13 Cara untuk Merancang Ruang kerja di Rumah

13 Cara untuk Merancang Ruang kerja di Rumah | Foto artikel Arsitag

Desain ruang kerja di rumah tidak harus kaku. Berbagai ide kreatif dan inovatif bisa dituangkan ke dalam ruang kerja yang nyaman, efisien, dan fleksibel.  Dapatkan ide-ide cemerlang dari ruang kerja yang nyaman. Desain arsitektur ruang kerja harus memperhatikan pencahayaan, posisi meja kerja, ketinggian kursi dan meja, serta ketenangan di ruang kerja.

1. Ide cerdik untuk ruang kerja yang sempit. 

Ruang kerja yang sempit dapat disiasati dengan meja kerja yang dirancang khusus. Meja bisa digeser maju mundur dan diputar masuk ke dalam rak. Jarak kursi kerja dengan dinding di belakangnya setidaknya 60 cm. Panjang meja kerja paling sedikit  70 cm.

2. Semua tertata rapi.
Ruang kerja yang sempit dengan meja khusus (sumber : homedesigning)
 

2. Semua tertata rapi.

Ruang kerja yang rapi akan memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses semua kebutuhan. Berpikirlah minimalis, letakkan dengan rapi benda-benda yang diperlukan saja. Padukanlah sedikit  warna-warna netral agar ruangan tampak lebih luas dan bersih.

3. Perencanaan yang matang.
Ruang kerja minimalis di bawah tangga (SUMBER : RUMAHMASADEPAN.COM)
 

3. Perencanaan yang matang.

Pejamkan mata, bayangkan hal-hal yang akan dibutuhkan dan dilakukan di ruang kerja. Meja kerja dengan kursi yang nyaman, alat tulis, rak buku, rak penyimpanan kertas, brankas, laci dokumen, letak dan bentuk lampu, warna dan ketinggian ruang, serta detail lainnya. Rancanglah ruang kerja dan semua elemen pendukungnya sesuai kebutuhan dan sirkulasi gerak.
 

4. Ruang kerja untuk semua anggota keluarga.
Meja kerja yang dirancang khusus dan disesuaikan dengan kebutuhan dan gerak (sumber : haozhengtrade.com)  
 

4. Ruang kerja untuk semua anggota keluarga.

Sesibuk apapun pekerjaan kita, “Keluarga tetap nomor satu”. Desainlah ruang kerja yang bisa menyatukan seluruh anggota keluarga di saat sibuk sekali pun. Ayah ibu bisa tetap bekerja dengan nyaman dan anak-anak mengerjakan tugas atau membaca buku di ruang yang sama.

5. Ruang kerja yang cocok di mana pun.
Ruang kerja keluarga (sumber : betrueimagedesign)
 

5. Ruang kerja yang cocok di mana pun.

Rancanglah atau belilah meja kerja dan perlengkapannya yang cocok diletakkan di bagian ruang manapun di rumah.  Meja kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan bisa diletakkan di mezzanine dekat atap. Skylight memberi pencahayaan sekaligus pemandangan ke area luar yang bisa menginspirasi.
 

6. Manfaatkan pojok ruang.
Ruang kerja dengan skylight (sumber: bestofinteriors.com)

6. Manfaatkan pojok ruang.

Pojok ruang yang biasanya tersia-sia bisa menjadi ruang kerja.  Bentuk L memberikan keleluasaan  namun tidak memakan banyak ruang.  

7. Multifungsi.Ruang kerja berbentuk L di pojok ruang (sumber : frining.com)
 

7. Multifungsi. 

Ruang kerja yang cerdik bisa menampung berbagai fungsi: sebagai area kerja, ruang makan, dan sebagai rak penyimpanan.

8. Maksimalkan pemanfaatan dinding.Ruang kerja multifungsi  (sumber : decoist.com)
 

8. Maksimalkan pemanfaatan dinding.

Meja kerja yang digantung di dinding memberikan kebebasan ruang.  Jendela menerangi ruang dan meja kerja sekaligus pemandangan untuk menyegarkan pikiran.

9. Gabung ruang-ruang kerja dengan tetap menjaga privasi.
Meja kerja gantung dengan laci (sumber : minimalistdesk)
 

9. Gabung ruang-ruang kerja dengan tetap menjaga privasi.  

Ruang kerja yang digabung akan menghemat ruang dibanding ruang-ruang kerja yang terpisah.  Walaupun digabung, kejelasan privasi setiap area kerja harus jelas dan memenuhi kebutuhan serta menjaga privasi masing-masing.

10. Cerdiklah memanfaatkan ruang.
Ruang kerja kembar  karya LEICHT New York (sumber : bestofinteriors.com)
 

10. Cerdiklah memanfaatkan ruang.  

Ruang kerja yang tidak terlalu luas dengan ketinggian ruang yang cukup rendah seringkali memberikan kenyamanan dan kesendirian yang dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja. 

11.  Bermainlah dengan warna.
Ruang kerja yang nyaman di bawah mezzanine karya Carles Enrich (sumber : pinterest @arsitag)
 

11.  Bermainlah dengan warna. 

Tidak seperti ruang kerja di kantor, permainan warna bisa memperkaya desain ruang kerja di rumah. Padukanlah berbagai warna favorit agar ruang kerja lebih cerah dan lebih menginspirasi.

12.  Buatlah senyaman mungkin.Permainan warna di ruang kerja (sumber : homecaprice.com)
 

12.  Buatlah senyaman mungkin. 

Bekerja di rumah tidak mengharuskan duduk ‘tertib’ terus menerus. Ruang kerja di rumah seharusnya mengakomodir segala kenyamanan agar bisa bekerja dengan lebih optimal.  Sediakan ruang istirahat untuk menenangkan dan mencerahkan pikiran.

13.  Ekspos gaya.Ruang kerja ganda dengan sofa bergaya pop-art (sumber : decoist.com)
 

13.  Ekspos gaya. 

Ruang kerja di rumah yang didesain dengan gaya tersendiri akan memberikan kenyamanan, menunjukkan kepribadian dan keunikan yang membuat betah bekerja di rumah.

Tidak ada batasan dalam merancang ruang kerja di rumah. Desainlah secara fungsional dengan ciri khas gaya sendiri agar menjadi ruang yang senyaman mungkin untuk mendukung kinerja serta kebersamaan dalam keluarga.
Ruang kerja bergaya retro (sumber : homedesigning)
 

Tidak ada batasan dalam merancang ruang kerja di rumah. Desainlah secara fungsional dengan ciri khas gaya sendiri agar menjadi ruang yang senyaman mungkin untuk mendukung kinerja serta kebersamaan dalam keluarga.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Joyce Meilanita

Joyce Meilanita adalah satu-satunya mahasiswa Arsitektur'95 Institut Teknologi Indonesia yang lulus di tahun 1999. Pernah magang dalam Jadena Project PT. Schering Jerman-Indonesia di tahun 1998. Penyuka aljabar ini aktif mengajar bimbel sejak 1988 dan telah membuat 420 soal untuk ujian masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Ia juga sudah menerjemahkan 41 dokumen berbahasa Inggris untuk Tung Desem Waringin. Kecintaan akan dunia arsitektur menyemangatinya untuk terus membagi dan memperluas wawasan serta pengetahuannya lewat berbagai artikel yang ditulisnya untuk arsitag.com. "Always trying to do my best in God's will n bless" itulah motto hidupnya.