Jenis Tanaman yang Cocok untuk Menghiasi Teras Rumah Anda

Jenis Tanaman yang Cocok untuk Menghiasi Teras Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Teras pada rumah berkonsep modern, karya Erwin Kusuma, via Arsitag


 

Teras ibarat “muka” dari sebuah rumah. Layaknya sebuah muka, maka tampilan yang menarik harus bisa diperlihatkan. Teras juga selayaknya merepresentasikan bagaimana nuansa yang ingin ditampilkan sang tuan rumah kepada tamu yang datang.

Banyak yang bisa ditempatkan di teras rumah. Kebanyakan, teras biasanya berisi meja kursi outdoor sebagai ruang penerimaan bagi tamu ‘jauh’ atau yang tidak begitu dekat. Dekorasi yang ditempatkan juga beragam, salah satunya ialah tanaman.

Ya, tanaman bisa menjadi elemen dekorasi teras yang menarik. Lokasi teras yang menjadi area transisi antara ruang luar dan dalam, menjadikan lingkungannya sangat sesuai untuk tanaman. Pilihan jenis tanamannya juga menjadi beragam, dari mulai tanaman hias daun sampai yang berbunga.

Sebagai referensi, berikut beberapa jenis tanaman yang cocok untuk menghiasi teras rumah Anda.

1. Bakung lele
Desain teras rumah modern, karya Erwin Kusuma, via Arsitag

Desain teras rumah modern, karya Erwin Kusuma, via Arsitag
 

Tanaman bakung lele adalah pilihan tepat untuk Anda yang tidak ingin direpotkan dengan perawatan. Hal ini lantaran bakung lele termasuk tanaman yang bandel alias mudah tumbuh dan tidak perlu perawatan khusus.

Tanaman tanpa batang keras ini memiliki bunga putih yang indah dengan karakter daun panjang berwarna hijau cerah. Bakung lele adalah tanaman yang cocok ditanam secara rumpun, baik sebagai pembatas, pengarah, atau membentuk pola.

2. Keladi hias
Ruang teras dengan lantai dek kayu, karya Studio Air Putih, via Arsitag

Ruang teras dengan lantai dek kayu, karya Studio Air Putih, via Arsitag
 

Keladi hias, atau juga biasa disebut talas, merupakan jenis tanaman hias yang cocok untuk menghadirkan suasana tropis. Hal ini lantaran keladi hias memiliki daun yang lebar dan mengelompok dengan warna hijau yang cerah.

Tanaman ini bisa dijadikan tanaman hias teras dengan meletakkannya di sudut sebagai dekorasi dan aksen. Penggunaan pot yang sederhana sudah cukup karena daya tarik daunnya harus ditonjolkan.
 

Baca juga: Cara Mendekorasi Cafe dan Restoran Kekinian dengan Tanaman Hias Cantik
 

3. Palem phoenix
Teras rumah kontemporer, karya RAW Architecture, via Arsitag

Teras rumah kontemporer, karya RAW Architecture, via Arsitag
 

Jika teras rumah Anda terbilang cukup luas, tanaman palem phoenix patut dijadikan pilihan. Memiliki karakter bentuk yang kuat, palem yang bisa ditanam di dalam pot ini juga mudah dalam perawatan. Seperti pada desain di atas, palem phoenix sangat cantik ditempatkan di sisi kanan kiri pintu utama.

4. Calathea lutea
Desain teras tropis modern, karya Sima Creation, via Arsitag

Desain teras tropis modern, karya Sima Creation, via Arsitag
 

Rumah modern yang ingin menghadirkan kesan tropis biasanya memakai tanaman pisang kalatea atau Calathea lutea di tamannya. Ya, tanaman berdaun lebar ini memang sangat cantik dan rimbun sehingga bisa langsung memberi suasana hijau.

Pada teras, Calathea bisa ditempatkan tersusun memanjang sebagai pembatas. Jika teras masih memiliki ruang lebih, Anda dapat memadupadankan dengan pohon tabebuya kuning seperti pada desain rumah karya Sima Creation di atas.

5. Aglonema dan heliconia
Teras rumah industrial, karya TIES Design & Build, via Arsitag

Teras rumah industrial, karya TIES Design & Build, via Arsitag
 

Bagi pecinta tanaman, aglonema tentu bukan tanaman yang asing lagi. Tanaman yang sudah lama dicintai ini memang sangat cantik dijadikan tanaman hias taman dan teras. Tidak hanya di dalam pot plastik, Anda bisa juga menanam aglonema di planter box secara massal seperti pada foto di atas.

Di sisi lainnya, Anda bisa pula menempatkan tanaman hias heliconia sehingga tercipta struktur tinggi-rendah yang memanjakan mata.
 

Baca juga: Renovasi Rumah Modern dengan Sentuhan Klasik yang Manis dan Elegan
 

6. Philodendron dan monstera
Teras Proyek Pitarani House, karya Erwin Kusuma, via Arsitag

Teras Proyek Pitarani House, karya Erwin Kusuma, via Arsitag
 

Siapa tak kenal philodendron ataupun monstera. Dua tanaman ini menjadi primadona lantaran memiliki karakter daun lebar yang khas. Kesan tropis yang kuat pada dua tanaman ini menjadikannya cocok dijadikan tanaman hias teras untuk membuat teras menjadi lebih segar. Agar tetap cantik dan mengkilap, Anda harus rutin membersihkan daun tanaman ini.

Wah, ternyata tanaman hias untuk teras rumah cukup beragam, ya. Anda juga tak perlu ragu untuk memadupadankan antara dua atau lebih jenis tanaman sehingga tercipta harmonisasi yang memikat mata.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.