Bagaimana Cara Menciptakan Focal point Di Ruang Tamu Untuk Memukau Tamu Anda

Bagaimana Cara Menciptakan Focal point Di Ruang Tamu Untuk Memukau Tamu Anda | Foto artikel Arsitag
Coer : Dinding ruang tamu bercat biru sebagai focal point yang menampilkan keindahan lampu gantung putih dan lukisan yang unik (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Ruang tamu sebagai ruang awal sebuah rumah, tempat tuan rumah menerima tamu sekaligus menunjukkan jati diri sang pemilik rumah, sebaiknya didesain dengan baik, dengan tampilan memukau. Memukau bukan berarti harus mewah dan menampilkan barang-barang mahal, namun membuat tamu terpesona, memberi kesan dan aura positif.

Cara terbaik untuk memukau tamu adalah dengan menciptakan focal point, area atau elemen yang menjadi fokus, kesan pertama yang terus melekat dan mengidentifikasikan keunikannya. Lalu, bagaimana cara menciptakan focal point untuk memukau tamu? Bagaimana pula memposisikan focal point itu agar tidak norak dan ruang tamu tetap terlihat menawan? Berikut beberapa tips dan triknya.

1. Warna Dinding yang Tepat untuk Ruang Tamu yang Memikat

Warna abu-abu, warna alami yang memikat (Sumber: thepaintstudio.com)Warna abu-abu, warna alami yang memikat (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Kealamian warna abu-abu yang seringkali dianggap sebagai “warna mati” dan sulit dipadukan dengan warna lain, ternyata mampu menjadikan kabinet merah bata menjadi focal point di ruang tamu. Warna abu-abunya yang cenderung sedikit gelap membuat sofa tampil lebih elegan dengan warna yang lebih cerah.Dinding serba abu-abu ini tampil seimbang dengan kusen, plafon, dan pola dinding serba putih. Perpaduan warna yang tepat membuat ruang ini terkesan lebih hidup dan hangat.

2. Cermin Antik sebagai Focal point di Ruang Tamu yang Unik

2. Cermin Antik sebagai Focal point di Ruang Tamu yang Unik
Cermin besar dengan bingkai antik yang apik sebagai focal point di ruang tamu karya Studio Air Putih  (Sumber: arsitag.com)
 

Ruang tamu kontemporer ini tampil unik dengan keberadaan cermin dengan bingkai antik. Perpaduan furnitur modern dan tradisional, material modern fabric pada sofa serta material tradisional kayu gelondongan pada meja tamu dan ukiran bingkai cermin menjadikan ruang tamu ini unik, sekaligus menunjukkan kesan berpikir maju sambil tetap mempertahankan kebaikan nilai-nilai tradisi.

Semua furnitur dan focal point berpadu serasi, saling terkait dan seimbang dalam wadah ruang tamu dengan dinding dicat abu-abu dan plafond putih.

3. Plafon Putih dengan Pencahayaan yang Menawan

3. Plafon Putih dengan Pencahayaan yang Menawan
Ruang tamu dengan plafond “tray ceiling” yang menawan (Sumber: arsitag.com)
 

Plafon sebagai “langit” dalam sebuah ruang dapat menjadi aksen ruang. Bentuk plafon tidak harus datar. Plafon “tray ceiling” dengan bagian tengah yang lebih terangkat dan diberi lampu tersembunyi di sekelilingnya dapat dijadikan focal point yang menarik.

Keindahan pancaran lampu membuat ruang tampil lebih eksotis dan terlihat elegan. Apalagi jika warna lampu yang diaplikasikan berbeda dengan warna plafon. Cahaya lampu memancar keluar tapi tidak menyilaukan, menerangi ruang di bawahnya, bahkan menjadikan ruang itu lebih menawan.

4. Warna Dinding Serba Merah, Tampilan Berani yang Elegan

Accent wall warna merah yang memukau dihadirkan ACE Paints (Sumber: thepaintstudio.com)Accent wall warna merah yang memukau dihadirkan ACE Paints (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Biasanya, kebanyakan orang mencari “aman” dan memanfaatkan warna-warna netral untuk dinding supaya tidak terkesan norak dan warnanya tidak mudah pudar. Namun, dengan ACE Paints, warna-warna kontras yang berani untuk tampilan dinding “accent wall”  yang menawan bukan lagi suatu momok. Ruang tamu dengan warna merah yang memukau menjadi focal point yang menyeluruh dan membuat sofa krem muda tampil lebih menawan dan elegan.  

Jaminan warna-warna cerah lebih tahan lama, bahkan garansi seumur hidup, ditawarkan ACE Paints dengan keunggulan-keunggulan lainnya, seperti bebas VOC (Volatile Organic Compound) sehingga tidak beracun, tidak berbau, cepat kering, melekat kuat, tahan noda, dan tahan jamur.

5. Beberapa Focal point dalam Satu Ruang

Beberapa focal point dalam satu ruang (Sumber: thepaintstudio.com)Beberapa focal point dalam satu ruang (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Focal point tidak harus satu. Beberapa focal point dengan porsi seimbang dan saling mendukung akan menciptakan ruang tamu yang nyaman dan menawan. Warna-warna senada dengan gradasi cat dinding krem, cushion coklat muda, hingga sofa rotan coklat tua di atas karpet coklat membuat hijau dedaunan menjadi focal point yang alami dan menyegarkan. Cushion putih dengan motif floral menjadi focal point yang lembut tetapi tetap memikat.

Warna dinding sangat berperan menciptakan focal point yang catchy untuk ruang tamu yang memukau (Sumber: thepaintstudio.com)Warna dinding sangat berperan menciptakan focal point yang catchy untuk ruang tamu yang memukau (Sumber: thepaintstudio.com)
 

Warna berperan penting dalam menciptakan focal point, membuat sebuah bahkan beberapa elemen tampil lebih memikat. Inspirasi ruang dengan warna-warna memukau kini semakin mudah terwujud berkat kehadiran ACE Paints. Warna-warna unik bisa di-customize dengan proses tinting untuk menghadirkan keindahan di ruang tamu Anda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.



Mau bangun?