Desain Concept Store Minimalis Kekinian Super Keren dan Stylish

Desain Concept Store Minimalis Kekinian Super Keren dan Stylish | Foto artikel Arsitag
Desain interior Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Secara sederhana, sebuah toko diartikan sebagai tempat untuk menjual sesuatu. Selain itu, desain interior toko biasanya hanya mengusung konsep serupa dari waktu ke waktu. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menemukan toko dengan desain unik. Sebuah toko bertajuk “Port of Raleigh” yang berada di North Carolina, negara bagian Amerika Serikat, adalah salah satu toko yang mungkin Anda kunjungi karena konsep berbeda yang ditawarkannya.

Menjual Produk Sehari-hari yang Sudah Di-upgrade
Ana Maria Munoz, pemilik Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Ana Maria Munoz, pemilik Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Ana Maria Muñoz , sang pemilik toko sejak awal memang sudah memiliki konsep sendiri tentang tokonya. Alih-alih menjual barang-barang biasa, dia menciptakan kembali benda-benda sehari-hari dengan desain yang lebih berseni dan menyenangkan untuk digunakan. Ana Maria Muñoz  bekerja sama dengan beberapa desainer lama dan desainer baru untuk membuat beragam produk yang dijual di tokonya.

Seperti produk unik yang ditawarkannya, Port of Raleigh juga tampil berbeda dari segi desain tokonya. Mengusung konsep minimalis, Ana Maria memilih menggunakan warna-warna pastel yang lembut. Kecuali, satu sisi dindingnya yang dibuat dengan warna kuning cerah sebagai focal point untuk tokonya.

Menggunakan Nama yang Menggambarkan Visi Toko
Rak dan meja pajang Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Rak dan meja pajang Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Nama “Port of Raleigh” memang terdengar sederhana. Namun, di saat yang sama, ini menunjukkan misi sang pemilik toko. Ana Maria ingin membawa semua barang-barang dengan desain terbaik yang ada di dunia menuju “Raleigh” (Ibu Kota North Carolina). Meski sempat membingungkan banyak orang dengan tujuan tokonya, pada akhirnya semua konsumen paham dan menyukai Port of Raleigh.

Produk yang dijual sekaligus dijadikan pajangan Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Produk yang dijual sekaligus dijadikan pajangan Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Gaya minimalis yang ditampilkan oleh Port of Raleigh pada dasarnya juga hadir dari setiap barang-barang yang dipajang di dalamnya. Jadi, alih-alih menjadi barang dagangan semata, produk yang dijual oleh Ana Maria juga hadir sebagai pemanis tampilan interior toko.

Baca juga: Desain Hotel Butik Minimalis Modern di Kopenhagen yang Super Stylishvia Kumparan.com
 

Barang-barang desain yang dijual di Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Barang-barang desain yang dijual di Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Barisan jam dinding, beragam bentuk cup kopi yang berjajar, hingga rak yang dipenuhi aneka produk, tampak menyatu dengan keseluruhan desain toko. Suasana yang hampir sulit kita temukan di toko-toko konvensional.

Mengubah Konsep Seiring Waktu
Barang-barang desain yang dijual Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Barang-barang desain yang dijual Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2015, Port of Raleigh adalah sebuah toko dengan bujet minim dengan produk yang masih belum terkonsep dengan baik. Maklum, saat itu Ana Maria masih belum tahu bagaimana preferensi pelanggannya.

Rak pajang Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Rak pajang Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Awalnya, toko ini lebih mirip galeri seni. Namun, seiring berjalannya waktu, toko semakin paham mengenai keinginan para pelanggannya. Port of Raleigh pun kini berisi barang-barang minimalis dengan kategori terbatas. Ana Maria merasa bahwa tokonya saat ini seakan memiliki produk khusus untuk semua orang yang mengunjunginya. Beberapa koleksi yang juga menjadi favorit Ana Maria antara lain adalah nampan dan mangkok yang didesain cantik. Desainnya berbeda dengan yang biasa Anda temukan di toko konvensional.

Baca juga: 13 Cara untuk Merancang Ruang kerja di Rumah
 

Lighting adalah Kunci
Eksterior Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Eksterior Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Tidak hanya bagi sebuah rumah, lighting alias pencahayaan adalah kunci yang penting bagi sebuah toko. Ketika Anda tidak bisa memberikan pencahayaan yang baik, produk-produk cantik yang sudah dipajang tidak akan mendapatkan perhatian. Hal ini tampaknya benar-benar menjadi perhatian Ana Maria. Tidak hanya dengan menggunakan warna-warna minimalis yang terang, cahaya alami yang masuk menyinari toko dari pintu kaca di depan, membuat seluruh komponen di dalamnya terlihat jelas.

Pajangan produk desain di Toko Port of Raleigh // design-milk.com

Pajangan produk desain di Toko Port of Raleigh // design-milk.com
 

Selain desainnya, satu keunikan lain yang hanya dimiliki oleh Port of Raleigh adalah kegiatan berkala yang dilakukan. Mulai dari pameran karya seni, toko pop up untuk para desainer, hingga acara komunitas.

Membuka toko kadang bukan sekadar memilih barang yang sesuai dan laris untuk dijual. Menemukan konsep dan desain sendiri seperti yang dilakukan oleh Ana Maria, akan membuat bisnis Anda berbeda dan tampil mencolok di antara bisnis-bisnis lain yang sudah ada. 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."