Bermain Warna? Siapa Takut ?

Permainan warna membuat orang langsung berpikir tentang perpaduan berbagai warna kontras yang akhirnya menjadi ‘norak’. Padahal warna-warna tidak harus terlalu cerah. Permainan warna juga bisa dilakukan dengan warna-warna netral. Penambahan warna juga  tidak harus mencolok.

Manfaatkan warna-warna yang membuat Anda nyaman.  Variasikan dengan cara-cara berikut.

Perpaduan Warna Netral

Kreasikan warna pada ruang dengan memadukan berbagai warna netral. Abu-abu, beige, putih, hitam, dan warna kayu memunculkan keindahan warna alam yang membuat ruang terasa nyaman.

Metallics. 

Warna-warna logam seperti emas, perak, dan perunggu akan memperkaya warna ruang namun tidak berlebihan.

Navy Blue 

Sebagai warna langit, warna biru bisa dipadukan dengan berbagai warna. Warna biru merupakan warna paling netral yang sempurna bila disandingkan dengan warna lainnya.

Warna navy blue yang tidak ketinggalan jaman menjadi warna dasar yang menonjolkan warna lainnya dengan tidak terlalu kontras.

Pale Green  

Pale Green termasuk warna netral yang trendy sambil tetap memperlihatkan keklasikannya. Sebagai warna alam yang menyejukkan mata dan menciptakan ruang yang nyaman.

Mint  

Warna segar lain yang bisa diterapkan dalam desain modern yang netral adalah warna mint.  Warna ini membuat berbagai pola semakin ‘bernyanyi’ dan warna putih menjadi lebih indah.

Warna-warna senada

Jika ingin ruang yang lebih berwarna namun tetap seimbang dan tidak terlalu ‘norak’, ingatlah bahwa warna-warna senada akan memancarkan keharmonisasian.

Bahan sofa dengan warna-warna dasar serta cushion  berwarna senada menampilkan kesan colourful  yang indah dan harmonis.

Bunga

Dalam ruang tanpa furnitur yang bisa dimanfaatkan untuk bermain warna, perletakan bunga dapat menciptakan kesan ruang yang lebih ‘catchy’.

Bunga yang dipajang tidak harus mahal. Kreasikan bunga dan tanaman yang ada di taman rumah.

Kaca

Kaca berwarna akan menciptakan kesan interior yang colourful.  Kaca jendela akan memberikan warna-warna ‘gratis’ dari eksterior sekaligus pencahayaan yang bisa dipantulkan oleh kaca pada rumah lampu.

Reva House by Revano Satria (Sumber : arsitag.com)

Cushions

Bantal sofa atau cushion merupakan elemen interior yang baik untuk permainan warna ruang. Ukurannya yang kecil, ragam bentuknya, dan kemudahan untuk menggantinya, akan mempermudah bermain warna tanpa menjadi terlalu kontras.

Pola

Manfaatkan pola pada lantai, dinding, plafon, dan elemen interior lainnya untuk memberikan kesan berbeda dan ‘meriah’.  

Padukan pola gelombang pada langit-langit dengan pola simetris pada lantai, dinding, dan gordin untuk menciptakan keseimbangan.

COLORFUL-LIVING-ROOM-WITH-ART (SUMBER : HOME-DESIGNING.COM)

Bermainlah dengan warna. Tidak perlu takut ruangan menjadi ‘norak’. Padukanlah warna-warna senada atau manfaatkanlah sedikit warna kontras untuk menciptakan kesan ruang yang lebih segar dan nyaman.

Artikel lainnya :

10 Cara Mempercantik Lantai Kayu Rumah Anda

Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Anda

 

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita lulusan Arsitektur satu-satunya angkatan '95 dari Institut Teknologi Indonesia di tahun 1999. Pernah magang di PT. Schering Indonesia dalam Jadena Project tahun 1998. Sekarang bekerja sebagai guru bimbel untuk preschool sampai highschool. Ia memperluas wawasan dan pengalamannya dengan menulis berbagai artikel arsitektural untuk Arsitag. Ia juga menerjemahkan 41 sinopsis untuk Laruno. Motto hidupnya adalah "Always trying to do your best in God's wish and bless".

More Posts