Tips Mendekorasi Rumah dengan Lemari Pajangan Minimalis Cantik

Tips Mendekorasi Rumah dengan Lemari Pajangan Minimalis Cantik | Foto artikel Arsitag

Desain lemari pajangan minimalis dengan lampu-lampu  di kantor PT. Maya AD, oleh Teddykoo, via Arsitag.com
 

Lemari pajangan biasanya diletakkan di ruang keluarga ataupun di ruang kerja. Lemari ini khusus menampung koleksi berharga sang pemilik rumah. Misalnya saja piring keramik, buku-buku favorit, piringan hitam, hingga suvenir yang diperoleh dari berbagai tempat yang dikunjungi. Keberadaan lemari pajangan tentu saja akan mempengaruhi estetika sebuah ruangan. Nah, jika Anda pun ingin mempercantik rumah dengan lemari pajangan, simak dulu beberapa tips mendekorasi rumah dengan lemari pajangan minimalis cantik berikut ini!

Pilih Lemari Pajangan Minimalis Putih yang Memenuhi Dinding
Lemari pajangan dengan warna putih yang simpel di Chris & Jennifer Villa, oleh OG Architects, via Arsitag.com

Lemari pajangan dengan warna putih yang simpel di Chris & Jennifer Villa, oleh OG Architects, via Arsitag.com
 

Seberapa besar lemari pajangan minimalis yang dibutuhkan? Semakin banyak koleksi yang dimiliki, tentu saja semakin besar pula lemari pajangan yang diperlukan. Karena itu, tak ada salahnya memilih ukuran lemari pajangan yang besarnya maksimal. Misalnya saja lemari pajangan yang memenuhi dinding seperti inspirasi ini.

Ukuran lemari yang memenuhi dinding membantu visual ruangan lebih luas. Pilih warna putih untuk mendukung  visual ruangan terasa lebih rapi. Warna putih yang simpel juga akan membantu benda-benda yang dipajang terlihat lebih jelas atau menonjol.

Bermainlah dengan Warna yang Menghidupkan Ruangan
Warna lemari pajangan yang kontras dengan warna ruangan dan lantai, foto oleh pickawood, via unsplash.com

Warna lemari pajangan yang kontras dengan warna ruangan dan lantai, foto oleh pickawood, via unsplash.com
 

Jika ingin menghidupkan suasana ruangan yang didominasi warna putih atau abu-abu, ada baiknya pilih lemari pajangan dengan warna yang mencolok. Misalnya saja warna dark teal blue yang unik. Saat terkena cahaya lampu, warna dark teal blue akan semakin bersinar. Benda-benda kesayangan yang diletakkan di lemari ini pun jadi semakin tampak menarik.
 

Baca juga: Inspirasi Permainan Warna untuk Ruang Tamu yang Berkesan
 

Jadikan Lemari Pajangan Melayang sebagai Focal Point
Lemari pajangan melayang menjadi bagian dari accent wall, foto  ATBO, via Pexels

Lemari pajangan melayang menjadi bagian dari accent wall, foto  ATBO, via Pexels
 

Menjadikan lemari pajangan minimalis sebagai focal point bisa membuat ruangan terlihat lebih stand out, lho.  Tentu saja, harus dipilih desain lemari pajangan yang tepat. Lemari pajangan melayang atau tanpa kaki-kaki adalah alternatif yang menarik. Lemari seperti ini sekaligus menjadi bagian dari accent wall. Desain yang unik langsung mencuri perhatian, ditambah dengan permainan warna pada lemari yang menghidupkan suasana ruangan.

Pilih Lemari Pajangan Minimalis Berkaca untuk Nuansa Modern
Lemari putih berkaca yang simpel dan cantik, foto Mark McCammon, via Pexels

Lemari putih berkaca yang simpel dan cantik, foto Mark McCammon, via Pexels
 

Jika ingin menghadirkan nuansa modern, cobalah untuk memasukkan material-material modern seperti kaca ke dalam ruangan. Salah satu caranya adalah dengan memilih lemari pajangan simpel yang menggunakan material kaca. Lemari pajangan kaca yang tembus pandang dan memantulkan cahaya memberi kesan hidup dan ringan. Selain itu, lemari kaca juga akan membuat koleksi pajangan tampak lebih eksklusif dan pastinya terhindar dari debu.

Tambahkan Pot Tanaman Hijau Pada Model Lemari Pajangan Terbuka
Lemari pajangan terbuka dengan desain minimalis, foto  Rachel Claire, via Pexels

Lemari pajangan terbuka dengan desain minimalis, foto  Rachel Claire, via Pexels
 

Tanpa detail yang berlebihan, rak pajangan minimalis ini hanya menggunakan dua material utama, yakni material besi dan papan-papan kayu. Menerapkan konsep lemari terbuka, tak ada material yang menutup bagian depan, belakang, dan samping lemari. Semua benda-benda yang diletakkan di lemari ini pun dapat terlihat dengan jelas tanpa terhalang apa pun. Tak hanya untuk menyimpan koleksi benda-benda kesayangan, tambahkan pula beberapa pot tanaman hijau di lemari terbuka semacam ini agar suasana ruangan terasa lebih segar dan cantik.
 

Baca juga: Inspirasi Tanaman Rambat untuk Dekorasi Interior Rumah yang Menyegarkan
 

Tonjolkan Material Kayu Natural untuk Nuansa yang Alami
Lemari pajangan dari kayu warna natural, foto Sharath G., via Pexels

Lemari pajangan dari kayu warna natural, foto Sharath G., via Pexels
 

Bila ingin menghadirkan nuansa yang alami di dalam sebuah ruangan sekaligus suasana yang hangat, direkomendasikan untuk memilih lemari pajangan yang terbuat dari material kayu. Tanpa tambahan cat ataupun finishing yang berlebihan, material kayu memiliki tampilan warna yang khas dengan serat-serat alami yang unik. Tampilan kayu yang natural ini menjadi dekorasi ruangan yang elegan. Tak hanya itu saja, warna dan serat-serat kayu juga menciptakan suasana hangat dan memercikan nuansa alami.

Berbekal beberapa tips mendekorasi rumah dengan lemari pajangan minimalis ini, dijamin ruangan yang semula membosankan dan redup jadi lebih cantik dan segar. Nah, sekarang apakah Anda sudah siap mengubah dekorasi rumah?

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.