Desain Interior Apartemen yang Compact Tapi Kelihatan Mewah dan Elegan

Desain Interior Apartemen yang Compact Tapi Kelihatan Mewah dan Elegan | Foto artikel Arsitag

Project Sky House Apartment, karya [S] Studio, via Arsitag


 

Bagi sebagian orang, tinggal di apartemen merupakan sebuah pilihan yang menantang. Terlebih, jika Anda tinggal bersama keluarga. Ukuran yang kecil memaksa kita lebih cerdas mengatur ruang agar semua kebutuhan anggota keluarga bisa terakomodasi dengan baik.

Namun dengan bantuan tenaga profesional, apartemen mungil tetap bisa terlihat nyaman. Anda bisa menemukan banyak contoh dekorasi interior apartemen yang kecil, tetapi tetap terlihat mewah dan elegan; dan tentu saja tetap dapat berfungsi baik seperti layaknya hunian pada umumnya.

Salah satunya bisa Anda temukan di Sky House Apartment yang akan kita bahas kali ini.

Apartemen yang dikerjakan oleh [S] Studio ini berada tepat di sebelah AEON Mall BSD City. Selesai dikerjakan pada tahun 2021 lalu, biaya desain apartemen compact ini berkisar antara Rp 101 – Rp 250 juta.

Seperti apa penampakannya?

Menghadirkan Warna-warna Cerah dan Terang
Mengandalkan warna terang yang lekat dengan kesan minimalis, karya [S] Studio, via Arsitag

Mengandalkan warna terang yang lekat dengan kesan minimalis, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Penggunaan warna-warna cerah dan terang seperti putih dan krem merupakan salah satu trik tersendiri untuk menciptakan kesan luas. Itulah yang dihadirkan oleh desainer ke dalam unit apartemen ini.

Desain interior mewah ini menonjolkan lantai bernuansa kayu dengan quadra wall yang sederhana namun tetap mewah dan nyaman bagi seluruh penghuninya.

Selain itu, komponen lain dalam ruangan seperti perabotan dan tirai juga menggunakan warna-warna minimalis seperti putih, hitam, dan abu-abu. Tidak ada corak yang berlebihan sehingga kesan sumpek sama sekali tidak terasa.

Open Plan, Konsep Andalan yang Membuat Ruangan Jadi Semakin Lega
Menggunakan konsep open plan untuk area utama, karya [S] Studio, via Arsitag

Menggunakan konsep open plan untuk area utama, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Layout adalah kunci penting untuk menciptakan ruangan yang fungsional dan tanpa harus terasa sempit. Di apartemen ini, Anda akan menemukan ruang utama yang berkonsep open plan. Area utama yang terdiri dari dapur, ruang makan, dan ruang keluarga, semuanya berada dalam satu garis lurus.

Penataan perabotan dan pemilihan dekorasi untuk setiap area membuat kita tetap bisa membedakan masing-masing ruang ini dengan mudah. Di sisi lain, tetap ada benang merah yang menyatukan semuanya hingga tetap terlihat serasi dan sedap dipandang mata.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Super Mewah dengan Sentuhan Warna Hitam
 

Perabotan Retractable dan Foldable
Pemilihan furnitur yang sesuai, kunci penting untuk penataan hunian sempit, karya [S] Studio, via Arsitag

Pemilihan furnitur yang sesuai, kunci penting untuk penataan hunian sempit, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Salah satu trik lain yang banyak diterapkan oleh pemilik hunian berukuran kecil adalah membeli perabotan retractable dan foldable. Hal yang sama juga bisa Anda temukan di unit apartemen ini. Beberapa di antara furnitur bahkan bisa digunakan untuk lebih dari satu fungsi. Ini membuat pemilik bisa menghemat lebih banyak tempat tanpa harus mengorbankan salah satu fungsi yang mereka butuhkan.

Kamar Tidur yang Super Cozy
Penampakan kamar tidur utama, karya [S] Studio, via Arsitag

Penampakan kamar tidur utama, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Sebagai bagian paling pribadi dari sebuah hunian, kamar tidur tentu harus didesain senyaman mungkin. Di apartemen ini, terdapat dua kamar tidur. Kamar tidur utama hadir dengan desain elegan dengan aksen berupa lukisan bunga tepat di atas ranjang. Warna-warna yang dihadirkan di kamar utama juga masih menonjolkan warna minimalis yang simpel, namun tetap cantik.
 

Baca juga: Desain Interior Apartemen Mewah dengan Gaya Klasik Kontemporer yang Memukau
 

Kamar tidur kedua apartemen, karya [S] Studio, via Arsitag

Kamar tidur kedua apartemen, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Kamar tidur kedua yang didesain sebagai kamar anak hadir dengan nuansa yang lebih sederhana. Meskipun kecil, namun tetap nyaman sebagai tempat beristirahat.

Tertarik menggunakan konsep serupa untuk menata apartemen atau rumah Anda?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."