Desain Meja Kursi Outdoor Keren untuk Nongkrong Cantik di Taman

Desain Meja Kursi Outdoor Keren untuk Nongkrong Cantik di Taman | Foto artikel Arsitag

Area duduk outdoor, foto oleh Robin Wersich,via unsplash.com
 

Ruang luar alias taman adalah tempat yang menyenangkan untuk bersantai, berkumpul, hingga nongkrong. Oleh karena itu, keberadaan meja dan kursi menjadi bagian penting agar fungsi taman tersebut bisa terwujud. Namun, berbeda dengan interior, meja dan kursi untuk taman tentu memiliki spesifikasi khusus, baik desain maupun bahan material. Dari mulai gaya klasik hingga ide kreatif kekinian, berikut beberapa ide desain meja dan kursi outdoor keren untuk nongkrong cantik di taman.

1. Bangku taman lipat
Desain taman dan furnitur outdoor, karya KsAD, via arsitag.com

Desain taman dan furnitur outdoor, karyaKsAD,via arsitag.com
 

Jika Anda suka nongkrong dengan banyak teman dan makan bersama menjadi tradisinya, bangku taman lipat satu ini sangat cocok menjadi pilihan. Bisa menampung empat sampai enam orang, meja cukup luas untuk menaruh banyak makanan. Tak heran, jika bangku lipat ini akrab pula disebut sebagai picnic bench. Selain itu, karena bisa dilipat, maka bisa menghemat tempat ketika tidak digunakan.
 

Baca juga: Desain Kursi Teras Minimalis untuk Duduk-Duduk Cantik di Sore Hari
 

2. Acapulco, kursi santai desain minimalis
Kursi Acapulco, foto oleh Sonnie Hiles, via unsplash.com

Kursi Acapulco, foto oleh Sonnie Hiles,via unsplash.com
 

Nongkrong santai di taman tentunya membutuhkan kursi yang nyaman pula untuk ditempati. Lebih dari itu, desain yang menarik juga tentu akan membuat pengalaman nongkrong semakin berkesan. Salah satu pilihan kursi outdoor kekinian yang menarik ialah Acapulco. Ya, kursi yang dikenal dengan nama Acapulco ini memiliki bentuk khas yaitu seperti kerangka setengah telur. Bentuk ini sangat elegan dan cocok untuk taman minimalis. Sedangkan, untuk mejanya, kursi Acapulco bisa dipadukan dengan meja alas kayu dengan desain kaki yang senada seperti kursinya.

3. Elegan dengan meja kursi besi motif
Taman rooftop, karya Vindo Design, via arsitag.com

Taman rooftop, karyaVindo Design,via arsitag.com
 

Menciptakan tampilan yang elegan, meja kursi outdoor besi dengan motif adalah pilihan menarik. Daya tarik utama dari meja kursi ini ialah motif dari besinya itu sendiri. Pada taman rumah minimalis, keberadaan motif pada meja kursi seperti ini akan memberi visual berbeda yang lebih cantik dan menarik.Selain itu, meja kursi terlihat slim sehingga terkesan tidak makan tempat. Artinya, pilihan meja kursi besi ini cocok pula untuk taman yang berukuran kecil.

4. Kreasi bangku semen dan meja kayu
Desain taman kering, karya Dhanie & Sal, via arsitag.com

Desain taman kering, karyaDhanie & Sal,via arsitag.com
 

Membuat bangku semen lumrah dipilih untuk area taman. Selain hemat dalam pembuatannya, perawatannya pun mudah. Namun, untuk visual, biasanya struktur bangku semen seperti ini akan terlihat monoton dan kaku. Oleh karena itu, kreasi diperlukan agar bangku semen terlihat lebih menarik. Seperti apa yang dilakukan arsitek Dhanie & Sal pada foto di atas, tampak bangku dipadukan dengan meja kayu minimalis. Berkaki besi, meja kayu ini seperti menjadi pusat perhatian di antara tampilan taman kering di sekitarnya.

5. Bangku plastik motif anyaman rotan
Desain taman rumah, karya Woso Studio, via arsitag.com

Desain taman rumah, karyaWoso Studio,via arsitag.com
 

Meskipun berbahan plastik, meja kursi taman ini tetap cantik dan mewah. Bermotif anyaman rotan, pilihan warna yang tepat menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Seperti pada contoh di atas, tampak meja kursi plastik berwarna senada dengan lantai kayu dan dinding batu alam. Warna cokelat ini juga tampak harmonis dengan nuansa tropis taman sehingga kesan natural semakin kental terasa.
 

Baca juga: Cara Unik Bikin Tempat Duduk Outdoor untuk Ruang Tamu
 

6. Meja kursi rotan yang estetik
Taman D’Omah Hotel Yogya, foto oleh Hutomo Abrianto, via unsplash.com

Taman D’Omah Hotel Yogya,foto oleh Hutomo Abrianto,via unsplash.com
 

Kursi rotan memang sangat klasik dan jadul. Namun saat ini, pilihan desainnya sangat beragam dan kekinian. Lihat saja konsep desain meja kursi outdoor di salah satu hotel di Jogja pada foto di atas. Tampak desain meja kursi taman berbahan rotan tersebut tampil estetik nan elegan. Desainnya pun cocok diaplikasikan untuk berbagai konsep taman.

Banyak pilihan meja kursi outdoor keren di sekitar kita, bukan? Yang terpenting, pastikan bahwa desain meja kursi outdoor yang dipilih bisa menunjang bahkan meningkatkan keindahan taman. Fungsi kenyamanan dan keamanan juga harus dikedepankan agar pengalaman nongkrong semakin seru.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.