Kenalan dengan Arsitektur dan Desain Minimalis: Definisi, Sejarah, Ciri, dan Contohnya

Kenalan dengan Arsitektur dan Desain Minimalis: Definisi, Sejarah, Ciri, dan Contohnya | Foto artikel Arsitag

Desain rumah minimalis karya Studio Air Putih via Arsitag, all rights reserved

Pasti Anda sudah sangat familiar dengan desain minimalis kan?

Namun, tahukah Anda apa yang dimaksud dengan desain minimalis itu sebenarnya?

Definisi Desain Minimalis

Pengertian Desain Minimalis yang Keliru

Walaupun sudah sangat dikenal ternyata masih banyak orang yang keliru tentang definisi desain minimalis. Kekeliruan yang paling besar adalah tentang desain minimalis yang identik dengan rumah sederhana yang dibangun dengan budget minimal. Pahadal, minimalis adalah sebuah gaya desain yang dapat diaplikasikan pada hunian sederhana maupun rumah mewah.

Desain interior rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Desain interior rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Tak hanya itu, orang juga kerap mengganggap rumah atau bangunan minimalis memiliki luas yang terbatas serta penggunaan furnitur yang dibatasi. Hal ini tentu saja kurang tepat. Bangunan minimalis juga bisa memiliki luas yang besar, lho.

Pada intinya, minimalis lebih mengutamakan fungsi dan penggunaan furnitur yang penting serta fungsional.

Pengertian Desain Minimalis yang Tepat

Dalam konsep desain minimalis, hanya kebutuhan paling mendasar yang dihadirkan. Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Ornamen yang tidak ada fungsinya cenderung dihindari.

Desain ruang tamu rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Desain ruang tamu rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Dalam konsep desain arsitektur minimalis, desain digunakan untuk menyampaikan pesan kesederhanaan. Bentuk-bentuk dasar geometris, tidak adanya hiasan, penggunaan bahan-bahan yang sederhana, dan pengulangan struktur merupakan ciri khas minimalis.

Pencahayaan yang alami membuat bangunan terlihat sederhana dan bersih. Arsitek minimalis mempunyai motto “listen to figure”, yang mencari esensi kesederhanaan dengan menemukan kembali kualitas berharga dalam bahan yang sederhana dan umum.

Gaya Hidup Minimalis

Ada kaitannya nggak sih desain minimalis dengan gaya hidup minimalis?

Jawabannya bisa iya dan tidak. Kebanyakan orang dengan gaya hidup minimalis memang menggunakan desain minimalis untuk rumahnya. Namun, banyak juga orang yang hanya menyukai desain minimalis, tetapi tidak menjalankan gaya hidup minimalis.

Lalu sebenarnya apa itu gaya hidup minimalis?

Gaya hidup minimalis atau minimalism adalah gaya hidup yang berfokus untuk meminimalkan gangguan yang bisa menghalangi seseorang untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting.

Menurut Joshua Becker, seorang penulis buku Becoming Minimalist, gaya hidup minimalis berfokus pada hal-hal yang bisa membuat seseorang bahagia dan menghilangkan yang tidak membawa kebahagiaan.

Desain kamar mandi minimalis karya Studio Tonton via Arsitag

Desain kamar mandi minimalis karya Studio Tonton via Arsitag

Seseorang dengan gaya hidup ini lebih mementingkan hal-hal yang mereka butuhkan, walaupun tidak banyak, tetapi berkualitas.

Namun, gaya hidup minimalis bersifat sangat personal, setiap orang yang menjalankannya punya penerapan yang berbeda tergantung pada pola pikir dan kepribadian masing-masing.

Sejarah Desain Minimalis

Tren Desain Abad ke-19

Minimalis sendiri menjadi tren pada awal abad ke-19 dan menjadi gerakan penting akibat respon dari gaya arsitektur sebelumnya yang lebih banyak menggunakan unsur dekorasi dan ornamen.

Para desainer rumah minimalis berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional dalam desain arsitektur.

Dipopulerkan oleh Arsitek Dunia

Gambar foto Mies van der Rohe Pavillon via Wikimedia

Gambar foto Mies van der Rohe Pavillon via Wikimedia

Di London dan New York, desain arsitektur rumah minimalis modern mulai populer di akhir 1980-an. Para arsitek dan perancang busana mencoba untuk menciptakan konsep kesederhanaan (simplicity) dengan menggunakan elemen putih, pencahayaan yang terkesan dingin, ruang yang besar dengan objek dan furnitur yang minimum.

Arsitek Ludwid Mies van der Rohe dan Le Corbusier adalah dua arsitek yang memberikan pengaruh terbesar dalam dinamika arsitektur minimalis.

Pengaruh Desain Skandinavia

Gambar Scandinavian House via Pixabay

Gambar Scandinavian House via Pixabay

Desain Skandinavia mengutamakan pada penggunaan bahan alami seperti kayu, warna yang netral, serta desain ruang terbuka yang mampu memberikan kesan luas. Hal utama dari desain ini adalah pemanfaatan sinar matahari ke dalam ruangan.

Nah, ciri khas utama dari konsep desain Skandinavian ini kerap diidentikan dengan desain minimalis karena kesederhanaan yang ditampilkan.

Pengaruh Filosofi Zen Jepang

Rumah minimalis karya Studio Tonton via Arsitag

Rumah minimalis karya Studio Tonton via Arsitag

Ide mengenai kesederhanaan sebenarnya muncul di berbagai budaya, terutama di Jepang dengan budaya Zen.

Orang Jepang memanipulasi budaya Zen ke dalam estetika dan desain bangunan mereka. Ide mengenai arsitektur Jepang ini mempengaruhi budaya Barat terutama Amerika sejak pertengahan abad ke-18, dan juga menginspirasi munculnya arsitektur minimalis di abad ke-19.

Konsep kesederhanaan Zen ini banyak berbicara mengenai ide kebebasan dan esensi hidup. Kesederhanaan tidak hanya dilihat dari nilai estetisnya saja, tetapi juga dari persepsi moral objek dan bahan.

Prinsip estetika Jepang lainnya yaitu Ma mengacu pada ruang kosong dan terbuka. Konsep ini menghilangkan semua dinding internal yang tidak perlu dan membuka ruang antara interior dan eksterior. Frank Lloyd Wright terinspirasi oleh pintu geser (sliding door) di Jepang yang memungkinkan elemen eksterior masuk ke interior rumah.

Diminati Banyak Orang di Seluruh Dunia

Desain rumah minimalis modern karya Rakta Studio via Arsitag

Desain rumah minimalis modern karya Rakta Studio via Arsitag

Tak hanya di Indonesia, desain rumah minimalis juga menjadi tren yang terus digemari dan berkembang di seluruh dunia.

Alasan utamanya adalah karena konsep desain minimalis lebih mengutamakan fungsi dan dapat memberi nilai tambah pada properti. Hal ini kerap menjadi fokus bagi kebanyakan orang yang lebih menginginkan kesederhanaan di dalam rumah setelah sibuk beraktivitas di luar.

Selain itu, desain minimalis juga mampu memberikan efek tenang melalui ruang yang dirancang dengan bersih dan rapi.

Ciri Desain Minimalis

Kesederhanaan dan Kemurnian Bentuk

Desain rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Desain rumah minimalis karya Rakta Studio via Arsitag

Ciri utama dari desain minimalis modern terletak pada kesederhaan dan kemurnian dari bentuk bangunan.

Beberapa ciri khas yang akan Anda temui antara lain: bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut façade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.

Fungsional dan Praktis

Desain rumah minimalis biasanya dilengkapi dengan furnitur yang fungsional dan praktis. Setiap furnitur yang ada harus memiliki fungsi yang jelas sehingga tidak ada ruang yang terbuang.

Bentuk furniturnya pun cenderung tidak terlalu besar dan tidak memiliki banyak dekorasi atau aksen yang berlebihan. Furnitur ini mampu menonjolkan fungsi dengan menggunakan space seminimal mungkin.

Warna Monokrom dan Natural

Umumnya, gaya minimalis menggunakan warna monokrom atau warna natural seperti warna putih, hitam, abu-abu, krem, atau cokelat kayu. Warna-warna monokrom mampu membuat ruangan terlihat lebih cerah, bersih, dan lapang. Warna netral ini juga mampu memberikan kesan elegan dan mewah pada ruangan, lho.

Desain interior hunian minimalis dengan warna netral karya Rakta Studio via Arsitag

Desain interior hunian minimalis dengan warna netral karya Rakta Studio via Arsitag

Ruang Terbuka yang Minim Sekat

Interior minimalis tidak memiliki banyak sekat atau pembatas karena dapat mempersempit ruang. Pada rumah minimalis Anda akan banyak melihat penggabungan beberapa fungsi ruang seperti ruang makan, dapur, ruang tamu, atau ruang keluarga.

Banyak Bukaan

Ciri khas lain dari desain minimalis adalah penggunaan kaca jendela yang maksimal. Jendela ini berfungsi agar udara dan cahaya matahari dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah. Banyaknya cahaya matahari alami akan mengurangi tingkat kelembapan di dalam rumah serta membuat ruangan selalu cerah dan lapang.

Contoh Desain Arsitektur Minimalis Dunia

Farmsworth House

Farnsworth House, foto oleh Victor Grigas via Wikipedia

Farnsworth House, foto oleh Victor Grigas via Wikipedia

Salah satu rumah dengan gaya modern minimalis yang terkenal adalah Farnsworth House.

Farnsworth House merupakan rumah pribadi milik dr. Edith Farnsworth yang merupakan seorang ahli penyakit ginjal. Rumah yang didesain oleh Ludwig Mies van der Rohe ini disebut sebagai karya paling penting dari arsitektur abad 20.

Rumah tinggal yang hanya memiliki satu kamar tidur ini didesain menggunakan baja dan kaca. Sekarang rumah ini telah dimiliki oleh National Trust for Historic Preservation dan digunakan sebagai museum.

Pulitzer Art Foundation

Pulitzer Art Foundation, foto oleh Garfield266 via Wikipedia

Pulitzer Art Foundation, foto oleh Garfield266 via Wikipedia

Pulitzer Art Foundation adalah museum seni di St. Louis, Missouri. Selesai tahun 2001, museum ini menjadi bangunan publik pertama di Amerika Serikat yang dirancang oleh Tadao Ando, arsitek ternama Jepang yang pernah memenangkan penghargaan Pritzker Architecture Prize pada tahun 1995.

Philip Johnson's Glass House

Philip Johnson Glass House via Pixabay

Philip Johnson Glass House via Pixabay

Glass House atau rumah kaca yang didesain oleh Philip Johnson ini dianggap sebagai arsitektur modern pertama yang paling cemerlang. Didesain untuk dirinya sendiri di tanah seluas 47 hektar di New Canaan, Connecticut, desain rumah ini terlihat sangat sempurna dengan kesederhanaannya.

Rumah satu lain ini memiliki denah lantai terbuka yang dilapisi dengan lembaran kaca dan rangka baja hitam. Panel kaca menciptakan pantulan alami pemandangan dari pohon-pohon di sekitar rumah. Bagian dalam rumah hampir seluruhnya dapat terlihat dari luar kecuali area kamar mandi yang ditutupi oleh batu bata berbentuk silinder.

Contoh Desain Arsitektur Minimalis di Indonesia

Desain Rumah Minimalis Mo House

Inspirasi rumah minimalis warna putih dan abu-abu karya Dform di Jakarta via Arsitag

Inspirasi rumah minimalis warna putih dan abu-abu karya Dform di Jakarta via Arsitag

Contoh desain rumah minimalis yang menarik di Indonesia adalah Mo House karya Dform yang satu ini.

Fasad rumah tinggal berbentuk persegi dengan atap segitiga ini terlihat unik karena tertutup sepenuhnya tanpa ada jendela. Fasad yang tertutup berfungsi untuk melindungi privasi penghuni serta memberikan rasa aman.

Keseluruhan interior Mo House didesain dengan warna putih yang clean. Penambahan skylight di dalam rumah membuat ilusi ruangan yang lebih luas karena elemen cahaya alami dapat masuk dengan leluasa.

Walaupun terkesan ‘mentah’ tanpa banyak dekorasi, rumah ini tetap nyaman dan estetik dengan penggunakan furnitur fungsional dan elegan.

Zen House 

Inspirasi rumah minimalis karya Monokroma Architect via Arsitag

Inspirasi rumah minimalis karya Monokroma Architect via Arsitag

Penghuni rumah awalnya ingin merenovasi untuk memberikan sirkulasi udara dan cahaya alami yang lebih banyak ke dalam rumah. Nah, hal ini diwujudkan dengan membuat taman mungil di tengah-tengah hunian.

Tak hanya memungkinkan cahaya alami untuk masuk ke seluruh sudut ruangan, taman ini juga menjadi pusat yang membuat rumah menjadi semakin nyaman. Penambahan taman ini pun membuat ruangan terasa lebih intim, hangat, dan sehat.

Rumah Minimalis Modern Splow House

Desain interior rumah minimalis di Jakarta karya Delution via Arsitag

Desain interior rumah minimalis di Jakarta karya Delution via Arsitag

Rumah yang satu ini didesain untuk memberikan solusi pada penghuni yang ingin memiliki rumah tinggal nyaman di lahan sempit dengan kebutuhan ruang yang banyak dan budget terbatas.

Rumah didesain dengan banyak bukaan untuk cahaya matahari dan sirkulasi udara sehingga rumah pun menjadi lebih hemat energi.

Budget yang terbatas dengan kebutuhan ruang yang banyak membuat arsitek melahirkan konsep Split-Grow House yang berarti dapat tumbuh seiring dengan kemampuan budget penghuni.

Tak hanya itu, konsep desain split level di rumah ini juga digunakan untuk mengatasi jumlah pemintaan ruang yang setara 3 lantai, namun dimanipulasi seolah-olah terlihat 2 lantai saat dilihat dari depan.

Niwa House

Niwa House karya Studio Mahati via Arsitag

Niwa House karya Studio Mahati via Arsitag

Nama Niwa House diambil dari istilah Jepang yang menjadi konsep utama dari rumah ini. Hal inipun terasa dari desain rumah yang sedikit mirip dengan rumah Jepang.

Keunikan dari rumah ini adalah keberadaan taman mungil di bagian dalam rumah yang menghubungkan area dapur dan meja makan, dengan ruang keluarga. Taman ini pun menjadi jiwa dari tampilan keseluruhan properti ini.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.



Hubungi ARSITAG