Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan

Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan | Foto artikel Arsitag

Bayangkan betapa senangnya memiliki waktu santai, duduk berselonjor sambil menikmati segelas minuman segar dan membaca buku bagus? Kenyamanan itu hanya dapat terwujud bila Anda punya cara praktis dan efektif untuk membersihkan rumah Anda.

Apabila Anda hendak merombak atau merancang rumah impian Anda dengan konstruksi baru, pilihan pada tata letak, finishing dan furnitur semuanya akan berdampak pada jumlah waktu yang akan Anda habiskan untuk membersihkannya. Berikut ini adalah beberapa tips yang sangat penting untuk membantu meminimalkan pekerjaan Anda.

Lantai dapur dengan stained concrete (Sumber: stainedconcrete.org)

Lantai dapur dengan stained concrete (Sumber: stainedconcrete.org)

1. Segalanya berawal dari sini

Lantai adalah bagian rumah yang paling cepat kotor. Pertimbangkan jenis lantai dengan finishing yang mudah dibersihkan tanpa perlu menggunakan bahan pembersih kimia atau peralatan berat lainnya. Ada beberapa pilihan yang bisa Anda coba, di antaranya adalah:

Stained Concrete

Termasuk jenis beton dekoratif, yaitu lantai beton yang mengalami proses pewarnaan yang disebut concrete staining, dengan menggunakan pewarna dari bahan kimia bersifat asam yang bereaksi dalam pori-pori beton. Pewarna asam ini memberikan hasil finishing yang berkesan seperti marmer, dan dilengkapi dengan lapisan sealer pelindung. Dengan lapisan seal yang tidak berpori membuat jenis lantai ini mudah disapu dan dipel, cukup awet dan tahan air.

Lantai vinil pada ruang tamu (Sumber: greatamericanflooring.com)

Lantai vinil pada ruang tamu (Sumber: greatamericanflooring.com)

Luxury Vinyl

Inilah salah satu solusi yang mudah, variatif, ekonomis dan praktis. Lantai vinil mewah ini terbuat dari polimer sintetik dengan pigmentasi dan penambahan motif dan warna tertentu. Anda bisa menemukan lantai vinil dalam berbagai bentuk, seperti misalnya motif papan kayu (hardwood), batu alam, kulit hewan, ubin, marmer, dan bahkan keramik dengan motif terbaru. Bisa dibilang lantai vinil paling mudah disapu dan dipel, tahan air dan noda serta pembersih dari bahan kimia apa pun.

Cape cod beach cottage design by Krueger Architects (Sumber: homebunch.com)

Cape cod beach cottage design by Krueger Architects (Sumber: homebunch.com)

Hardwood

Lantai hardwood ini terbuat dari potongan papan kayu alami yang disebut parquet. Lantai berkualitas premium ini tergolong mahal dan memiliki tampilan mewah, namun sangat awet, berdaya tahan tinggi, tahan air dan noda, mudah disapu dan dipel.

Engineered wood 

Ingin lantai dengan tampilan hardwood namun harga lebih ekonomis? Engineered wood atau disebut juga composite wood adalah pilihan yang tepat. Tipe lantai dengan material kayu rekayasa ini juga dapat dibuat menjadi parquet. Walau tidak asli, lantai ini memiliki tampilan yang elegan meski dengan anggaran minim, cukup kuat dan awet, tahan terhadap air dan noda, dan mudah dibersihkan.

Lantai laminate motif batu (Sumber: dupont.com)

Lantai laminate motif batu (Sumber: dupont.com)

Lantai Laminate

Lantai laminate memiliki tampilan mirip seperti vinil dan ramah lingkungan. Lantai ini sangat cocok untuk anggaran minim, mudah dipasang dan dibersihkan. Selain itu, jenis lantai ini berdaya tahan tinggi, tahan air, noda, dan gores, serta tidak mudah kusam. Perbedaan utama dalam metode pembersihan dengan lantai laminate adalah Anda harus lebih berhati-hati dengan jenis bahan pembersih yang Anda gunakan. Bagi Anda yang tidak suka menggunakan pembersih dari bahan kimia, lantai laminate adalah pilihan yang tepat.

Lantai karpet ubin (Sumber: jazzycustomdesigns.com)

Lantai karpet ubin (Sumber: jazzycustomdesigns.com)

Karpet ubin

Ingin sesuatu yang berbeda? Coba pertimbangkan karpet ubin, bukan karpet wall-to-wall atau permadani berukuran besar. Karpet ubin memiliki berbagai pilihan motif, pola dan tekstur. Karpet ubin ini sangat mudah dibersihkan dengan vacuum cleaner seperti halnya karpet lainnya, tetapi satu hal yang paling hebat: Jika terkena noda, Anda tinggal mengambil petak ubin itu dan mencucinya sampai bersih. Setelah kering, Anda bisa mengembalikannya lagi pada posisinya semula. Gampang sekali, bukan?

Anda hanya membutuhkan sapu dan alat pel yang bagus untuk membersihkan lantai, tetapi khusus untuk lantai kayu, Anda tidak bisa menunda waktu untuk membersihkan setiap percikan air atau noda. Sebaiknya hindari pembersih dari bahan kimia agar lantai Anda tahan lama. Gunakan sabun atau cairan pembersih alami buatan sendiri yang aman dan ramah lingkungan. Jika Anda memiliki lantai karpet wall-to-wall, cobalah membatasinya hanya untuk kamar tidur, sehingga meringankan pekerjaan Anda.

Sistem vacuum sentral pada lemari kabinet dapur (Sumber: wheelerthree.blogspot.co.id)

Sistem vacuum sentral pada lemari kabinet dapur (Sumber: wheelerthree.blogspot.co.id)

2. Sistem vacuum sentral

Dengan cara ini, Anda tidak perlu repot–repot mengangkat dan memindahkan vacuum, sehingga pekerjaan membersihkan rumah jauh lebih cepat. Buatlah sistem vaccum sentral dengan sweep inlet (lubang pengisap). Meskipun lubang pengisap paling bagus dipasang di bagian bawah dinding, namun bisa juga dipasang di lantai asalkan agak tersembunyi (semua lubang lantai harus memiliki penutup besi). Solusi lainnya adalah dengan menempatkan lubang di bawah kabinet atau lemari, atau di sudut ruangan.

Ide kreatif scrubbable paint pada dinding dapur (Sumber: jgkitchens.com)

Ide kreatif scrubbable paint pada dinding dapur (Sumber: jgkitchens.com)

3. Dinding adalah kanvas!

Dinding juga harus mudah dibersihkan, terutama jika Anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan. Anda tahu seperti apa tingkah mereka, bukan? Mereka punya seribu cara untuk mengacaukan dinding Anda. Untungnya ada solusi baru yang bisa Anda coba. Cobalah pertimbangkan cat berkualitas baik dan “scrubbable.” Apa maksudnya itu? Cat ini berbeda dengan jenis washable yang hanya bisa menyeka dinding dengan lap basah. Cat scrubbable ini dapat menghapus noda dengan menggosok dinding menggunakan sikat, spons, atau kain lap. Dengan cara ini Anda akan lebih mudah membersihkan dinding tanpa takut cat terkelupas. Anda bisa mengaplikasikan cat ini di ruang-ruang yang sering terkena noda dan coretan, misalnya kamar anak, dapur, dan ruang lainnya.

Ide kreatif chalkboard paint pada dinding dapur (Sumber: lostworldshow.com)

Ide kreatif chalkboard paint pada dinding dapur (Sumber: lostworldshow.com)

Solusi lainnya yang sekarang sedang populer adalah chalkboard paint, yaitu cat khusus yang dapat diaplikasikan ke semua permukaan seperti kayu, batu bata, metal, furnitur dan peralatan rumah tangga, keramik, dan dinding polos untuk dijadikan papan tulis serba guna. Selain warna hitam, ada berbagai warna lain yang bisa Anda pilih. Anda bisa mengaplikasikannya di ruang anak, dapur, dan bahkan semua tempat. Dengan cara ini, anak Anda bebas menuangkan kreativitas mereka.

Penutup dinding bahan vinil 3D untuk ruang tamu (Sumber: aliexpress.com)

Penutup dinding bahan vinil 3D untuk ruang tamu (Sumber: aliexpress.com)

4. Pikirkan penutup dinding

Apakah Anda suka penutup dinding, tetapi ragu-ragu memilih karena akan sulit untuk membersihkannya? Ada solusi yang tepat untuk Anda. Cobalah pertimbangkan penutup dinding vinil. Produk ini semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir sehingga sekarang Anda dapat menemukan berbagai pilihan corak seperti sutra, rumput, linen, dan banyak lagi. Selain itu, bahan ini mudah dilap, dan harganya terjangkau.

Pelapis sofa dari kulit untuk ruang tamu (Sumber: themonumentview.net)

Pelapis sofa dari kulit untuk ruang tamu (Sumber: themonumentview.net)

5. Pelapis sofa

Sofa juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Pilihlah bahan pelapis sofa yang tahan lama, tahan noda, dan mudah dibersihkan. Bahan jok kulit adalah favorit bagi orang-orang yang memiliki anak-anak karena mudah diseka. Sebaiknya pilihlah warna-warna gelap untuk menyamarkan noda yang mungkin tertinggal, misalnya abu-abu gelap, hitam, merah tua, atau cokelat tua.

Pelapis sofa dari bahan vinil untuk kursi ruang makan (Sumber: loversiq.com)

Pelapis sofa dari bahan vinil untuk kursi ruang makan (Sumber: loversiq.com)

6. Alternatif pelapis sofa lainnya

Pertimbangkan alternatif pilihan pelapis sofa selain kulit. Kursi makan cantik dan modern ini menggunakan kulit imitasi, demikian umumnya sebutan lain dari vinil. Bahan jok vinil yang berkualitas baik memiliki tekstur dan tampilan yang benar-benar terlihat seperti kulit asli.  

Pelapis sofa dari bahan kain untuk sofa ruang tamu (Sumber: ethanallen.com)

Pelapis sofa dari bahan kain untuk sofa ruang tamu (Sumber: ethanallen.com)

7. Jangan lupakan kain!

Pertimbangkan kain yang telah diproses sehingga menjadi stain repellent (penangkal noda). Bahan kain ini tidak akan mudah basah bila terkena air. Pilihlah warna gelap untuk menyamarkan setiap bekas noda.

Slipcover sofa ruang tamu (Sumber: weranda.pl)

Slipcover sofa ruang tamu (Sumber: weranda.pl)

8. Tambahkan slipcover

Slipcover atau disebut sarung adalah kain pelindung yang dipasang untuk membungkus jok sofa atau kursi. Slipcover kadang-kadang disebut juga “sarung furnitur.” Memang, sarung ini berfungsi seperti pakaian, yang dapat disesuaikan dengan beragam model sesuai selera Anda. Slipcover juga dapat dipasang dan dilepas, mudah dibersihkan bahkan bisa dicuci dengan mesin. Jika Anda membuat sendiri slipcover, pastikan untuk memilih kain yang dapat dicuci dengan mesin dan mencucinya terlebih dahulu sebelum menjahitnya.

Meja dengan roda pada ruang tamu (Sumber: decoist.com)

Meja dengan roda pada ruang tamu (Sumber: decoist.com)

9. Furniture on the wheel

Anda dapat menggunakan furnitur yang dapat digerakkan dengan roda. Inilah salah satu cara untuk mempercepat pekerjaan menyapu, mengepel dan membersihkan debu, terutama di area ruang makan. Anda tinggal mendorong meja ke ruang lain untuk membersihkannya.

Tempat penyimpanan window seat (Sumber: pennyroach.com)

Tempat penyimpanan window seat (Sumber: pennyroach.com)

10. Penyimpanan strategis

Rencanakan penyimpanan Anda dengan cermat. Manfaatkan setiap sudut dan celah yang ada. Ada dua pedoman dasar yang akan membantu Anda merencanakan penyimpanan yang membantu mempercepat pekerjaan pembersihan.

  • Tempatkan kabinet dekat tempat penyimpanan barang-barang yang sering digunakan. Penyimpanan dekat window seat ini sangat berguna untuk menyimpan cadangan selimut untuk sofa. Anda bisa juga menyimpan mainan atau game di tempat ini.
  • Tempatkan penyimpanan barang yang paling sering digunakan dan mudah terjangkau. Lemari rak atau kabinet setinggi plafon memang dapat menghemat penggunaan ruang, namun justru akan memperlambat gerak Anda karena cukup sulit menjangkau bagian yang paling tinggi. Gunakan lemari tinggi itu untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan.

Bangku tufted multifungsi (Sumber: hgtv.com)

Bangku tufted multifungsi (Sumber: hgtv.com)

11. Ide multifungsi

Pertimbangkan furnitur multifungsi yang juga memiliki wadah penyimpanan. Meskipun built-in storage adalah ide yang sangat bagus, namun jangan lupa mempertimbangkan tempat penyimpanan ketika memilih perabot Anda. Bangku tufted multifungsi ini memiliki tempat penyimpanan untuk menyembunyikan majalah, mainan, atau selimut.

Ide ruang cuci tersembunyi (Sumber: hgtv.com)

Ide ruang cuci tersembunyi (Sumber: hgtv.com)

12. Yang sering terabaikan

Tentukan ruang cuci di tempat yang paling nyaman. Penempatan di garasi ataupun basement itu sudah biasa, tetapi umumnya sangat tidak nyaman. Semua orang mempunyai selera masing-masing untuk penempatan ruang cuci yang nyaman. Nah, di manakah tempat cuci ideal Anda? Pertimbangkanlah dengan cermat, apakah lokasi ruang cuci itu akan menghemat waktu dan gerak Anda? Ide ruang cuci tersembunyi di atas cukup unik. Pada saat pintu ditutup, Anda bisa memanfaatkan ruang itu untuk ruang bermain anak atau ruang santai.

Ide penempatan laundry chute (Sumber: diynetwork.com)

Ide penempatan laundry chute (Sumber: diynetwork.com)

13. Antara bersih dan kotor

Laundry chute atau saluran khusus untuk menyalurkan pakaian kotor yang terhubung langsung ke ruang cuci. Cara ini sangat efektif terutama untuk rumah bertingkat. Saluran ini berteknologi rendah dan kuno, namun memerlukan perencanaan yang cermat untuk menempatkannya dengan tepat. Kamar mandi atau lorong dekat kamar tidur adalah tempat yang tepat, sehingga mudah bagi seisi rumah untuk menyalurkan pakaian kotor mereka langsung ke ruang cuci.

Ruang tamu minimalis (Sumber: tremost.com)

Ruang tamu minimalis (Sumber: tremost.com)

14. Size does matter

Pertimbangkan untuk mengurangi ukuran total rumah Anda. Jika berencana membangun atau membeli rumah baru, pikirkan masak-masak tentang berapa banyak ruang yang Anda butuhkan. Jika Anda memaksimalkan fungsi rumah Anda, mungkin tidak perlu ruang sebanyak mungkin. Hanya perhitungan sederhana saja, bahwa semakin besar rumah Anda, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya. Alternatif lain yang memudahkan pekerjaan Anda, kurangilah jumlah barang dan perabot yang Anda miliki.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.