Renovasi Rumah Modern dengan Sentuhan Klasik yang Manis dan Elegan

Renovasi Rumah Modern dengan Sentuhan Klasik yang Manis dan Elegan | Foto artikel Arsitag

Fasad rumah modern klasik di Sunter Agung, Jakarta hasil renovasi [S] Studio, via Arsitag


 

Berencana untuk merenovasi rumah? Sesudah kurun waktu tertentu, sebuah hunian biasanya membutuhkan renovasi. Nah, renovasi rumah sekaligus menjadi kesempatan yang tepat untuk mengubah desain rumah sehingga memiliki nuansa yang berbeda. Misalnya saja dengan menambahkan sentuhan klasik seperti pada inspirasi rumah renovasi di Sunter Agung, Jakarta ini.

Tim arsitek [S] Studio melakukan perubahan-perubahan penting sehingga menghasilkan sebuah rumah modern klasik yang tampak manis dan elegan.

Elemen Dekoratif di Ruang Keluarga Rumah Modern Klasik
Sentuhan elemen dekoratif di ruang keluarga, karya [S] Studio, via Arsitag

Sentuhan elemen dekoratif di ruang keluarga, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Pada proyek renovasi ini, tim arsitek [S] Studio melakukan perubahan layout dan fungsi ruangan. Desain atap juga diubah untuk menciptakan ruangan baru dengan mengoptimalkan pencahayaan alami dan sirkulasi udara.

Selain perubahan layout dan fungsi ruang, ditambahkan pula elemen dekoratif yang menjadi salah salah satu ciri khas rumah klasik modern. Sentuhan elemen dekoratif inilah yang ditambahkan untuk ruang keluarga di rumah renovasi Sunter Agung ini. Tak berlebihan, elemen dekoratif ditambahkan pada lemari dinding. Selain itu, bingkai foto pun dipilih dengan ornamen ukiran klasik yang indah. Warna putih yang umum digunakan di rumah-rumah klasik juga mendominasi di ruang keluarga.

Anak tangga putar dengan ornamen ukiran yang elegan, karya [S] Studio, via Arsitag

Anak tangga putar dengan ornamen ukiran yang elegan, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Pada sudut ruang keluarga lainnya, tim arsitek [S] Studio menambahkan sebuah anak tangga putar yang menghubungkan ke lantai dua. Anak tangga berbahan logam ini menampilkan elemen khas rumah modern klasik berupa ornamen ukiran yang elegan.
 

Baca juga: Bagaimana Cara Membangun Rumah dengan Gaya Klasik
 

Lampu Klasik yang Memberikan Sentuhan Manis
Kap lampu klasik berbentuk sangkar, karya [S] Studio, via Arsitag

Kap lampu klasik berbentuk sangkar, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Untuk penerangan menuju ke lantai atas, tim arsitek [S] Studio menambahkan sebuah lampu dengan sentuhan kap lampu klasik. Kap lampu ini mirip sangkar yang simpel dan terbuat dari material logam. Dengan dominasi warna putih di sekelilingnya dan cahaya lampu keemasan, tentu saja sentuhan kap lampu klasik ini membuat suasana rumah jadi terasa manis!

Kamar Mandi Dengan Sentuhan Klasik yang Elegan
Lantai dan sebagian dinding kamar mandi yang menggunakan batu alam, karya [S] Studio, via Arsitag

Lantai dan sebagian dinding kamar mandi yang menggunakan batu alam, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Di rumah klasik modern ini, kamar mandi mendapat perhatian khusus. Begitu memasukinya, kesan elegan segera saja menyambut. Sentuhan klasik ditambahkan melalui penggunaan material bangunan berbahan alami pada lantai dan juga sebagian dinding kamar mandi. Adapun material yang dipilih berupa batu alam berwarna krem dengan gurat-gurat alami yang begitu khas.

Sisi lain kamar mandi dengan sentuhan klasik, karya [S] Studio, via Arsitag

Sisi lain kamar mandi dengan sentuhan klasik, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Selain penggunaan material bangunan berbahan alami, ornamen klasik juga ditambahkan pada lemari-lemari penyimpanan di kamar mandi. Lagi-lagi warna putih sebagai warna yang menjadi ciri khas desain klasik dipilih untuk furnitur dan sebagian besar dinding di kamar mandi. Kamar mandi dengan bentuk yang memanjang ini pun jadi berkesan begitu manis dan elegan.
 

Baca juga: Desain Rumah Minimalis yang Isinya Bikin Takjub
 

Sentuhan Klasik di Walk-in Closet di Rumah Modern Klasik
Lampu gantung kristal di tengah walk in closet, karya [S] Studio, via Arsitag

Lampu gantung kristal di tengah walk in closet, karya [S] Studio, via Arsitag
 

Di walk-in closet ini, tim arsitek [S] Studio memberikan sentuhan klasik yang sangat elegan. Untuk lantai walk in closet, dipilih material batu alam berwarna terang. Lantai batu alam ini dikombinasikan dengan lemari penyimpanan floor-to-ceiling warna putih bergaya klasik. Lantas, sebagai focal point ditambahkan sebuah lampu gantung kristal berukuran besar di tengah ruangan.

Nah, itulah beberapa sentuhan klasik yang manis dan elegan di rumah modern klasik hasil renovasi tim arsitek [S] Studio. Semoga beberapa sudut rumah yang ditampilkan ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang berencana melakukan renovasi dan mengubah desain rumah bergaya klasik modern!

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.