Panduan Menata Ulang Dapur (Bocoran: Langkah Ke-1 Adalah yang Terpenting)

Panduan Menata Ulang Dapur (Bocoran: Langkah Ke-1 Adalah yang Terpenting) | Foto artikel Arsitag
Cover : Dapur bergaya Perancis klasik dalam rumah bertema The Timeless Classic oleh Iwan Sastrawiguna (Sumber: arsitag.com)

 

Sebagian orang bilang “mempertahankan lebih sulit daripada meraih”. Untuk meraih, Anda harus memulai, dan untuk memulai sesuatu, itu juga bukan hal yang mudah bagi semua orang. Sama halnya ketika hendak mulai menata sebuah dapur. Mari kita permudah itu semua dengan melakukan langkah-langkah beriukut.

1. Tentukan Kebutuhan

1. Tentukan Kebutuhan
Dapur Rumah Panggung Cinere oleh Dimas Prasetya Putra
 

Langkah pertama ini menentukan bagaimana Anda ingin menggunakan dapur Anda. Semua harus berangkat dari kebutuhan hingga akhirnya Anda dapat menentukan prioritas lainnya seperti berapa kapasitas orang di dapur?

2. Riset dan Rencanakan

2. Riset dan Rencanakan
Classic in white Lattice (sumber: arsitag.com)
 

Lakukanlah riset. Cari tahu kira-kira berapa jumlah biaya awal untuk menata ulang dapur Anda. Tentukan juga sejauh mana cakupan penataan ulang dapur karena itu pasti akan berpengaruh terhadap biaya. Tenang saja, ini bukan berarti Anda harus memiliki hitungan budget yang sudah pasti di fase ini. Itu karena sewaktu-waktu bisa saja ada aspek cakupan atau mungkin material yang berubah. Yang penting Anda sudah memiliki estimasi.

3. Sewa Jasa Profesional

3. Sewa Jasa Profesional
Geometric Illusion oleh Iwan Sastrawiguna (sumber: arsitag.com)
 

Untuk hasil yang maksimal dan agar uang Anda tidak terhambur percuma, menyewa jasa profesional sangat dianjurkan pada tahap ini. Dengan begitu, segala kebutuhan, hasil riset dan perencanaan Anda dapat diterjemahkan secara lebih tepat dan akurat.

4. Skema Desain

4. Skema Desain
Skema desain dapur (sumber: sketchite.com)
 

Jika Anda telah menyewa jasa profesional, saatnya untuk membuat skema desain. Di dalam skema desain, Anda dan desainer atau arsitek profesional dapat merencanakan tata ruang, lantai, dan ukuran lemari. Di fase ini juga Anda sudah bisa menentukan perabotan apa akan disimpan di sebelah mana dan terbuat dari materi apa. Dengan begitu, hitungan kasar yang telah dibuat sebelumnya dapat lebih diperjelas lagi.

5. Tentukan Spesifikasi dan Selera

5. Tentukan Spesifikasi dan Selera
Dapur Stoy House oleh Aaksen Responsible Architecture (sumber: arsitag.com)
 

Di tahap ini, Anda bisa semakin mendetail. Anda bisa mengecek kembali gambar atau foto-foto rujukan hasil riset Anda tentang model dapur yang diinginkan. Dari sini Anda bisa langsung menentukan gaya dapur Anda, apakah modern, klasik, tradisional, serba putih, bermateri kayu atau memiliki beragam warna.

6. Eksekusi Rencana

6. Eksekusi Rencana
Dapur Taman Cilandak House oleh Adria Yurike Architecs (sumber: arsitag.com)
 

Setelah seluruh langkah di atas dilakukan, saatnya Anda mengeksekusi rencana yang telah dirancang secara profesional. Di tahap ini, Anda juga harus sudah membereskan urusan-urusan administratif seperti perizinan merenovasi dan lain sebagainya. Selamat menata ulang dapur Anda!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Meizar Ahmad Assiry

Ijey adalah seorang analis media di Kiroyan Partners yang gandrung akan karya-karya Wes Anderson. Ia menulis topik bisnis dan desain untuk blog.sribu.com. Lulusan Sastra Inggris Universitas Pendidikan Indonesia Bandung ini juga pernah menulis untuk Go-Jek, Mitra Adi Perkasa, Otobro (MAP) dan Visualnanny.