6 Strategi Dalam Bermain Warna Untuk Rumah Anda

6 Strategi Dalam Bermain Warna Untuk Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Kita semua ingin memiliki rumah yang nyaman untuk ditinggali. Namun, terkadang yang jarang menjadi perhatian adalah, faktor warna dapat benar-benar berpengaruh pada nuansa yang dibentuk di sebuah rumah. Berikut adalah enam strategi dalam bermain dengan warna rumah.

1. Kenali Rumah dan Sumber Masuk Cahaya

Cahaya alami matahari adalah kunci dari sukses atau tidaknya permainan Anda dengan warna di rumah. Sebelum berkreasi atau bereksperimen dengan warna, pastikan Anda telah benar-benar mengetahui dari mana arah datangnya sumber cahaya alami matahari. Satu tips untuk itu adalah dengan menggunakan Viewfinder pada kamera ponsel pintar Anda karena dapat membantu menemukan sumber cahaya tersebut.

The Timeless Classic Concept by Iwan Sastrawiguna (sumber: arsitag.com)The Timeless Classic Concept by Iwan Sastrawiguna (sumber: arsitag.com)

2. Gunakan Warna Sebagai Penuntun Visual

Modern ethnic house by Iwan Sastrawiguna (sumber: arsitag.com)Modern ethnic house by Iwan Sastrawiguna (sumber: arsitag.com)

Ini mungkin tidak akan menjadi ide utama Anda ketika bermain dengan warna untuk rumah. Tapi, jika Anda perhatikan gambar di atas, atap berwarna emas di atas benar-benar dapat menjadi penuntun siapapun secara visual ke pintu cokelat tersebut. Warna tersebut sungguh telah mendapatkan peran yang penting di rumah itu.

3. Warna yang Hangat untuk Pintu Masuk

Warna yang hangat untuk pintu Anda dapat memberikan kesan positif dan terlebih dapat mengimbangi dinding-dinding yang berwarna putih yang mengitarinya. Warna cokelat muda pada lantai semakin memberi kesan tenang dan elegan pada pintu masuk.

kendall-charcoal-front-door-soft-warm-gray-paint-color (sumber: theinspiredroom.net)kendall-charcoal-front-door-soft-warm-gray-paint-color (sumber: theinspiredroom.net)

4. Warna Lembut untuk Sudut-Sudut Rumah

color-combination-for-white-wall (sumber: qarmazi.com)color-combination-for-white-wall (sumber: qarmazi.com)

Sudut-sudut rumah tidak sering menjadi perhatian. Tanpa disadari, pemilihan warna-warna lembut hingga sudut-sudut rumah dapat memberikan aksen tersendiri pada sebuah ruangan atau kamar. Warna-warna pastel dapat menjadi pertimbangan untuk membuat aksen pada sudut-sudut rumah yang dapat menjadi game changer bagi rumah Anda.

5. Warna yang Bersahabat dengan Cahaya Matahari

Semua orang menyukai cahaya matahari yang alami masuk ke rumah. Oleh karena itu, akan selalu penting untuk benar-benar mengetahui sumber arah cahaya matahari yang mengarah ke rumah. Warna putih selalu bersahabat dengan cahaya matahari alami dan trik selanjutnya adalah lantai harus berkarakter memantulkan cahaya. Gambar di atas menunjukkan bagaiamana sebuah ruang keluarga bertembok warna putih dan berlantai memantul terasa lebih hidup dan hangat dengan pijaran cahaya matahari alami dari jendela sebelah kanan.

Puri Botanical (sumber: arsitag.com)Puri Botanical (sumber: arsitag.com)

6. Warna untuk Menonjolkan atau Mengurangi Fitur Arsitektur

5-homes-that-embrace-colour (sumber: homestolove.com.au)5-homes-that-embrace-colour (sumber: homestolove.com.au)

Jika Anda ingin membuat sebuah fitur arsitektur di dalam rumah lebih menonjol daripada yang lainnya, cobalah menggunakan warna yang saturated atau menjemukan. Gambar di atas, misalnya, berhasil menunjukkan bagaimana warna tembok abu-abu yang dapat membuat fitur-fitur seperti lampu, lukisan bahkan perabotan di meja begitu menonjol.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Meizar Ahmad Assiry

Ijey adalah seorang analis media di Kiroyan Partners yang gandrung akan karya-karya Wes Anderson. Ia menulis topik bisnis dan desain untuk blog.sribu.com. Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ini juga pernah menulis untuk Go-Jek, Mitra Adi Perkasa, Otobro (MAP) dan Visualnanny.