Cara Unik Bikin Tempat Duduk Outdoor untuk Ruang Tamu

Cara Unik Bikin Tempat Duduk Outdoor untuk Ruang Tamu | Foto artikel Arsitag

Outdoor seatingkaryaHan Awal & Partners,via arsitag.com

Setiap rumah tentu memiliki ruang untuk menjamu tamu. Di Indonesia sendiri, ruang tamu umumnya tersedia di dalam rumah. Namun, banyak pula rumah yang menyediakan ruang tamu di luar ruangan seperti teras atau pekarangan.

Tidak seperti ruang tamu indoor, ruang tamu outdoor tentu membutuhkan perlakuan khusus, terutama dari pemilihan tempat duduk dan posisinya. Iklim dan cuaca di Indonesia menjadi alasan utama mengapa perlu perhatian khusus ini. Bayangkan, jika Anda meletakkan sofa di ruang tamu outdoor, lalu tiba-tiba turun hujan. Atau meletakkan kursi di taman tanpa naungan, lalu ada tamu datang ketika siang bolong.

Lantas, kira-kira bagaimana cara bikin tempat duduk ruang tamu berkonsep outdoor yang unik namun tetap nyaman? Berikut beberapa referensinya.

1. Kursi kayu lipat di teras Kecil
Desain teras, karya Tekturaworkshop, via arsitag.com

Desain teras, karyaTekturaworkshop,via arsitag.com
 

Pemilihan kursi tentu harus menyesuaikan luasan area ide ruang duduk outdoor. Bagi Anda yang menjadikan teras kecil untuk ruang tamu, memilih kursi kayu lipat bisa menjadi solusi. Secara bentuk, kursi lipat seperti ini terlihat slim, sehingga tidak memakan tempat. Selain itu, karena bisa dilipat, kursi bisa dengan mudah disimpan ketika teras ingin difungsikan untuk keperluan lain.

2. Nuansa teduh dan asri
Desain ruang tamu outdoor, karya MIV Architects, via arsitag.com

Desain ruang tamu outdoor, karyaMIV Architects,via arsitag.com
 

Menghadirkan nuansa teduh dan asri tentu bisa dilakukan jika ruang tamu bertema outdoor. Nuansa tersebut dapat dihadirkan melalui penataan tanaman, agar ruang tamu menjadi layaknya taman yang nyaman untuk ditempati. Agar tetap teduh, Anda bisa menempatkan pergola yang ditumbuhi tanaman rambat.
 

Baca juga: Ide Konsep Desain Taman Cantik di Sekeliling Kolam Renang Rumah Anda
 

3. Kesan akrab di bawah pergola
Courtyard karya MIV Architects, via arsitag.com

Courtyard karyaMIV Architects,via arsitag.com
 

Menerima tamu di ruang outdoor sering kali diasosiasikan untuk tamu yang kurang dekat. Tetapi, bagaimana jika tempat duduk di ruang tamu outdoor-nya berkonsep seperti karya MIV Architects di atas? Konsep tempat duduk di bawah pergola dengan kursi pola melingkar, akan memberi kesan akrab dan hangat. Apalagi, jika tempat duduk dikelilingi oleh nuansa hijau yang asri, tentu tamu akan betah dan nyaman.

4. Bangku kayu lipat di bawah pohon rindang
Desain ruang duduk outdoor, karya Aditya Wijaya, via arsitag.com

Desain ruang duduk outdoor, karyaAditya Wijaya,via arsitag.com
 

Memberi kenyamanan ketika menerima tamu di luar ruang tentu menjadi kendala tersendiri ketika cuaca panas. Namun, jika Anda memiliki pohon yang rindang di pekarangan, Anda bisa memanfaatkannya. Ide ruang duduk outdoor menggunakan bangku kayu menjadi pilihan tepat untuk memberi kesan lebih santai, tetapi tetap intim. Konsep seperti ini juga cocok untuk kaum milenial, karena bisa memberi kesan cozy layaknya di kafe.

5. Tempat duduk di teras tradisional
Desain teras karya Aditya Wijaya, via arsitag.com

Desain teras karyaAditya Wijaya,via arsitag.com
 

Mengingatkan pada suasana ala rumah nenek, Anda yang memiliki rumah berkonsep tradisional tentu memiliki teras yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu. Konsep tradisional ini biasanya erat dengan penggunaan furnitur berbahan alami seperti kayu atau rotan. Bahkan, agar tampil unik dan berbeda, Anda bisa berkreasi membuat kursi dari bekas potongan batang pohon.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Pintu yang Menghadap ke Taman atau Patio Rumah
 

6. Kursi di gazebo modern minimalis
Desain gazebo minimalis modern di pinggir kolam ikan, karya Jettaliving, via arsitag.com

Desain gazebo minimalis modern di pinggir kolam ikan, karyaJettaliving,via arsitag.com
 

Gazebo memang sangat bermanfaat untuk memberi naungan ketika beraktivitas di taman rumah. Jika biasanya gazebo di pasaran berkonsep tradisional, Anda yang memiliki rumah modern dapat membuat gazebo yang lebih minimalis seperti pada karya Jettaliving di atas. Gazebo minimalis modern ini bahkan sangat cocok difungsikan sebagai tempat duduk ruang tamu outdoor.

Terbukti, bikin tempat duduk untuk ruang tamu outdoor tidak sulit, bukan? Anda bahkan dapat bebas menggali kreativitas diri untuk membuat tempat duduk di ruang tamu yang lebih unik dan ekslusif. Selamat berkreasi!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.



Hubungi ARSITAG