Cara Mendesain Jendela Rumah Minimalis yang Elegan

jendela rumah minimalis

Sebagai bagian dari elemen arsitektural, fungsi utama jendela adalah sebagai elemen pencahayaan dan penghawaan. Dalam perkembangannya, jendela bisa mempunyai fungsi lain yang tidak bisa dipisahkan dari desain ruang dan bangunan secara keseluruhan. Desain jendela yang baik harus menyatu dan mendukung elemen lainnya, baik interior maupun eksterior. Desain jendela juga harus mampu berkolaborasi dengan elemen lainnya untuk meningkatkan nilai fungsi dan estetis desain.

Pada rumah minimalis, desain jendela yang ada harus mampu mendukung konsep minimalis yang diusung. Kesederhanaan desain jendela minimalis akan berfungsi optimal sambil tetap bersahaja dan elegan. Desain jendela yang optimal dan indah di TJ_House karya Studio Air Putih menjadi bukti desain jendela yang elegan dan menggugah rasa ingin tahu.Bagaimana cara mendesain jendela pada rumah minimalis? Bagaimana cara agar jendela itu berfungsi dengan baik sekaligus tampak elegan?

1. Berfungsi ganda dengan optimal

IK_House di Pondok Indah, Jakarta karya Studio Air Putih tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Jendela di kamar tidur IK_House  berfungsi ganda sebagai jendela sekaligus dinding. Desain jendela seperti ini memberikan kesan terbuka dan keleluasaan.  Studio Air Putih secara cerdik membuat ‘dinding tanaman’ di depan dinding jendela. Alhasil, suasana asri bisa dirasakan dari dalam kamar. Sebuah desain sempurna untuk menyatukan indoor dan outdoor.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis dengan Inspirasi Elegan

2. Jendela sumbu tengah

W_House di Tulodong, Jakarta karya Studio Air Putih (Sumber: arsitag.com)

Desain jendela sumbu putar memberi kesan lain dari yang lain. Kesan elegan akan didapat, begitu pula fungsinya yang sekaligus bisa menjadi pintu.  Arah bukaan juga bisa disesuaikan dengan arah angin, demikian juga besar bukaannya. Jadi, akan mudah menyesuaikannya saat membutuhkan angin sepoi-sepoi dari arah Utara ataupun angin kencang dari Timur Laut.

Baca juga: 75 Model Desain Rumah Minimalis Sederhana Tapi Mewah Dan Indah

3. Jendela sumbu samping  

Trimmed Reform House di Rawa Buntu, Serpong, karya SUB tahun 2013 (Sumber: arsitag.com)

Pakaian yang pas di badan menginspirasi ide unik untuk bentuk bangunan Trimmed Reform House. Sebagai rumah yang berada di lingkungan tropis, rumah ini membutuhkan jendela yang mampu memasukkan cahaya matahari pagi yang menyehatkan dan desain yang elegan agar rumah tampak indah. Itulah sebabnya,  SUB merancang ukuran jendela yang cukup besar bersumbu / engsel samping, dengan tetap memperhatikan segi privasi dan keindahan desain.  

4. Jendela memanjang

RS House di Alam Sutera, Tangerang karya AXIALSTUDIO tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Jendela memanjang dengan kusen dicat hitam menjadi aksen bagi kamar tidur di RS House yang didominasi putih dan coklat lantai kayu. Ukuran jendela disesuaikan dengan kebutuhan pencahayaan, tingkat privasi dan sudut pandang dari dalam dan luar ruang.

5. Jendela geser

MM House di Permata Buana, Jakarta karya Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon tahun 2012 (Sumber: arsitag.com)

Jendela geser berukuran besar setinggi dinding memungkinkannya berfungsi ganda sebagai pintu. Perhatikan ukuran jendela yang akan digeser agar saat dibuka penuh bisa menyatu sempurna dengan jendela mati yang ada di sampingnya.

6. Jendela lipat

Splow House di Jakarta karya Delution Architect tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Jendela lipat menjadi solusi kebutuhan bukaan besar di ruang yang sempit. Lagi-lagi, jendela seperti ini bisa berfungsi ganda sebagai pintu. Splow House yang hanya berukuran lebar 6 m, mampu mencukupi kebutuhan pencahayaan serta penghawaannya dengan jendela / pintu kaca lipat selebar 1,5 m.  

Baca juga: Desain Interior Rumah Mungil Kekinian Yang Sederhana Tapi Elegan

7. Jendela pada sudut  

Sutorejo House di Surabaya karya Das Quadrat tahun 2015 (Sumber: arsitag.com)

Jendela berukuran besar yang dipasang di sepanjang dinding bahkan di sudut, akan tampak sangat elegan karena meniadakan dinding tembok, dan membuat ruang terkesan ringan. Ruang dengan jendela seperti ini akan tampil maksimal dan elegan dengan sistem tata lampu yang tepat.

8. Jendela di sepanjang dinding

IK_House karya Studio Air Putih tahun 2016 (Sumber: arsitag.com)

Jendela / dinding kaca memberikan kebebasan pandangan. Studio Air Putih memanfaatkan keunggulan ini untuk memberikan view kolam renang dan pencahayaan untuk ruang di dalam IK_House. Namun, perlu diingat bahwa pemasangan jendela harus memperhatikan ketebalan dan kekuatan struktur penahan jendela. Sediakan pula ruang untuk pemuaian kaca agar kaca tidak pecah.

9. Jendela sebagai pembatas ruang

W_House karya Studio Air Putih tahun 2008 (Sumber: arsitag.com)

W_House menuangkan inspirasi jendela dalam arti lebih luas. Ruang kerja yang dibatasi dinding kaca berfungsi sebagai perluasan pandangan agar tidak terkungkung, namun tetap memberikan batasan ruang yang jelas, privasi serta kenyamanan untuk bekerja.

Sebuah karya arsitektural akan menjadi elegan jika mampu berfungsi optimal sambil mengapresiasikan dirinya dengan desain yang unik. Demikian juga, desain jendela rumah minimalis yagng muncul dari keorisinilan ide yang kreatif untuk mengoptimalkan fungsinya, akan tampil dengan elegan. Jadi, terus bukalah pikiran, kembangkan kreatifitas, dan dapatkan ide unik untuk mendesain jendela rumah minimalis yang elegan.

Baca juga:

Konsep Desain Rumah Minimalis

Bagaimana Cara Menggambar Denah Rumah Minimalis

Mengenal Lebih Dalam Desain Rumah Arsitektur Minimalis Modern

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram