ukuran untuk membuatnya lebih nyaman. Sangat mudah bukan?

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis