Inspirasi Renovasi Kamar Tidur dengan Gaya Mid-Century Modern yang Elegan

Inspirasi Renovasi Kamar Tidur dengan Gaya Mid-Century Modern yang Elegan | Foto artikel Arsitag
Kamar tidur bergaya mid-century modern //dwell.com
 

Gaya desain mid-century modern mengacu pada gaya desain pertengahan abad 20, atau sekitar antara tahun 1930-an hingga 1970-an. Gaya desain ini dikenal memiliki karakter sederhana dan terintegrasi dengan alam. Penampakan bangunan yang menerapkan gaya mid century modern umumnya memiliki atap datar, jendela kaca besar, pintu kaca geser, serta tampilan garis geometris yang teratur jelas.

Penerapan gaya desain mid-centurymodern tentunya dapat diaplikasikan pada seluruh area rumah, termasuk kamar tidur. Buat Anda penyuka permaianan warna yang fleksibel, padu padan material dan tekstur, serta pola-pola organik dan geometris, inspirasi berikut ini akan sangat menarik untuk Anda terapkan dalam rangka mendapatkan kamar tidur dengan gaya mid-century modern.

Kamar Tidur Mid-Century Modern yang Sederhana dalam Balutan Warna Lembut
Kamar tidur bergaya mid-century modern warna lembut, karya Charles Dubois // curbed.com

Kamar tidur bergaya mid-century modern warna lembut, karya Charles Dubois // curbed.com
 

Ide kamar tidurmid-century modern yang pertama akan memberikan kesan nyaman begitu Anda memasukinya. Kamar tidur ini didesain begitu sederhana. Jendela kaca besar menjadi sorotan utama yang memberikan pandangan langsung ke luar rumah. Kamar yang dibalut dengan warna-warna lembut seperti hijau olive dan mustard menjadi faktor yang memancarkan rasa nyaman. Tidak banyak dekorasi yang diperlukan, mengingat pemandangan di luar jendela sudah sangat menawan.

Kamar Tidur yang Terintegrasi dengan Alam
Kamar tidur bergaya mid-century modern yang kaya unsur alam // homedit.co

Kamar tidur bergaya mid-century modern yang kaya unsur alam //homedit.co
 

Desain kamar tidur mid-century modern yang berikutnya terlihat sangat menyatu dengan alam. Tekstur alam coba dihadirkan secara autentik melalui wallpaper dengan motif pepohonan berwarna gelap, serta  kerut-kerutan pada selimut yang juga berwarna gelap. Elemen-elemen kamar terlihat saling berinteraksi dengan pepohonan yang berada tepat di luar jendela kaca kamar tidur.

Baca juga: Saat Klasik dan Kontemporer Berpadu di Rumah Mewah yang Bikin Betahvia Liputan6.com
 

Dominasi Warna Tanah yang Nyaman dan Mempesona
Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan warna earthy tone // homedit.com

Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan warna earthy tone //homedit.com
 

Ada tips agar dominasi warna netral earthy tone dalam kamar mid-century modern jauh dari kesan membosankan. Keseragaman desain dan bentuk kaki penyangga berupa tapered leg pada tempat tidur dan lemari kecil memberikan kesan ringan. Ditambah, penggunaan karpet bulu berwarna putih memberikan tekstur untuk kesan nyaman pada ruangan. Kemudian, pola batu bata pada dinding kamar tidur menjadi backdrop yang menyempurnakan tampilan kamar.

Maksimalkan Penggunaan Bahan Alam
Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan sentuhan unsur kayu // blog.modsy.com

Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan sentuhan unsur kayu //blog.modsy.com
 

Salah satu elemen yang sering dipakai interior mid-century modern adalah bahan alam terutama kayu. Jangan ragu untuk memasukkan elemen ini ke dalam setiap aspek ruangan, seperti yang ada dalam kamar tidur ini. Lantai kayu, tempat tidur, serta headboard terbuat dari bahan kayu asli yang memberi kesan hangat pada kamar tidur. Sebuah kursi di sisi tempat tidur memiliki aspek fungsional dan dekoratif pada saat yang bersamaan. Model anyaman serta warna kursinya serupa dengan warna kayu asli pada headboard.

Permainan Pola dan Bentuk Geometris
Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan permainan pola cantik warna biru // blog.modsy.com

Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan permainan pola cantik warna biru //blog.modsy.com
 

Ciri khas desain mid-century modern yang juga dapat diterapkan saat Anda mendesain kamar tidur adalah pola dan bentuk geometris. Anda dapat menggunakan pola dan bentuk geometris dalam berbagai aspek. Mulai dari wallpaper, lukisan, pola pada sarung bantal, karpet, penerapan pola sebagai dinding aksen, ataupun gorden.

Baca juga: Na Residence: Rumah Kekinian dengan Desain Interior Mid-century Modern yang Elegan
 

Berikan Sentuhan Retro yang Chic
Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan sentuhan retro // decoratedlife.com

Kamar tidur bergaya mid-century modern dengan sentuhan retro //decoratedlife.com
 

Jangan halangi selera Anda untuk menambahkan sentuhan gaya lain ke dalam desain mid-century modern. Misalnya saja, gaya retro. Anda dapat melakukannya dengan menambahkan furnitur ataupun elemen tertentu yang memiliki ciri khas retro. Kamar tidur satu ini memiliki semua karakteristik dari gaya mid-century modern seperti elemen kayu untuk hampir seluruh bagian ruangan, dan tentu saja jendela kaca besar. Sentuhan retro sendiri datang dari kursi gantung telur yang merupakan sebuah ikon dari era retro, plus deretan karya seni dengan bingkai metal.

Yang perlu Anda ingat, tahap yang memegang peran penting adalah ketika memilih furnitur. Pastikan Anda telah menentukan furnitur yang mendukung gaya mid century modern secara tepat. Bahkan, cukup satu sentuhan furnitur saja dapat memberi dampak yang signifikan untuk menyempurnakan tampilan mid century modern. Sofa dengan warna kontras, karpet motif geometris, ataupun lampu gantung dengan bentuk unik, akan memperkuat tekstur secara dramatis. Selamat mencoba!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rahayu Lestariasih

Seorang Penulis lepas selama lebih dari 5 tahun dan telah menulis berbagai jenis artikel dengan topik yang berbeda. Menyukai dunia freelance yang dinamis