Desain Renovasi Rumah Industrial Minimalis dengan Balkon Taman Super Luas

Desain Renovasi Rumah Industrial Minimalis dengan Balkon Taman Super Luas | Foto artikel Arsitag
Renovasi rumah industrial minimalis, karya PT Adf, via arsitag.com

Bagaimana menciptakan rumah industrial minimalis yang nyaman bagi seluruh penghuninya? Gaya minimalis yang identik dengan penekanan pada penggunaan furnitur yang bersifat fungsional, dapat dipadukan dengan gaya industrial yang identik dengan penggunaan material polosan berupa beton dan bata ekspos. Kombinasi kedua gaya desain inilah yang diterapkan pada sebuah hunian yang berada di daerah Dago, Bandung. PT Adf selaku arsitek dan desainer interior menggabungkan kedua gaya tersebut dengan penekanan pada gaya simple industrial dan tampilan rustic pada beberapa spot tembok.

Balkon Taman Super Luas di Lantai 2
Desain balkon taman untuk tempat bersantai di lantai dua, karya PT Adf, via arsitag.com

Desain balkon taman untuk tempat bersantai di lantai dua, karya PT Adf, via arsitag.com
 

Hal pertama yang menarik perhatian dari rumah industrial minimalis ini adalah keberadaan balkon taman super luas yang berada tepat di lantai 2. Balkon ini menjadi tempat bagi pemilik rumah untuk bersantai di ruang terbuka dengan nyaman dan aman. Yang sangat menarik adalah railing kaca transparan yang membuat balkon ini punya view yang bebas tanpa halangan ke depan rumah.

Dominasi material lantai semen ekspos dan warna abu-abu gelap yang super industrial, karya PT Adf, via arsitag.com

Dominasi material lantai semen ekspos dan warna abu-abu gelap yang super industrial, karya PT Adf, via arsitag.com
 

Area balkon ini terbilang bare dengan minim aksesoris ataupun tanaman hijau. Terdapat beberapa pot tanaman hijau dan beberapa kursi yang ditata berdekatan di area yang cukup luas. Terdapat dua akses masuk ke dalam balkon ini. Yaitu dari pintu masuk yang berada di salah satu sisi area, dan juga dari pintu kamar tidur sang penghuni rumah. Hal ini memungkinkan para tamu ataupun kolega dapat bersantai di balkon tersebut tanpa mengganggu privasi dari pemilik rumah.

Lantai balkon merupakan lantai semen tanpa menggunakan finishing khusus, yang juga dipergunakan sebagai lantai di halaman depan rumah.  Penggunaan lantai semen ini merupakan bagian dari gaya industrial minimalis yang menjadi tema utama hunian.
 

Baca juga: Desain Rumah Industrial Tropis yang Dipenuhi Kesegaran Tanaman Hijau
 

Open Floor Space Plan
Tiga area yang menjadi satu dalam open floor space plan, karya PT Adf, via arsitag.com

Tiga area yang menjadi satu dalam open floor space plan, karya PT Adf, via arsitag.com
 

Hasil renovasi rumah industrial ini menerapkan konsep ruang terbuka lapang di tengah area utama. Begitu masuk ke dalam hunian ini, kesan yang tertangkap adalah luas dan lapang berkat penerapan open floor space plan dan tentu saja penggunaan furnitur yang menekankan pada efisiensi dan bukan hiasan semata. Ruang terbuka ini seakan-akan terbagi menjadi dua, yaitu sisi kiri dan kanan berkat penataan furnitur yang lurus dan sejajar pada masing-masing area.

Di sisi kiri terdapat ruang keluarga lengkap dengan sofa panjang berbentuk L, TV, tangga besi hitam, dan dinding bata ekspos. Di sisi kanan terdapat ruang makan, dapur yang terlihat mengkilat dan modern, dan juga dinding abu-abu yang terlihat kontras dengan dinding bata ekspos.

Kesan industrial terasa kental berkat aplikasi langit-langit beton ekspos, bata ekspos, dan juga pemilihan model lampu. Setiap area memiliki model dan desain lampu berbeda, yang menjadi salah satu pembeda visual untuk fungsi dari masing-masing area. Kesan minimalis dan modern terlihat dari beberapa aspek mulai dari lantai yang licin mengkilat, ghost chair sebagai kursi makan, dan perlengkapan dapur yang terlihat super sleek. Interaksi antar elemen yang dipilih dan ditata secara cermat menghasilkan desain industrial elegan yang memikat.

Suspended Split Staircase
Tangga besi melayang yang super aman, karya PT Adf, via arsitag.com

Tangga besi melayang yang super aman, karya PT Adf, via arsitag.com
 

Pada ruang terbuka tadi terdapat suspended split staircase yang terbuat dari besi/baja hitam. Kesan melayang pada tangga ini membuatnya terlihat lebih ringan dan super minimalis.  Tangga ini memberi akses ke dua area berbeda. Salah satu sisi tangga akan membawa penghuni rumah ke balkon taman, sementara satu lagi membawa mereka langsung ke kamar tidur utama.
 

Baca juga: Renovasi Rumah Kuno Jadi Super Cantik dan Elegan
 

Ventilasi Cahaya dan Udara
Pendekatan unik dalam pembuatan built-in ventilation, karya PT Adf, via arsitag.com

Pendekatan unik dalam pembuatan built-in ventilation, karya PT Adf, via arsitag.com
 

Fitur yang tak kalah menarik dari rumah industrial minimalis ini adalah keberadaan ventilasi cahaya dan udara yang bersifat built-in. Ventilasi yang berukuran cukup besar di atas dapur menjadi akses perputaran udara serta masuknya cahaya matahari ke seluruh area di dalam hunian. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga suhu agar tetap sejuk dan juga memastikan seluruh area rumah mendapat penerangan alami yang cukup.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis



Promo Brand
NEW