Inspirasi Desain Taman Balkon Apartemen Mungil Cantik

Inspirasi Desain Taman Balkon Apartemen Mungil Cantik | Foto artikel Arsitag

Taman mungil di balkon, foto oleh ArturAleksanian,via unsplash.com
 

Tinggal di apartemen menjadi salah satu pilihan bagi orang yang bekerja di kota-kota besar. Banyak keunggulan yang bisa didapat, tetapi juga banyak kekurangan yang harus dihadapi. Salah satu kekurangan tinggal di apartemen ialah tidak adanya ruang terbuka yang memadai untuk taman selayaknya rumah tapak.

Mungkin, satu-satunya area yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang luar pada apartemen ialah balkon. Itupun biasanya berukuran kecil atau sempit. Namun, dengan berbagai kekurangan tersebut, Anda tetap bisa menciptakan taman di balkon apartemen. Sebagai referensi, berikut beberapa desain taman balkon apartemen mungil yang cantik dan menarik.

1. Balkon ala rooftop garden
Taman ruang duduk di balkon, foto oleh Social Cut, via unsplash.com

Taman ruang duduk di balkon, foto olehSocial Cut,via unsplash.com
 

Menyulap balkon menjadi layaknya taman atap bisa dilakukan dengan perombakan di beberapa bagian. Lantai balkon bisa diberi karpet atau menggunakan rumput sintetis untuk memperkuat kesan taman. Kursi-kursi outdoor juga bisa ditempatkan sesuai dengan kebutuhan. Namun untuk balkon yang mungil, penggunaan kursi yang slim menjadi pilihan terbaik agar space lebih luas. Selain itu, pemilihan warna juga penting. Seperti pada contoh di atas, warna putih mendominasi sehingga balkon terkesan lebih bersih dan luas.

2. Nuansa homey dengan perabot kayu dan rotan
Ruang duduk di balkon, foto oleh Nguyen Dang Hoang Nhu, via unsplash.com

Ruang duduk di balkon, foto olehNguyen Dang Hoang Nhu,via unsplash.com
 

Menempati apartemen mungkin akan membuat Anda rindu dengan suasana rumah nenek di kampung. Apalagi, momen ketika bersantai di teras rumah sembari memandang pepohonan tentu akan membuat perasaan lebih tenang. Pengalaman seperti itu tentu akan sulit didapat jika tinggal di apartemen. Namun, untuk sedikit mengobati rindu, Anda bisa merancang balkon apartemen dengan tema tradisional. Penggunaan perabot kayu atau rotan sangat bisa dilakukan bersamaan dengan menempatkan tanaman di pot gerabah. Agar nuansanya lebih alami, pilihan tanaman tropis menjadi keharusan. Pilihlah tanaman yang berdaun lebar, rimbun, atau bisa pula memakai tanaman rambat.
 

Baca juga: 7 Ide Mendesain Balkon Menganggur Jadi Tempat Bersantai Super Cantik
 

3. Taman balkon cantik dengan penataan pot
Taman pot terakota, foto oleh Ivy aralia Nizar, via unsplash.com

Taman pot terakota, foto olehIvy aralia Nizar,via unsplash.com
 

Pot untuk tanaman sejatinya bukan hanya sebagai wadah media tanam. Pot juga bisa menjadi elemen pemercantik karena saat ini banyak jenis pot yang bisa menjadi pilihan. Tanaman yang diletakkan di pot sendiri menjadi pilihan yang paling mungkin untuk taman balkon apartemen. Anda bisa berkreasi menata pot tanaman di sudut balkon dengan pilihan pot yang Anda suka.

4. Pagar balkon yang lebih semarak
Dekorasi balkon dengan pot bunga di pagar, foto oleh Look Studio, via freepik.com

Dekorasi balkon dengan pot bunga di pagar, foto olehLook Studio,via freepik.com
 

Balkon apartemen yang terlalu kecil biasanya akan membuat penghuninya tidak mau mengubah banyak hal karena akan membuatnya semakin sempit. Alih-alih meletakkan pot di lantai, Anda bisa mencoba membeli pot dengan kaitan sehingga bisa ditempel di pagar balkon. Tempatkan tanaman-tanaman yang Anda sukai seperti tanaman berbunga jika Anda ingin tampilan taman balkon apartemen lebih semarak. Ide ini juga tentunya akan membuat balkon menjadi lebih estetik, baik jika dilihat dari dalam apartemen ataupun dari luar.

5. Taman sudut yang hemat ruang
Taman minimalis di balkon, foto oleh Beazy, via unsplash.com

Taman minimalis di balkon, foto olehBeazy,via unsplash.com
 

Keterbatasan ruang memaksa kita untuk lebih bijak memanfaatkan sisa space yang tersedia. Pada balkon, bagian sudut tampaknya menjadi yang paling tepat untuk ditata menjadi taman sudut. Beberapa tanaman dalam pot bisa Anda susun di sana. Agar terlihat lebih natural, sebaiknya menempatkan jenis tanaman yang berbeda karakter. Sebagai penambah keindahan, Anda juga bisa menempatkan sculpture, wadah kecil sebagai manifestasi dari kolam, dan lain sebagainya. Namun, tentunya elemen-elemen penunjang ini jangan sampai membuat taman balkon apartemen jutsru terlihat penuh dan sesak.
 

Baca juga: Desain Renovasi Rumah Industrial Minimalis dengan Balkon Taman Super Luas
 

6. Taman balkon apartemen untuk bersantai
Ruang tamu outdoor di balkon, foto oleh Robert Nickson, via unsplash.com

Ruang tamu outdoor di balkon, foto olehRobert Nickson,via unsplash.com
 

Jika memungkinkan, Anda bisa menyulap balkon apartemen menjadi taman yang nyaman untuk bersantai. Tempatkan kursi atau sofa di satu sisi dan tempatkan pula rak tanaman di sisi lain. Hias pula taman balkon apartemen ini dengan lampu-lampu hias sehingga lebih cantik untuk ditempati.

Taman balkon apartemen tetap bisa dihadirkan meskipun ruangnya terbatas. Anda hanya butuh sedikit kreativitas agar penataannya tepat, sehingga justru tidak terkesan sempit. Semoga ide-ide kreasi di atas bisa menjadi inspirasi yang membantu Anda menghadirkan taman pribadi di balkon apartemen.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.