Mengapa Desain Rumah Perlu Ventilasi Silang?

Mengapa Desain Rumah Perlu Ventilasi Silang? | Foto artikel Arsitag
Pentingnya ventilasi silang di rumah Anda // Delution
 

Ventilasi adalah bagian yang penting dari sebuah rumah. Fungsi ventilasi tidak hanya melancarkan sirkulasi udara untuk penghuninya, udara yang cukup juga bermanfaat menjaga keseimbangan suhu dan kelembapan di dalam rumah. Hal ini pula yang akan mempengaruhi material bangunan mampu bertahan lebih lama. Salah satu sistem ventilasi yang dianggap paling baik untuk rumah adalah ventilasi silang.

Pengertian ventilasi silang adalah sistem sirkulasi udara dengan cara membuat bukaan-bukaan di bagian tertentu dari bangunan, agar udara bisa mengalir dengan baik. Bukaan ini dapat berupa pintu maupun jendela. Sistem ini akan menjaga kualitas udara dan suhu di dalam rumah melalui sirkulasi udara yang lancar.

Alasan kenapa sistem ventilasi silang dianggap penting bagi kualitas suhu ruangan karena memungkinkan udara mengalir dari dan ke luar ruangan secara berkelanjutan. Sehingga, tidak ada pengendapan di dalam ruangan. Udara akan masuk melalui satu jendela dan langsung mengalir keluar melalui jendela lain yang berada di seberangnya. Inilah pentingnya peletakan posisi bukaan yang saling berhadapan agar memastikan aliran udara tidak tersendat. Contoh ventilasi silang bisa Anda lihat melakui skema di bawah ini.

Contoh skema ventilasi silang pada bangunan // archdaily.com

Contoh skema ventilasi silang pada bangunan // archdaily.com
 

Lantas, apa saja manfaat penting yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan sistem ventilasi silang ini?

Meminimalisasi Penggunaan AC
Ventilasi silang bermanfaat meminimalisasi penggunaan AC // Eben

Ventilasi silang bermanfaat meminimalisasi penggunaan AC // Eben
 

Memasang AC mungkin adalah cara paling mudah untuk menjaga suhu dan kualitas udara di dalam rumah. Namun, AC tentunya menghabiskan energi dan biaya listrik yang tidak murah. Saat inilah memasang ventilasi secara silang dapat terasa fungsi optimalnya. Salah satu alasan pentingnya ventilasi silang lantaran dapat meminimalisasi penggunaan AC di dalam rumah. Apalagi, sangat cocok diterapkan apabila Anda berencana tak memerlukan alat pendingin tambahan, karena sudah ada ventilasi alami.

Baca juga: 8 Desain Pergola Minimalis untuk Rumah Nyamanvia Kompas.com
 

Cahaya Matahari Lebih Mudah Masuk ke Dalam Rumah
Ventilasi silang sebagai sumber cahaya di dalam rumah // Segatama Lestari

Ventilasi silang sebagai sumber cahaya di dalam rumah // Segatama Lestari
 

Skema ventilasi silang yang menggunakan jendela-jendela dengan bukaan besar juga memungkinkan rumah mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Seperti yang kita ketahui, cahaya matahari langsung memiliki banyak sekali manfaat kesehatan maupun psikologis. Pancaran sinar matahari alami membantu Anda dan keluarga yang tinggal di dalam rumah dapat hidup lebih sehat. Hematnya lagi, jendela yang besar pun menyediakan sumber cahaya yang cukup di siang hari, sehingga Anda tak memerlukan lampu listrik.

Baca juga: Bosan dengan Suasana Kamar Tidur Anda? Saatnya Mendekorasi Ulang
 

Penghematan Biaya
Penggunaan ventilasi silang dapat menghemat pengeluaran // pinterest.com

Penggunaan ventilasi silang dapat menghemat pengeluaran // pinterest.com
 

Selama ini kita memang sudah sangat bergantung pada tenaga listrik. Padahal, pemerintah sudah menganjurkan kita untuk berhemat karena sumber energi kita terbatas. Dengan menggunakan sistem ventilasi silang, Anda tak perlu khawatir pegeluaran biaya listrik yang membengkak akibat penggunaan AC dan lampu yang berlebihan.

Lantas bagaimana cara menerapkan ventilasi silang yang ideal untuk rumah Anda?

  • Standar ideal. Ukuran bukaan ventilasi seharusnya sesuai dengan luas ruangan. Arsitek Tiffa Nur Latiffa menyebut bahwa Standar Nasional Indonesia (SNI) menyarankan bukaan termasuk untuk jalan masuk cahaya ke rumah minimal 20% dari luas lantai ruangan. Lubang ventilasi jendela minimal 5% dari luas ruangan.
  • Meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Ventilasi silang yang baik haruslah bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah. Ini akan mendukung gaya hidup produktif dan sehat bagi semua penghuninya. Selain berhemat, keberadaan ventilasi silang juga akan meminimalisasi zat-zat kimia yang berada di dalam rumah berkurang. Ini akan mengurangi kelembapan yang memicu munculnya jamur.

Oleh karena pemasangan ventilasi silang yang ideal memerlukan analisis zona udara dalam sebuah bangunan, ada baiknya Anda mempertimbangkan jalur angin yang melewati rumah. Bila perlu, Anda dapat berdiskusi dengan tenaga ahli profesional untuk mengetahui posisi jendela yang paling tepat di rumah Anda.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."