Ide Konsep Desain Taman Cantik di Sekeliling Kolam Renang Rumah Anda

Ide Konsep Desain Taman Cantik di Sekeliling Kolam Renang Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Kolam renang di rumah karyaStudio Tonton,via arsitag.com

Berenang lalu bersantai di tepi kolam renang pribadi menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan. Tepi kolam renang juga seyogianya memiliki taman yang cantik untuk meningkatkan kenyamanan. Dalam ilmu desain lanskap sendiri, merancang taman untuk tepi kolam renang tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mendesain taman kolam renang, seperti menghindari menanam pohon dengan buah yang besar, pohon yang rantingnya mudah patah, atau tanaman yang daunnya mudah rontok. Semua hal tersebut tak lain untuk menciptakan rasa aman dan nyaman bagi pengguna kolam renang.

Lantas, dengan berbagai pertimbangannya, apakah mendesain taman sekitar kolam renang menjadi hal yang sulit? Tentu saja tidak! Sebagai referensi, berikut beberapa ide konsep desain taman cantik di sekeliling kolam renang rumah Anda.

1. Memanfaatkan Dinding
Desain kolam renang dan taman, hunian karya MINT-DS, via arsitag.com

Desain kolam renang dan taman, hunian karya MINT-DS,via arsitag.com
 

Keberadaan kolam renang mungkin sudah mengisi penuh area luar rumah Anda. Hal ini menjadikan area terbuka hijau untuk taman menjadi sangat minimal. Akan tetapi, jangan lupakan desain vertical garden. Ya, konsep taman vertikal ini sangat cocok dipilih untuk mendampingi kolam renang rumah Anda. Selain hemat tempat, keberadaan taman vertikal akan meningkatkan estetika kolam renang. Suasana panas luar ruang juga bisa diredam karena dimensi vertikal akan membuat nuansa asri mendominasi pandangan.

2. Tropis Tradisional
Kolam renang ala tropis, vila karya OG Architects, via arsitag.com

Kolam renang ala tropis,vila karyaOG Architects,via arsitag.com
 

Apakah Anda menginginkan suasana liburan bak vila di Bali hadir di rumah? Jika iya, desain taman kolam renang dengan nuansa tropis tradisional menjadi pilihan tepat. Beberapa elemen yang harus ada untuk mendukung konsep ini ialah material kayu, batu alam, dan tentunya tanaman khas tropis. Khusus untuk tanaman, penataan yang rimbun menjadi keharusan agar kesan asri khas tropis benar-benar terasa.
 

Baca juga: Desain Rumah Bertirai Tanaman Hijau yang Super Adem dan Nyaman
 

3. Sentuhan Modern di Taman Tropis
Kolam renang, taman tropis, dan dek kayu, vila karya OG Architects, via arsitag.com

Kolam renang, taman tropis, dan dek kayu, vila karyaOG Architects,via arsitag.com
 

Jika poin sebelumnya menampilkan konsep desain tropis tradisional, Anda juga bisa memadukan desain taman tropis itu dengan sentuhan modern. Hal tersebut bisa dilihat pada desain kolam renang di vila karya OG Architects di atas. Desain kolam memiliki kesan modern, sementara taman samping kolam renang dipenuhi tanaman rimbun dan rindang. Konsep desain seperti ini sangat cocok untuk Anda yang menginginkan suasana liburan di rumah.

4. Simpel  untuk Area Terbatas
Taman kolam renang di area sempit, karya Arbiy Kreasi, via arsitag.com

Taman kolam renang di area sempit, karyaArbiy Kreasi,via arsitag.com
 

Jika Anda hanya menyisakan sedikit ruang untuk taman, desain sederhana adalah kunci. Mendesain kolam renang dan taman di area terbatas seperti ini memang akan menjadi tantangan tersendiri. Jika dirancang kurang tepat, bisa-bisa taman justru tidak terasa keberadaannya. Oleh karena itu, memilih tanaman yang berdimensi tinggi dan daun lebar adalah pilihan paling bijak. Contoh tanaman yang bisa dipilih untuk taman sekeliling kolam yang sempit ialah jenis pisang-pisangan seperti Calathea dan Heliconia.
 

Baca juga: Desain Patio Taman Belakang Rumah Impian Super Cantik
 

5. Kesan Bersih nan Mewah
Kolam renang dengan taman kering, rumah karya Studio Air Putih, via arsitag.com

Kolam renang dengan taman kering,rumah karyaStudio Air Putih,via arsitag.com
 

Kesan apa yang Anda pikirkan ketika melihat kolam renang di atas? Sederhana dan bersih, tetapi mewah, bukan? Ya, konsep desain taman kolam renang di hunian karya Studio Air Putih di atas memang sangat jelas. Tak perlu desain yang rumit, tetapi nuansa taman yang asri tetap bisa dirasakan. Selain itu, hardscape keramik berwarna cerah juga menjadikan taman kolam renang ini terlihat bersih dan nyaman dipandang.

Jadi, konsep taman sekitar kolam renang mana yang menarik perhatian Anda? Anda dapat mempertimbangkan desain taman kering apabila tidak ingin repot dengan perawatan rumput. Namun, tentu saja, sesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya. Taman dengan lahan rumput tentu lebih aman bagi anak-anak, karena lebih tidak sakit ketimbang jatuh di permukaan keras.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.