Desain Restoran Hot Pot Cantik dengan Bambu dan Dinding Mural

Desain Restoran Hot Pot Cantik dengan Bambu dan Dinding Mural | Foto artikel Arsitag

Desain restoran hot pot dengan bambu dan mural, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Pengunjung yang datang ke salah satu restoran hot pot di daerah Jakarta ini akan terbawa dalam atmosfer negara asalnya. Bagaimana tidak, desain restoran ini didominasi oleh elemen bambu dengan dinding mural cantik yang menciptakan suasana khas negara Cina, asal makanan tersebut.

Komponen Ruangan dari Bambu
Anyaman bambu pada berbagai komponen restoran, karya Design Donk, via arsitag.com

Anyaman bambu pada berbagai komponen restoran, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Penggunaan bambu sebagai elemen utama dalam desain restoran ini terlihat sejak pengunjung melangkahkan kaki ke dalamnya. Bahan alam ini dipergunakan sebagai kursi, pintu lemari, serta pembatas antara satu area dengan area lainnya. Bambu tersebut hadir dalam balutan warna aslinya yang khas dan mudah dikenali.  Komponen alam ini ditambah dengan beberapa sentuhan lainnya memberikan suasana khas negeri Cina yang juga dikenal sebagai negara tirai bambu.

Dinding Mural yang Cantik
Mural cantik dalam bentuk lukisan dan kata, karya Design Donk, via arsitag.com

Mural cantik dalam bentuk lukisan dan kata, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Selain bambu, elemen lain yang terlihat sangat menonjol dalam resto chinese food modern ini adalah dinding mural. Dinding ruangan yang tidak tertutupi oleh bambu dan kayu, dimanfaatkan sebagai kanvas untuk mural-mural cantik. Desain mural yang ada menunjukkan ragam aspek dari restoran itu sendir. Seperti mural bergambar kompor dan panci berisi kaldu lengkap dengan bahan makanan di sekelilingnya yang siap untuk diolah. Dan juga, mural berupa kutipan-kutipan yang menggugah selera makan. Lukisan mural tersebut menjadi aspek dekoratif sekaligus penguat atmosfer negeri Cina di dalam restoran.
 

Baca juga: Desain Interior Restoran Burger Sehat yang Unik dan Menawan
 

Variasi dalam Desain Tempat Duduk
Pilihan tempat duduk untuk semua pengunjung, karya Design Donk, via arsitag.com

Pilihan tempat duduk untuk semua pengunjung, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Desain restoran ini menyediakan variasi desain tempat duduk untuk para pengunjung. Sebagian kursi terbuat murni dari rotan dan kayu. Sementara, sebagian lain terbuat dari kayu dengan tambahan bantalan empuk sebagai alas duduk dan alas punggung. Warna yang dipilih sebagai bantalan itu sendiri merupakan pengulangan dari warna yang hadir pada lukisan mural di dinding restoran, sebagai upaya pengulangan tema dan mengikat desain secara keseluruhan. Variasi ini hadir untuk memenuhi beberapa tujuan, mulai dari variasi tampilan secara keseluruhan, dan tentu saja untuk memenuhi kebutuhan dan selera pengunjung yang berbeda-beda satu dengan yang lainnya.

Detail Cantik yang Tidak Terlewatkan
Detail berupa pola sarang lebah di meja pengunjung, karya Design Donk, via arsitag.com

Detail berupa pola sarang lebah di meja pengunjung, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Desain restoran ini menambahkan beberapa detail cantik yang tidak boleh diabaikan begitu saja. Salah satunya adalah detail berupa pola sarang lebah pada permukaan meja. Pola heksagonal ini menghadirkan tampilan visual yang berbeda serta memberi kesan permukaan  yang bertekstur.

Anyaman bambu pada lemari penyimpanan restoran, karya Design Donk, via arsitag.com

Anyaman bambu pada lemari penyimpanan restoran, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Detail lainnya dalam desain interior bambu adalah pola anyaman bambu yang dipergunakan pada kurs, pintu lemari penyimpanan, dan area pajangan menu di dalam restoran. Keduanya memiliki pola anyaman yang sama untuk tampilan yang harmonis secara keseluruhan. Pegangan pada pintu lemari penyimpanan sendiri dibalut warna hitam yang sama dengan warna kompor dan panci pada meja pelanggan. Harmonisasi warna dan bentuk ini merupakan detail kecil yang bekerja sama dalam menciptakan tampilan restoran tersebut.
 

Baca juga: Desain Kafe Kekinian Bergaya Skandinavian Minimalis yang Elegan
 

Keramik Cantik sebagai Perlengkapan Makan Utama
Deretan keramik cantik yang memajang menu restoran, karya Design Donk, via arsitag.com

Deretan keramik cantik yang memajang menu restoran, karya Design Donk, via arsitag.com
 

Restoran hot pot tentu tidak akan lengkap tanpa perlengkapan makan seperti mangkuk dan piring. Restoran menciptakan suasana autentik dengan memilih keramik dalam nuansa warna putih biru sebagai perlengkapan makannya. Hal yang lebih menarik lagi, salah satu sudut dalam restoran ini didesain sebagai area pilihan saus bagi para pengunjung. Di sini, pengunjung dapat mengambil sendiri beragam saus yang tersedia. Penataan yang cantik seperti ini melayani aspek estetis yang cantik, aspek fungsional untuk  menjawab rasa ingin tahu pengunjung, dan tentu saja sebagai salah satu strategi pemasaran yang sangat menarik.

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis