Tips Bermain dengan Warna Krem di Rumah Idaman Anda

Tips Bermain dengan Warna Krem di Rumah Idaman Anda | Foto artikel Arsitag
Cover: Medijavanean Home at Bintaro karya Shonny Archaul tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Dalam bukunya “Color Vision” , Darwis Triadi, seorang fotografer terkenal, menuliskan “Warna pada suatu subjek foto akan memberi energi dan menimbulkan perasaan tertentu pada mereka yang melihatnya. Warna menjadikan kita mampu mengungkap kepribadian seseorang.Warna dapat menciptakan keselarasan dalam hidup. Dengan warna, kita dapat menciptakan suasana teduh dan damai. Dengan warna pula kita dapat menciptakan keberingasan dan kekacauan. Memahami warna sangat menarik dan penting, sama menarik dan pentingnya dengan memahami kehidupan yang memang penuh warna. Namun, perlu selalu diingat, warna bukan elemen terpenting guna menghasilkan foto bagus dan memesona.” (Triadi, 2014)

Begitu pula dalam karya arsitektur, suasana hati seseorang bisa terpengaruh warna yang terlihat olehnya. Setiap warna akan memberi kesan tersendiri dan dipersepsikan secara unik. Konon, warna juga memiliki korelasi dengan karakter seseorang, menunjukkan identitas dan eksistensinya di dalam lingkungannya.Warna-warna yang ada di sekitar kita seolah-olah berbicara dan mempengaruhi suasana hati kita. Itulah sebabnya, warna memegang  peran penting dalam desain.

Ivory, Beige, dan Cream sebagai gradasi warna putih (Sumber: berlianaa.com)

Ivory, Beige, dan Cream sebagai gradasi warna putih (Sumber: berlianaa.com)

Secara spesifik, artikel ini akan memberikan tips bermain dengan warna krem di rumah idaman Anda, karakter, penerapan, serta cara memadukan dengan bahan dan warna lainnya.

1. Karakter warna krem

Seringkali orang salah mengira warna krem dengan warna ivory dan beige yang memang mirip. Ketiganya merupakan gradasi dari warna putih. Warna ivory cenderung ke arah pink, beige cenderung ke arah coklat, sedangkan krem cenderung berwarna kuning.

Warna krem mempresentasikan kelembutan dan terkesan klasik. Lembut, tidak menyolok, menimbulkan kesan tenang dan bernuansa hangat, serta mudah dipadukan dengan warna lainnya.

Medijavanean Home at Bintaro di Bintaro Jaya karya Shonny Archaul  (Sumber: arsitag.com)

Medijavanean Home at Bintaro di Bintaro Jaya karya Shonny Archaul (Sumber: arsitag.com)

2. Perpaduan apik nan elegan warna krem dan unsur alami

Shonny Archaul memadukan warna krem dengan coklat kemerahan dari batu bata ekspos, genteng keramik, dan guci-guci tanah liat  untuk memperkuat kesan klasik, membumi, dan alami. Warna coklat dari pintu dan kusen kayu, serta lantai keramik bermotif guratan alam di Medijavanean Home at Bintaro  memberikan kesan cerdas dan elegan dari kesederhanaan.

Medijavanean Home at Bintaro di Bintaro Jaya karya Shonny Archaul tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Medijavanean Home at Bintaro di Bintaro Jaya karya Shonny Archaul tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

Baca juga: 10 Alasan Memadukan Craft dengan Arsitektur Modern

3. Warna krem menonjolkan ‘point of interest’

Saman House at Pantai Indah Kapuk di Jakarta karya  Platform Architects tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)
Saman House at Pantai Indah Kapuk di Jakarta karya  Platform Architectstahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Kolaborasi cat dinding berwarna krem yang lembut dengan lantai kayu parket sangat menyatu dan menonjolkan sofa coklat tua sebagai point of interest di ruang keluarga Saman House at Pantai Indah Kapuk.

Baca juga: Bermain Warna? Siapa Takut ?

4. Warna krem untuk gaya modern minimalis

Modern House at Pantai Indah Kapuk di Jakarta karya Platform Architects tahun 2009 (Sumber: arsitag.com)

Modern House at Pantai Indah Kapuk di Jakarta karyaPlatform Architectstahun 2009 (Sumber: arsitag.com)

Gaya modern minimalis yang sekarang sedang digandrungi, seringkali memanfaatkan warna krem untuk memperkuat kesan kesederhaan yang elegan. Krem menjadi salah satu warna favorit karena mudah dipadukan dengan berbagai warna, baik warna-warna harmonis maupun kontras.

Baca juga: 6 Strategi Dalam Bermain Warna Untuk Rumah Anda

5. Perpaduan krem dan hitam yang mewah

Villa WRK di Kutuh, Bali karya Parametr Indonesia tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Villa WRKdi Kutuh, Bali karyaParametr Indonesia tahun 2014 (Sumber: arsitag.com)

Warna krem pada Villa WRK ditampilkan oleh batu gamping pada dindingnya. Memperkuat kesan elegan yang ditonjolkan dari ayunan gantung dan sofa berwarna hitam, berpadu serasi dengan batu alam hitam pada dinding taman. Komposisi elegan antara ruang open-plan yang nyaman dengan ruang luar yang bersentuhan budaya lokal Bali.

Baca juga: Material Batu Alam Untuk Tampak Depan Rumah Minimalis Yang Elegan

6. “Pemalsuan” warna krem

Karang Saujana di Bali karya A & Partners tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Karang Saujanadi Bali karyaA & Partnerstahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Warna krem dengan kesan hangat dan nyaman yang menyertainya, tidak harus didapat dari warna krem yang sebenarnya. Elemen-elemen bernuansa putih dapat ‘dipalsukan’ menyerupai warna krem dengan efek pencahayaan dari lampu bercahaya kuning. Dengan trik ini, Anda dapat memunculkan dua kesan sekaligus, kesan higienis dari putih dan kehangatan dari krem.

7. Manipulasi sebagian

Taman Cilandak House di Jakarta Selatan karya Adria Yurike Architects tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Taman Cilandak Housedi Jakarta Selatan karyaAdria Yurike Architectstahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Pendar cahaya bernuansa krem tampak elegan menghias langit-langit Taman Cilandak House memberikan kehangatan di tengah kesan nyaman yang  didapat dari nuansa putih di keseluruhan ruang.

8. Warna krem untuk kesan romantis di kamar tidur

An Opulent Modern Tropical di Singapura karya Iwan Sastrawiguna tahun 2006 (Sumber: arsitag.com)

An Opulent Modern Tropicaldi Singapura karyaIwan Sastrawigunatahun 2006(Sumber: arsitag.com)

Tidak diragukan lagi, kesan hangat dan nyaman dari warna krem dari plafon gypsum, kelambu yang menaungi tempat tidur, ditambah lagi temaram lampu kuning yang menyinarinya akan membangkitkan kesan romantis dan akrab pada kamar tidur.

Sagan House di Yogyakarta karya HbArsitekPlus tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Sagan Housedi Yogyakarta karyaHbArsitekPlus tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Setiap warna memiliki arti dan kesan tersendiri. Memiliki karakter unik untuk menunjukkan jati diri dan memberikan kenyamanan yang berbeda, mencairkan dan memperkuat suasana. Pilihlah warna yang bisa mendukung, melengkapi, dan memperkuat fungsi ruang.  Bermainlah dengan warna dan ciptakan rumah idaman yang sarat makna dan memberi kesan mendalam bagi Anda sekeluarga.  

Baca juga:

Ingin Suasana Dramatis? Tambahkan Fixture Lampu!

Tips Dekorasi Menggunakan Warna Peach

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.