Desain Interior Rumah Modern Kontemporer dengan Paduan Warna Putih dan Krem

Desain Interior Rumah Modern Kontemporer dengan Paduan Warna Putih dan Krem | Foto artikel Arsitag

Project R+A karya Studio Kuskus via arsitag.com

Semakin beragam gaya desain yang bermunculan, menjadi salah satu pemicu banyaknya rumah modern kontemporer yang bermunculan. Desain kontemporer sendiri hadir sebagai perpaduan dari berbagai aliran desan yang ada. Hasilnya adalah konsep visual yang berbeda, namun tetap meninggalkan kesan kekinian.

Di antara sekian banyak hunian yang menghadirkan konsep modern kontemporer, hadirlah  R+A. Rumah ini berlokasi di Jalan Puri Indah Raya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Mengusung warna earthy tone, desainnya benar-benar menjadi penyegaran tidak hanya bagi penghuninya, tetapi juga kawasan di sekelilingnya.

Menggunakan Konsep Zen Sebagai Inspirasi
Hunian yang terinspirasi dari zen ala Jepang, karya Studio Kuskus, via arsitag.com

Hunian yang terinspirasi dari zen ala Jepang, karya Studio Kuskus, via arsitag.com
 

Berada di kawasan suburban ibu kota, siapa pun tentu mendambakan hunian yang bisa memberikan rasa tentram dan nyaman. Menghadirkan paduan warna putih pada interiornya, R+A yang didesain oleh Studio Kuskus ini mengambil konsep zen sebagai inspirasi.

Seperti yang kita tahu, zen merupakan aliran desain dari Jepang yang diciptakan untuk menghadirkan kesan rileks. Selain memberikan ketenangan batin, zen akan membuat orang yang ada di dalam rumah terhindar dari stres yang muncul dari luar.

Sentuhan Warna Kayu di Berbagai Sudut
Nuansa earthy tone dengan material kayu, karya Studio Kuskus, via arsitag.com

Nuansa earthy tone dengan material kayu, karya Studio Kuskus, via arsitag.com
 

Warna earthy tone di rumah ini diperkuat oleh komponen kayu yang digunakan di berbagai sudut ruangan. Jika kebanyakan rumah hanya menggunakan material kayu untuk furnitur, di R+A Anda bisa menemukan kayu di langit-langit, bahkan dinding rumah. Interior warna krem pun menciptakan kesan hangat dan menenangkan.

Menggunakan material kayu di banyak bagian interior memang sedikit tricky. Kalau tidak pandai memadupadankan, bisa-bisa rumah Anda akan terlihat membosankan. Untuk menghindari kesan monoton, Studio Kuskus mencoba menghadirkannya dalam beberapa gradasi warna. Ini bisa Anda lihat pada warna kayu pekat di bagian pintu dan jendela. Sementara, warna kayu yang lebih muda pada perabotan dan dinding rumah berpadu serasi dengan nuansa cat putih krem.
 

Baca juga: Paduan Elemen Kayu dan Warna Serba Putih untuk Interior Apartemen yang Elegan
 

Gradasi warna kayu dan tekstur yang beragam untuk memperkaya interior, karya Studio Kuskus, via arsitag.com

Gradasi warna kayu dan tekstur yang beragam untuk memperkaya interior, karya Studio Kuskus, via arsitag.com
 

Gradasi warna kayu yang beragam bukan satu-satunya cara untuk membuat interior R+A menjadi lebih kaya. Tekstur juga memainkan peran penting. Partisi berupa pola kotak-kotak kian mempercantik ruang tamu warna krem. Sementara, dinding di dekat tangga hadir dengan pola kayu yang tersusun vertikal.

Pencahayaan Berlapis untuk Berikan Kesan Mewah
Lighting berlapis untuk tonjolkan setiap detail desain, karya Studio Kuskus, via arsitag.com

Lighting berlapis untuk tonjolkan setiap detail desain, karya Studio Kuskus, via arsitag.com
 

Desain hunian sebagus apa pun tidak akan tampil sempurna tanpa lighting yang pas. Studio Kuskus memahami betul apa yang harus mereka lakukan dengan R+A agar seluruh detail yang sudah dipasang memperoleh kesempatan yang sama untuk bersinar. Caranya, tentu saja dengan menciptakan pencahaan yang tepat.

Sebagai sumber pencahayaan alami di siang hari, sebuah jendela besar dihadirkan tepat di sebelah ruang keluarga sekaligus ruang tamu. Sementara untuk sumber cahaya di malam hari, penerangan berlapis digunakan di berbagai sisi ruangan, termasuk dengan menggunakan lampu gantung tepat di atas meja makan.
 

Baca juga: Desain Rumah Skandinavian Minimalis dengan Warna Netral yang Elegan
 

Konsep Open Plan Agar Rumah Terlihat Lebih Luas
Meniadakan partisi agar ruangan terlihat luas, karya Studio Kuskus, via arsitag.com

Meniadakan partisi agar ruangan terlihat luas, karya Studio Kuskus, via arsitag.com
 

Satu poin lagi yang tidak boleh dilewatkan dari R+A adalah penggunaan konsep open plan di area ruang keluarga dengan ruang tamu. Selain menghilangkan dinding, partisi yang dipasang juga sengaja dibiarkan transparan. Langkah ini sukses membuat seisi ruangan terlihat lebih luas dan megah.

Menghadirkan nuansa yang menenangkan pada hunian memang bukan hal yang mudah. Dengan inspirasi di atas, Anda bisa selangkah lebih dekat dengan rumah idaman yang Anda impikan.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."