Tips Mendekorasi Ruang Belajar agar Suasana Belajar Jadi Menyenangkan

Tips Mendekorasi Ruang Belajar agar Suasana Belajar Jadi Menyenangkan | Foto artikel Arsitag

Desain ruang belajar untuk dua anak, via reshome.com
 

Kebutuhan akan ruang kerja di rumah menunjukkan angka peningkatan. Situasi ini kemudian didukung seiring bertambahnya perusahaan yang memperbolehkan karyawan bekerja dari rumah, atau yang biasa disebut dengan sistem remote atau online. Akibatnya, tak jarang kini pemilik rumah menginginkan adanya ruang khusus untuk bekerja ketika membangun rumah. Desain ruang kerja di rumah pun semakin beragam, menyesuaikan dengan bemacam kebutuhan dan kepribadian.

Nah, seperti halnya Anda yang membutuhkan tempat untuk fokus bekerja di rumah, anak Anda pun demikian. Tentunya ia memerlukan ruang belajar khusus. Menciptakan suasana yang nyaman bagi si kecil, tentu akan membantunya memperoleh nilai yang lebih baik di sekolah. Apalagi, di tengah-tengah wabah COVID-19 yang mewajibkan anak-anak untuk belajar di rumah.  

Mulai dari ruang belajar sederhana hingga yang serba cheerful, sepatutnya Anda sesuaikan dengan karakter dan kesukaan anak. Jika masih bingung, kiranya beberapa contoh dekorasi berikut dapat mencetuskan inspirasi untuk Anda.

Ruang Belajar Minimalis
Ruang belajar minimalis dalam kamar, via theelitehotel.com

Ruang belajar minimalis dalam kamar, via theelitehotel.com
 

Desain minimalis kerap menjadi pilihan yang populer di beragam fungsi ruangan. Selain simpel, konsep minimalis cocok diterapkan di mana saja, termasuk ruang belajar anak. Gunakan perpaduan warna putih dengan tekstur kayu untuk menghasilkan ruang belajar minimalis dengan kesan modern yang simpel. Ciptakan suasana belajar sekaligus kamar tidur yang nyaman.

Ruang Belajar Skandinavian
Ruang belajar Skandinavian yang manis dan cantik, via architectureartdesigns.com

Ruang belajar Skandinavian yang manis dan cantik, via architectureartdesigns.com
 

Anda menginginkan tampilan simpel yang memikat? Coba hadirkan ruang belajar bergaya Skandinavian. Pilih perabotan dan beberapa dekorasi unik khas Skandinavian yang didominasi warna putih, elemen kayu natural, pola geometris, hingga pot tanaman untuk menghidupkan suasana.

Ruang Belajar Bertema Superhero
Ruang belajar yang fun bertema superhero, via furniturechoice.co.uk

Ruang belajar yang fun bertema superhero, via furniturechoice.co.uk
 

Suasana ruangan jelas mempengaruhi semangat belajar si kecil. Mulailah dengan menggunakan karakter-karakter kartun kesukaannya. Apalagi jika Anda sama-sama penggemar karakter superhero. Hadirkan konsep ruang belajar ala superhero yang serasi dengan tema ruang keluarga. Kelebihannya, kesamaan tema antarruang berbeda inilah yang mampu memberikan kesan lapang pada rumah mungil, karena memberi efek tanpa batasan.

Baca juga: Jenuh di Tengah Virus Corona, 'Spider-Man' Menghibur Anak-anakvia Cantik.tempo.co

Ruang Belajar Kayu
Ruang belajar bernuansa serba kayu di Splow House karya Delution Architect, via arsitag.com

Ruang belajar bernuansa serba kayu di Splow House karya Delution Architect, via arsitag.com
 

Tekstur kayu merupakan warna natural yang sering ditambahkan sebagai komponen dalam desain interior. Kesannya yang hangat inilah yang membuatnya sangat cocok dijadikan konsep untuk ruang belajar. Seperti yang dilakukan desainer hunian Splow House, yang menonjolkan desain serba kayu karena cocok dengan konsep rumahnya. Namun, tak ada salahnya menerapkan desain serupa di ruang belajar rumah Anda. Keseragaman material ampuh menciptakan kesan lapang di dalam ruangan dengan ukuran terbatas.

Ruang Belajar Pastel
Ruang belajar pink pastel yang imut namun berkesan dewasa, via essenziale-hd.com

Ruang belajar pink pastel yang imut namun berkesan dewasa, via essenziale-hd.com
 

Warna pastel yang lembut memang identik dengan kesan feminin. Anak perempuan yang sedang beranjak remaja biasanya akan menyukai ruang belajar dengan pemilihan warna-warna pastel yang manis. Seperti merah muda yang dipadukan dengan putih. Agar semakin cantik, tambahkan dekorasi seperti hiasan dinding atau lampu warna-warni yang ceria.

Ruang Belajar Cheerful
Ruang belajar cheerful bertema pink dan hitam, via freshome.com

Ruang belajar cheerful bertema pink dan hitam, via freshome.com
 

Jika Anda atau anak Anda berkepribadian ceria, jangan ragu menerapkan konsep ruangan menggunakan perpaduan warna yang lebih berani. Hasilnya, anak akan terpacu semangat belajarnya. Pilih warna-warna cerah favorit. Kemudian, padu padankan lewat pemilihan cat dinding hingga berbagai dekorasi dalam ruang belajar. Pajang lukisan hasil tangan anak Anda sebagai penyemarak suasana.

Ruang Belajar Bergaya Klasik
Ruang belajar bergaya klasik yang manis dan hangat, via yandex.by

Ruang belajar bergaya klasik yang manis dan hangat, via yandex.by
 

Penyuka gaya klasik? Kenapa tidak mencoba menerapkannya di ruang belajar? Hadirkan sentuhan klasik dari pemilihan desain meja, kursi, hingga berbagai aksesoris lain dalam ruangan. Cukup sentuhan kursi kayu berukir dan lampu gantung jadul, efektif menciptakan ruang belajar yang terasa simpel namun elegan. Untuk meminimalisasi kesan kusam, gunakakan pula warna yang lebih menyala seperti warna hijau pada dekorasinya. 

Baca juga: Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan

Ruang Belajar Hitam Putih
Ruang belajar bertema kotak-kotak hitam putih, via classyclutter.net

Ruang belajar bertema kotak-kotak hitam putih, via classyclutter.net
 

Warna hitam dan putih kerap menjadi pilihan karena kesan netral yang ditimbulkannya. Meski begitu, bukan berarti Anda dilarang bebas berkreasi menciptakan tampilan yang lebih unik lagi. Desain ruang belajar dengan dinding bercorak buffalocheck di atas tampil memukau dengan meja belajar warna pink menyala. Seimbangkan dengan warna netral sesuai dengan preferensi.

Menciptakan ruang belajar yang nyaman dan menyenangkan merupakan bentuk dukungan Anda terhadap kesungguhan anak untuk belajar. Dengan fasilitas yang memadai, diharapkan anak Anda dapat terus termotivasi untuk rajin belajar. Jangan lupa, tetap awasi anak ketika menjelajahi situs online. Beri pemahaman anak untuk membuka situs yang aman atau menjauhi situs berkonten negatif.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."