Sentuhan Warna Merah untuk Menghidupkan Suasana Rumah Sederhana Anda

Sentuhan Warna Merah untuk Menghidupkan Suasana Rumah Sederhana Anda | Foto artikel Arsitag

Cover : Red House (Sumber: beautifulabodes.blogspot.co.id)
 


Secara psikologis, keberadaan warna di sekitar kita ternyata mampu memengaruhi mood. Hal yang sama juga berlaku untuk rumah. Perpaduan warna cat tembok dan kusen dalam rumah bisa menciptakan efek yang berbeda-beda, tergantung warna yang Anda pilih.

Interior warna merah termasuk salah satu pilihan yang paling populer, terutama bagi orang-orang yang menginginkan suasana penuh energi di dalam rumah.  Merah mampu meningkatkan tingkat energi ruangan. Warna ini juga merupakan warna yang paling kuat, memompa adrenalin tidak seperti rona lainnya. Warna cat rumah sederhana Anda pun bisa tampak lebih hidup dengan memberikan sentuhan warna merah.

Lantas ruangan apa saja yang sebaiknya cocok diberi sentuhan warna merah?

Ruang Makan

Warna merah dianggap terlalu terang untuk kamar tidur. Menambahkan warna merah untuk ruang makan dapat membuat warna cat sederhana menjadi lebih ceria. Warna merah diyakini paling cocok untuk ruangan yang dipakai berkumpul bersama karena bisa memancing percakapan.
Ruang Makan dengan Interior Warna Merah (Sumber: waynehomedecor.com)
 

Warna merah dianggap terlalu terang untuk kamar tidur. Menambahkan warna merah untuk ruang makan dapat membuat warna cat sederhana menjadi lebih ceria. Warna merah diyakini paling cocok untuk ruangan yang dipakai berkumpul bersama karena bisa memancing percakapan.

Meski tidak menggunakannya sebagai warna cat atau warna utama, menampilkan warna merah sebagai salah satu komponen furniture ruangan juga sama efektifnya. Hal inilah yang dilakukan oleh desainer Aa Residence.

Aa ResidenceAa Residence Karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Rumah di kawasan Cimanggis ini secara keseluruhan banyak memakai warna natural yang kalem. Namun ide brilian meletakkan sebuah lemari es warna merah terang di sudut ruang makannya membuat kesan suram langsung hilang dari sana.

Ruang Makan Warna Merah dengan Sentuhan KlasikRuang Makan Warna Merah dengan Sentuhan Klasik (Sumber: household-decoration.com)
 

Pemilihan warna merah untuk ruang makan juga memberikan kesan mewah. Apalagi jika dipadukan dengan berbagai perabotan klasik seperti ruangan di bawah ini.

Ruang Keluarga

Ruang Tamu dengan Nuansa MerahRuang Tamu dengan Nuansa Merah (Sumber: idesignarch.com)
 

Merah adalah warna yang beberapa orang anggap terlalu kuat untuk ruang keluarga mereka. Namun, itu bisa menjadi skema warna yang sangat kontemporer dan elegan dengan latar belakang berwarna putih atau terang. Desain ruang tamu ini memberi Anda beberapa gagasan tentang bagaimana menggunakan warna merah secara efektif.

Karena sangat cocok untuk tempat berkumpul dan mampu memancing terjadinya percakapan di antara orang-orang yang sedang berkumpul, ruang keluarga sangat cocok diberi sentuhan warna merah. Anda bisa mengecat dinding dengan warna merah, atau memberikan sentuhan-sentuhan merah saja. Bisa dari perabotan, atau dari warna kusen pintunya.  

Rumah di bawah ini misalnya, memilih sofa warna merah untuk menghidupkan suasana.

S+I HouseS+I House Karya Dp+Hs Architects (Sumber: arsitag.com)
 

Selat HouseSelat House Karya Das Quadrat (Sumber: arsitag.com)
 

Pintu Masuk

Pintu MerahPintu Merah (Sumber: decoist.com)
 

Banyak orang menggunakan warna merah untuk pintu depan rumah. Ada juga yang hanya memberikan sentuhan saja di bagian rumah. Menurut kepercayaan bangsa Cina, warna merah adalah warna keberuntungan. Selain memberikan kesan cerah, warna merah di pintu masuk akan menciptakan kesan yang kuat dan lekat di ingatan.

Aa ResidenceAa Residence Karya Bitte Design Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Aa Residence adalah salah satu rumah yang memberikan sentuhan warna merah meski sedikit, hampir di setiap sudut rumahnya. Selain kulkas merah di ruang makan, sang desainer juga memasang dua tiang warna merah di depan rumah.

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."