Berbagai Ide Kreatif Resolusi Tahun Baru untuk Rumah Anda

Berbagai Ide Kreatif Resolusi Tahun Baru untuk Rumah Anda | Foto artikel Arsitag
Cover: Gio House karya Best Group Design Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Dalam semangat menyambut pergantian tahun, sudah saatnya Anda menyusun daftar resolusi tahun baru untuk membuat rumah Anda menjadi hunian yang lebih nyaman, lebih indah, dan lebih baik untuk seluruh anggota keluarga.

Berikut ini adalah beberapa ide kreatif resolusi tahun baru lengkap dengan strategi pencapaiannya:

Rumah Bersih dan Rapi

Membuat rumah menjadi bersih dan rapi wajib masuk daftar resolusi tahun baru Anda. Setiap tahunnya, secara tidak sadar Anda memasukkan berbagai jenis barang ke dalam rumah. Semua barang ini akan memenuhi semua tempat penyimpanan yang ada, dan membuat ruangan terlihat penuh sesak, berantakan, dan kotor.

Untuk membuat rumah Anda menjadi lebih bersih dan rapi sebagai bagian dari resolusi tahun baru, ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan:

  • Bersihkan secara bertahap, ruangan demi ruangan, mulai dari atas hingga bawah. Pisahkan antara barang yang masih terpakai, barang yang akan disumbangkan, dan barang yang akan dibuang.
  • Jangan tinggalkan barang yang tidak Anda pergunakan sehari-hari di atas meja. Simpan barang-barang tersebut dalam kotak penyimpanan berdasarkan jenis dan tipenya, untuk memudahkan Anda nantinya.
Bersihkan secara bertahap, ruangan demi ruangan, mulai dari atas hingga bawah. Pisahkan antara barang yang masih terpakai, barang yang akan disumbangkan, dan barang yang akan dibuang.
    Jangan tinggalkan barang yang tidak Anda pergunakan sehari-hari di atas meja. Simpan barang-barang tersebut dalam kotak penyimpanan berdasarkan jenis dan tipenya, untuk memudahkan Anda nantinya.
Kotak penyimpanan barang yang cantik dan berfungsi ganda sebagai dekorasi ruangan (Sumber: decohoms.com)

 

  • Buatlah sistem penyimpanan barang dengan memanfaatkan ruang kosong yang tidak terpakai misalnya saja di bawah tangga, menggunakan sistem penyimpanan berupa rak bertingkat hingga mencapai plafon rumah, di pojok ruangan, di bawah tempat tidur, dan berbagai tempat lainnya.

Menciptakan Rumah yang Ramah Lingkungan dan Lebih Hemat di Kantong

Kampanye Go Green yang semakin menggema belakangan ini patut dimasukkan dalam resolusi tahun baru rumah Anda.  Banyak cara untuk menciptakan rumah yang lebih ramah lingkungan dan, Anda akan mendapatkan bonus tambahan berupa penghematan tagihan listrik.

  • Menggunakan lampu LED. Lampu LED memang terbilang lebih mahal dari lampu biasa, namun lampu ini jauh lebih hemat energi dan tahan hingga bertahun-tahun lamanya.
Penggunaan lampu LED yang ramah lingkungan di projectPenggunaan lampu LED yang ramah lingkungan di project Bangka House (Sumber: arsitag.com)

 

  • Matikan lampu dan cabut colokan listrik saat tidak terpakai
  • Buatlah sebuah sistem kompos sederhana dengan menggunakan ember di halaman rumah. Dengan begini, Anda akan mendapatkan kompos gratis untuk tanaman kesayangan dan mengurangi volume sampah dari rumah Anda.
  • Menggunakan tanaman hijau sebagai bagian dari dekorasi interior rumah. Tanaman hijau dalam rumah memiliki manfaat beragam yaitu menyegarkan dan menyejukkan ruangan, menceriakan ruangan dalam seketika, dan beberapa jenis tanaman terbukti mampu membersihkan udara dari zat-zat berbahaya untuk kesehatan seluruh anggota keluarga
Matikan lampu dan cabut colokan listrik saat tidak terpakai
    Buatlah sebuah sistem kompos sederhana dengan menggunakan ember di halaman rumah. Dengan begini, Anda akan mendapatkan kompos gratis untuk tanaman kesayangan dan mengurangi volume sampah dari rumah Anda.
    Menggunakan tanaman hijau sebagai bagian dari dekorasi interior rumah. Tanaman hijau dalam rumah memiliki manfaat beragam yaitu menyegarkan dan menyejukkan ruangan, menceriakan ruangan dalam seketika, dan beberapa jenis tanaman terbukti mampu membersihkan udara dari zat-zat berbahaya untuk kesehatan seluruh anggota keluarga
Tanaman hijau dalam ruangan (Sumber: ofdesign.net)
 

Make over Rumah

Berikan tampilan baru pada rumah Anda dengan berbagai ide make over berikut ini:

  • Mengganti cat rumah yang lama dengan warna baru yang lebih segar, dramatis, penuh pola, dan penuh warna. Saat ini ada berbagai teknik kreatif dalam mencat rumah yang dapat Anda praktikkan untuk mendapatkan hasil yang unik.
Cat dinding dengan teknik ombre (Sumber: paintcor.co.za)Cat dinding dengan teknik ombre (Sumber: paintcor.co.za)

 

  • Update tampilan ruangan dengan memanfaatkan warna-warna aksen yang ada dalam dekorasi rumah saat ini. Pergunakan warna tersebut pada bantal, karpet, atau tirai jendela rumah Anda.
  • Atur ulang penataan furnitur dalam ruangan. Di dalam ruang keluarga, Anda bisa mengatur penempatan kursi dan sofa untuk menghadap satu dengan yang lain dan bukannya menghadap ke arah televisi, untuk menciptakan suasana yang mendukung terjadinya percakapan yang hangat dengan seluruh anggota keluarga.
Pengaturan furnitur dalam bentuk melingkar (Sumber: homedit.com)Pengaturan furnitur dalam bentuk melingkar (Sumber: homedit.com)

 

Membuat Rencana Keuangan untuk Home Improvement

Pembuatan rencana keuangan yang melibatkan perawatan rumah dan home improvement yang melibatkan penggantian cat rumah, perbaikan atap rumah yang bocor, pembelian peralatan dapur yang baru, dan berbagai hal lainnya adalah ide resolusi tahun baru yang selanjutnya. Dengan pembuatan rencana keuangan seperti ini, Anda akan termotivasi untuk menyisihkan dana untuk keperluan home improvement, dan dalam jangka panjang, hal ini akan menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil. Selamat Tahun Baru!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis