Ruang Multifungsi di Rumah? Mengapa tidak!

Ruang Multifungsi di Rumah? Mengapa tidak! | Foto artikel Arsitag
Cover: ruang multifungsi karya Fine Team Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Apakah rumah Anda memiliki ruang terpisah untuk setiap aktivitas mulai dari ruang makan, ruang tidur, ruang kerja, ruang bermain anak, dapur, ruang makan, ruang multimedia, dan lain sebagainya? Lahan yang berukuran kecil membatasi kita untuk bisa memiliki ruang terpisah untuk setiap aktvitas. Apa solusinya? Sebuah ruang multifungsi.

Sesuai dengan namanya, ruang multifungsi adalah ruang yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas. Sebagai contoh, sebuah dapur bisa merangkap sebagai ruang makan, ruang tidur tamu merangkap sebagai ruang kerja, ruang keluarga merangkap sebagai ruang makan dan ruang kerja, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi ruang multifungsi sebagai bukti nyata bahwa keterbatasan ruang tidak bisa membatasi upaya Anda dalam menciptakan rumah yang nyaman.

Ruang Kerja yang terintegrasi dengan Ruangan Lain
 

Anda tidak harus memiliki ruang khusus untuk menciptakan sebuah ruang kerja atau kantor pribadi di rumah. Dengan sedikit perencanaan dan pengaturan ruang yang kreatif, Anda bisa menciptakan area kerja yang terintegrasi dengan ruangan lainnya.

Area kerja yang berada tepat di samping dapur (Sumber: catocreative.com)Area kerja yang berada tepat di samping dapur (Sumber: catocreative.com)
 

Sebuah area kosong yang berada tepat di samping dapur dapat dimanfaatkan sebagai area kerja. Penggunaan warna lantai yang berbeda seakan-akan memisahkan kedua area tersebut, walaupun keduanya berada dalam ruangan yang sama.

Ruang kerja yang berada dalam kamar tidur (Sumber: hgtv.com)Ruang kerja yang berada dalam kamar tidur (Sumber: hgtv.com)
 

Ruang multifungsi yang satu ini memadukan antara kamar tidur dan ruang kerja. Area kerja dibuat berada tepat di samping tepat tidur lengkap dengan built-in shelves sebagai tempat penyimpanan.

Kombinasi dari Dapur dan Ruang Makan
 

Ruang multifungsi yang menyatukan antara dapur dan ruang makan memungkinkan pemilik rumah untuk bisa memasak sekaligus bersosialisasi dengan orang lain, baik anggota keluarga, teman, ataupun kerabat. Kombinasi dari dapur dan ruang makan seperti ini sangat cocok untuk diterapkan dalam rumah berukuran kecil.

Pojok dapur dapat difungsikan sebagai meja makan (Sumber: robinmuto.com)Pojok dapur dapat difungsikan sebagai meja makan (Sumber: robinmuto.com)
 

Meja makan melengkung yang berada di pojok dapur ini terlihat sangat cantik dan nyaman untuk menikmati berbagai hidangan bersama orang terkasih.

Dapur dan ruang makan yang berpadu cantik dalam warna beige (Sumber: elitekitchen.co.uk)Dapur dan ruang makan yang berpadu cantik dalam warna beige (Sumber: elitekitchen.co.uk)
 

Ruang multifungsi ini memadukan dapur dan ruang makan dengan pemilihan warna beige yang mendominasi seluruh ruangan untuk memberikan kesan hangat dan lembut.

Kombinasi dari Ruang Keluarga dan Kamar Tidur
 

Untuk sebuah rumah atau apartemen berukuran kecil, sebuah ruang multifungsi yang menyatukan antara ruang keluarga dan kamar tidur adalah sebuah ide yang cemerlang. Dengan begini, Anda bisa mengisi waktu luang bersama keluarga dengan mudah dan nyaman.

Kamar tidur yang juga berfungsi sebagai ruang duduk (Sumber: cocinabuela.info)Kamar tidur yang juga berfungsi sebagai ruang duduk (Sumber: cocinabuela.info)
 

Sebelum beristirahat di malam hari, Anda bisa menghabiskan waktu untuk bercengkrama di ruang duduk yang berada tepat di samping tempat tidur.

Kamar tidur sekaligus ruang bersantai (Sumber: tritmonk.com)Kamar tidur sekaligus ruang bersantai (Sumber: tritmonk.com)
 

Pada siang hari, tempat tidur yang satu ini bisa diangkat ke atas dan menyisakan ruang kosong yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang bersantai bersama teman dan keluarga.

Kamar Tidur yang Merangkap sebagai Ruang Belajar dan Area Bermain untuk Anak
 

Ruang multifungsi seperti ini memungkinkan Anak untuk dapat tetap beraktivitas, bermain, dan belajar di dalam rumah kapanpun mereka mau, tanpa dibatasi oleh waktu dan cuaca.

Ruang multifungsi seperti ini memungkinkan Anak untuk dapat tetap beraktivitas, bermain, dan belajar di dalam rumah kapanpun mereka mau, tanpa dibatasi oleh waktu dan cuaca.
Ruang tidur dan ruang belajar lengkap dengan arena bermain untuk anak (Sumber: raadstudio.com)
 

Untuk ruang tidur anak, pergunakan warna-warna cerah yang disukai anak. Dengan begini, sang anak akan merasa betah untuk bermain dan belajar tanpa harus meninggalkan rumah.

Kamar tidur yang mampu memenuhi semua kebutuhan anak (Sumber: toysnwords.com)Kamar tidur yang mampu memenuhi semua kebutuhan anak (Sumber: toysnwords.com)
 

Kamar tidur ini menggunakan tempat tidur bertingkat sehingga sang anak dapat beristirahat di bagian atas, mengerjakan PR mereka di bagian bawah, dan bermain di lantai kamar.

Pemanfaatan Expanding, Convertible, dan Furnitur Multifungsi
 

Dalam mendesain ruang multifungsi, Anda bisa memanfaatkan furnitur multifungsi, ataupun furnitur yang bersifat convertible dan expanding. Furnitur seperti ini dapat dimanfaatkan untuk ruangan berukuran kecil karena dapat menghemat penggunaan ruang.

Tempat tidur lipat dalam ruang multifungsi (Sumber: blackandmilk.co.uk)Tempat tidur lipat dalam ruang multifungsi (Sumber: blackandmilk.co.uk)
 

Tempat tidur lipat ini dapat diangkat dan disembunyikan pada saat tidak dipergunakan di siang hari. Saat dibutuhkan, Anda tinggal menariknya ke bawah.

Furnitur multifungsi untuk ruang multifungsi (Sumber: ny.curbed.com)Furnitur multifungsi untuk ruang multifungsi (Sumber: ny.curbed.com)
 

Furnitur multifungsi seperti ini sangat cocok dipergunakan dalam ruang multifungsi. Anda dapat dengan mudah mengubah sebuah ruangan menjadi sebuah kamar tidur dan ruang bersantai lengkap dengan area penyimpanan barang yang berada tepat di bawah tempat tidur.

Open-Floor Plan
 

Open-floor plan merupakan sebuah konsep ruang yang semakin populer belakangan ini. Konsep ini jugalah yang membuat hampir tidak adanya batasan antara satu ruang dengan ruangan lain atau dengan kata lain sebuah ruang multifungsi.

Konsep open-floor plan (Sumber: freshome.com)Konsep open-floor plan (Sumber: freshome.com)
 

Tak perlu lagi membuat batas antara dapur, ruang makan, dan ruang keluarga dengan konsep open-floor plan seperti ini.

Open-floor plan yang memadukan dapur, ruang makan, dan ruang kerja (Sumber: dafix.ru)Open-floor plan yang memadukan dapur, ruang makan, dan ruang kerja (Sumber: dafix.ru)
 

Konsep ini terbukti dapat dimanfaatkan untuk menciptakan ruang multifungsi yang dapat melayani berbagai kebutuhan dan aktivitas baik memasak, menikmati hidangan, dan juga bekerja.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis



Mau bangun?