Ide Desain Kitchen Set Super Cantik untuk Inspirasi Renovasi Dapur Idaman Anda

Ide Desain Kitchen Set Super Cantik untuk Inspirasi Renovasi Dapur Idaman Anda | Foto artikel Arsitag

Kitchen set dengan lampu gantung dan mini bar karya Hello Embryo via Arsitag

Berencana merenovasi dapur dalam waktu dekat? Tak perlu terburu-buru, sebaiknya siapkan rencana renovasi dapur dengan matang. Sebab ada banyak aspek yang perlu dipertimbangkan dengan cermat supaya dapur benar-benar nyaman.

Kitchen set karya HelloEmbryo via Arsitag

Kitchen set karya HelloEmbryo via Arsitag

Tak hanya dari aspek fungsi, dapur hasil renovasi tentunya harus indah sekaligus rapi. Nah terkait fungsi, keindahan dan kerapian ruang memasak, desain kitchen set harus mendapat perhatian ekstra.

Untuk itu, jika Anda sedang mencari referensi, berikut ini ide-ide bentuk kitchen set terbaik dan terbaru untuk kebutuhan inspirasi renovasi dapur idaman Anda!

Kitchen Set Modern Kombinasi Dua Warna

Kitchen set modern karya Hello Embryo, via Arsitag

Kitchen set modern karya Hello Embryo, via Arsitag

Desain dapur modern di Puri Matahari Residence ini berbentuk huruf L.

Di sisi dapur yang lebih sempit, kitchen set terdiri dari kabinet atas yang menggunakan material frosted glass. Penggunaan frosted glass dan lampu-lampu yang ditambahkan di bagian dalam upper cabinet telah berhasil menciptakan efek cahaya nan indah.

Melengkapi upper cabinet, di bagian bawahnya terdapat lower cabinet dan countertop. Uniknya, jika upper cabinet didominasi putih, lower cabinet ini memiliki warna yang kontras yakni warna biru. Warna biru yang sama diterapkan pula pada kabinet besar yang memenuhi sisi dapur lainnya.

Keberanian perpaduan warna kontras pada kitchen set ini tak hanya memberi kesan modern, tetapi juga dengan mudah menambah kesegaran pada dapur rumah Anda!

Baca juga: Inspirasi Desain Pantry untuk Penyimpanan Maksimal di Dapur Rumah Anda

Kitchen Set Bentuk U dengan Meja Island di Tengah

Kitchen set karya Adria Yurike Architects, via Arsitag

Kitchen set karya Adria Yurike Architects, via Arsitag

Untuk area interior dapur yang luas, desain U-shape seperti pada desain ini bisa jadi pilihan. Di dapur ini, kitchen set yang terdiri dari upper cabinet, lower cabinet, dan countertop ditata membentuk huruf U. Adapun, untuk upper cabinet tidak diterapkan di semua sisi dapur, melainkan di salah satu sisi saja. Sebagai pengganti upper cabinet pada sisi lainnya, rak-rak terbuka dan jendela-jendela kaca ditambahkan untuk jalan masuk cahaya alami.

Tepat di tengah-tengah U-shape, sebuah meja dapur island besar dan kursi-kursi melengkapi kitchen set. Meja besar ini bisa berfungsi sebagai tempat untuk meracik bahan-bahan masakan dan juga bisa berfungsi sebagai meja makan atau tempat berkumpul keluarga yang menyenangkan.

Desain kitchen set ini semakin tampil mencuri perhatian berkat lantai bermotif batik klasik yang super menarik!

Kitchen Set dengan Kombinasi Rak Model Terbuka

Rak-rak terbuka kitchen set minimalis, foto oleh Sidekix Media via Unsplash

Rak-rak terbuka kitchen set minimalis, foto oleh Sidekix Media via Unsplash

Upper cabinet dan lower cabinet yang menjadi bagian utama kitchen set tak harus menggunakan model tertutup. Untuk variasi, rak-rak terbuka bisa saja menggantikan upper cabinet seperti pada desain dapur ini.

Warna-warni dan bentuk-bentuk peralatan memasak yang ditata di rak-rak terbuka sekaligus berfungsi sebagai dekorasi. Begitu pula dengan beberapa peralatan masak yang digantung.

Tampilan Upper cabinet model terbuka ini semakin mencuri perhatian dengan pola-pola keramik simpel di latar belakangnya. Pola keramik yang disebut pola keramik subway ini termasuk pola klasik yang tak pernah membosankan. Desain kitchen set yang unik dan indah ‘kan?

Dapur Cantik dengan Bata Ekspos dan Kitchen Set Kayu

Dapur minimalis dengan kitchen set kayu, foto Max Vakhtbovych via Pexels

Dapur minimalis dengan kitchen set kayu, foto Max Vakhtbovych via Pexels

Suka dengan tampilan nuansa alami? Memilih konsep desain dapur keluarga dengan kitchen set kayu warna natural tak pernah mengecewakan. Ruang memasak ini hanya menggunakan kitchen set yang terdiri dari lower cabinet dan countertop.

Kayu yang mempertahankan warna alami dipakai sebagai bahan pembuat lower cabinet. Bahan yang sesuai juga digunakan untuk meja makan yang berada tepat di tengah.

Adapun, upper cabinet digantikan dengan jendela kaca besar yang membuat ruangan diterangi cahaya alami. Kesan alami semakin terasa dengan adanya batu bata ekspos pada salah satu sisi dinding dan lantai kayu berwarna alami.

Renovasi Dapur Ukuran Mungil

Dapur single line dan meja multifungsi, foto oleh Eddy Lee via Unsplash

Dapur single line dan meja multifungsi, foto oleh Eddy Lee via Unsplash

Untuk area memasak yang sempit, model dapur single line seperti desain ini bisa diterapkan. Dapur single line ini menempatkan lemari kitchen set pada satu garis lurus. Adapun countertop dimanfaatkan dengan maksimal untuk kompor, sink, dan dishwasher.

Untuk menyiasati tempat penyimpanan yang kurang pada kitchen set, tambahkan sebuah meja island multifungsi bisa ditambahkan di tengah ruangan. Meja ini memiliki laci-laci penyimpanan dan rak terbuka untuk meletakkan berbagai keperluan memasak.

Baca juga: Inspirasi Desain Meja Dapur Minimalis yang Tampil Bersih dan Mewah

Dapur Cantik Dominasi Kabinet Abu-abu

Dapur dengan dominasi warna abu-abu, foto Max Vakhtbovych via Pexels

Dapur dengan dominasi warna abu-abu, foto Max Vakhtbovych via Pexels

Kitchen set minimalis warna putih polos dan motif kayu kerap menjadi pilihan favorit untuk dapur. Tak banyak orang yang berani bereksperimen menggunakan kitchen set dengan motif dan warna lainnya.

Tetapi, pada desain ini kitchen set tampil beda dengan lemari-lemari warna abu-abu yang dikombinasikan dengan material kayu. Area dapur semakin menarik dengan lantai parket yang warnanya mirip lemari pada kitchen set dan dekorasi tanaman-tanaman hijau.

Kitchen Set Minimalis Serba Putih

Kitchen set minimalis serba putih karya Home by Fabelio via Arsitag

Kitchen set minimalis serba putih karya Home by Fabelio via Arsitag

Warna putih memang tak pernah salah. Untuk luas ruangan yang terbatas, dominasi warna putih akan menciptakan kesan ruangan lebih luas. Warna putih juga memantulkan cahaya dengan sempurna sehingga ruangan terasa lebih terang.

Pada contoh ini, desain upper cabinet pada kitchen set memadukan antara desain terbuka dan tertutup. Upper cabinet tertutup digunakan untuk menyimpan berbagai peralatan masak sehingga dapur tampak rapi. Sedangkan, upper cabinet terbuka dimanfaatkan untuk meletakkan dekorasi. Kombinasi ini tentunya membuat area dapur nyaman untuk memasak sekaligus indah dipandang.

Untuk menghindari kesan membosankan, dominasi kitchen set modern dominasi warna putih ini dipadukan dengan lantai parket, meja makan yang tersambung dengan countertop, ambalan, dan juga counter top yang seluruhnya menampilkan warna cokelat alami.

Kitchen Set yang Memadukan Bahan Berbeda

Desain kitchen set minimalis karya PT. Desain Kreasi Cemerlang via Arsitag

Desain kitchen set minimalis karya PT. Desain Kreasi Cemerlang via Arsitag

Desain sudut ruangan yang dimanfaatkan sebagai dapur sekaligus ruang makan ini begitu mencuri perhatian. Jika biasanya upper dan lower cabinet menggunakan bahan dan warna yang sama, desain kitchen set ini menawarkan konsep yang berbeda.

Upper cabinet memakai warna putih bersih, sedangkan lower cabinet menggunakan kayu dengan warna natural cokelat gelap. Perpaduan warna dan jenis bahan pada kitchen set tersebut disatukan dengan dinding dapur warna krem lembut yang bertekstur.

Desain kitchen set minimalis ini semakin memikat dengan tambahan lampu LED bercahaya kekuningan di bagian bawah upper cabinet yang memberi kesan hangat.

Dengan posisi yang berdekatan, material dan warna yang digunakan pada dinding dan lower cabinet digunakan pula pada meja makan, kursi, dan ambalan terbuka yang terhubung dengan meja. Kesamaan bahan ini membuat desain kitchen set dan area makan tampak menyatu, serasi sekaligus rapi.

Kitchen Set Minimalis dengan Material Kaca Bening

Kitchen set minimalis dengan mini bar karya Ruang Desain via Arsitag

Kitchen set minimalis dengan mini bar karya Ruang Desain via Arsitag

Konsep kitchen set dengan upper cabinet model terbuka memang sangat menawan. Peralatan memasak yang disimpan di upper cabinet terbuka akan terekspos sehingga menjadi bagian dari dekorasi.

Namun, sebagian orang kurang menyukai model kitchen set terbuka ini karena barang-barang dapur beresiko terkena debu. Untuk menyiasatinya, inspirasi ini menawarkan upper cabinet tertutup yang menggunakan kaca bening.

Selain berkesan modern, kabinet tertutup ini tetap mampu mengekspos barang-barang dapur yang tersimpan sekaligus menjaganya tetap bersih. Upper cabinet berkaca bening ini tampil semakin berkesan modern dengan rangka putih dan lower cabinet berwarna sama serta pencahayaan di bagian bawahnya.

Rekomendasi Kitchen Set ala Skandinavia

Kitchen set karya Furniterus via Arsitag

Kitchen set karya Furniterus via Arsitag

Desain bergaya skandinavia memiliki beberapa ciri khas, antara lain penggunaan warna terang yang bersifat netral, bahan kayu yang hangat, kesederhanaan, dan penekanan pada fungsi. Beberapa ciri khas tersebut bisa ditemukan pada desain kitchen set di dapur rumah ini.

Kitchen set dirancang dengan memadukan material berwarna natural dan bahan pelapis multiplek warna putih bersih. Sedangkan, dekorasi natural yang simpel dihadirkan lewat dinding bata ekspos. Penggunaan warna terang dimaksimalkan dengan menambahkan lampu-lampu. Meskipun tak begitu luas, desain skandinavia ini membuat ruang masak terasa nyaman.

Desain Kitchen Set yang Bernuansa Rustic

Desain Kitchen Set yang Bernuansa Rustic

Desain kitchen set karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag

Desain kitchen set karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag

Interior dapur ini dirancang untuk sebuah apartemen tua agar memiliki tampilan baru yang lebih segar. Dengan menghadirkan elemen desain rustic dan nuansa gudang tua, kitchen set di area dapur ini dibuat dengan bilah-bilah papan.

Sebagian kayu pada kitchen set dibiarkan tampil alami, sedangkan sebagian lainnya dilapisi dengan cat berwarna natural yang berkesan sederhana. Sementara, untuk dinding backsplash, dipilih pola keramik subway yang klasik.

Kitchen Set Minimalis Apartemen Studio Mungil

Kitchen Set Minimalis Apartemen Studio Mungil

Kitchen set apartemen studio karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag

Kitchen set apartemen studio karya Co+in Collaborative Lab via Arsitag

Kitchen set yang satu ini cocok sekali buat Anda yang tinggal di apartemen studio mungil yang sekarang makin marak di kota-kota besar Indonesia.

Model kitchen set minimalis ini dengan cerdas memanfaatkan salah satu sisi ruang apartemen studio yang hanya 27 meter persegi sehingga menghasilkan dapur yang terkesan lega dengan double sink dan tempat mengolah masakan. Jadi, meskipun tinggal di apartemen sempit, kegiatan masak memasak bisa tetap terasa nyaman.

Kitchen Set Mewah dengan Backsplash Marmer Bergaya American Classic

Kitchen set elegan karya PT. Desain Kreasi Cemerlang via Arsitag

Kitchen set elegan karya PT. Desain Kreasi Cemerlang via Arsitag

Tekstur batu alam marmer memang dapat dengan mudah menghadirkan suasana mewah di rumah. Tidak terkecuali di dapur. Dengan memakai backsplash batu marmer yang ditambah strip lighting, dapur dengan gaya American Classic ini pun langsung tampil mewah dan elegan.

Dapur Adem dengan Kitchen Set Berwarna Natural

Desain kitchen set karya Naio via Arsitag

Desain kitchen set karya Naio via Arsitag

Dapur minimalis mungil ini tampil sangat simpel dengan warna hitam putih dan cokelat kayu dengan variasi perbedaan tone cokelat kayu terang, gelap, dan anyaman rotan. Bahkan, kap lampu gantung pun berwarna emas doff yang masih masuk dalam tone warna cokelat. Keserasian dalam memilih warna ini sungguh membuat dapur ini terasa adem, bersih, dan super nyaman.

Nah, dari sederet ide desain kitchen set super cantik ini, apakah Anda sudah memilih inspirasi yang cocok untuk renovasi dapur keluarga idaman?

Ikuti Instagram Arsitag untuk dengan Mudah Mendapatkan Inspirasi Pilihan Kitchen Set Terbaru dan Terbaik Lainnya yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Setiap Hari.

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.