Mengenal Sekilas Tentang Airport Hotel

Mengenal Sekilas Tentang Airport Hotel | Foto artikel Arsitag
Cover : Hotel Hilton, Beijing Capital Airport (Sumber: www3.hilton.com)

Airport hotel merupakan jenis hotel yang terletak di dekat bandara. Kebanyakan tamu yang menginap di hotel ini adalah mereka yang hanya transit di bandara tersebut sehingga waktu menyewa kamar relatif singkat. Pada umumnya, mereka sedang dalam perjalanan jauh sehingga butuh menginap sebelum melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya.

Di hotel ini terdapat tamu yang disebut dengan Stranded Passenger, yaitu penumpang pesawat yang tidak dapat melanjutkan perjalanannya karena pesawat yang akan mereka tumpangi rusak atau demi keselamatan penerbangan. Hotel airport merupakan sarana yang paling bagus untuk para penumpang dengan masalah seperti itu.

Hotel Hilton, Frankfurt Airport Hotel (Sumber: www3.hilton.com)Hotel Hilton, Frankfurt Airport Hotel (Sumber: www3.hilton.com)

Lokasi

Seperti namanya, airport hotel pasti berlokasi dekat atau bahkan masih di kawasan bandara. Lokasi yang dekat dengan bandara ini memudahkan para penumpang yang ingin beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanannya.

Fasilitas
Kamar hotel Hilton, Frankfurt Airport Hotel (Sumber: www3.hilton.com)

Fasilitas

Fasilitas standar yang ada di airport hotel antara lain akses internet, televisi, telefon, mini bar dan snack, kamar mandi, dan air minum. Fasilitas lainnya yang biasanya tersedia pada airport hotel adalah restoran, bar, ruang meeting, spa dan update jadwal penerbangan. Airport hotel biasanya juga menyediakan kendaraan yang akan langsung mengantarkan ke terminal keberangkatan.

Contoh interior airport hotel (Sumber: www.booking.com)Contoh interior airport hotel (Sumber: www.booking.com)

Sistem Pemesanan

Airport hotel biasanya dapat disewa per jam, per 4 jam, per 6 jam, atau per malam. Untuk check-in, tamu hotel bisa melakukan proses check-in selama 24 jam. Jika hotel pada umumnya hanya memberlakukan jam check-in pada pukul 1 siang, di airport hotel para tamu bisa melakukan check-in bahkan hingga jam 1 malam. Hal ini diperuntukkan bagi para tamu yang mengalami delayed.

Jakarta Airport Hotel (Sumber: www.jakartaairporthotel.com)Jakarta Airport Hotel (Sumber: www.jakartaairporthotel.com)

Contoh Airport Hotel

Jakarta Airport Hotel

Lokasi : terminal 2e, Soekarno Hatta International Airport

Hotel ini mempunyai total 82 kamar dengan layanan penerimaan 24 jam. Hotel ini merupakan hotel transit di bandara Soekarno-Hatta yang terletak di sepanjang lantai atas terminal 2. Lokasinya membuat para tamu dapat melihat pesawat terbang lepas landas dan mendarat dari jendela sepanjang hotel.

Semua kamar dilengkapi dengan kamar mandi lengkap dengan shower dan bathtub. Kamar tidur juga dilengkapi dengan telepon akses jaringan nasional dan internasional, tempat tidur double atau king size, televisi, dan AC. Fasilitas lain yang ada di hotel ini antara lain restoran, bar, spa, dan kolam renang.

Swiss Belhotel Airport Hotel, Jakarta (Sumber: www.khaosanroad.com)Swiss Belhotel Airport Hotel, Jakarta (Sumber: www.khaosanroad.com)

Swiss Belhotel Airport & Zest Airport Hotel

Kedua hotel ini mempunyai fasilitas check-in 24 jam dan update jadwal penerbangan yang bisa dilihat para tamu. Fasilitas check in 24 jam dapat mempermudah traveler yang terkena delayed atau mereka yang ingin mencari hotel di malam hari.

Adanya update jadwal penerbangan membuat traveler tidak perlu takut ketinggalan pesawat. Traveler juga bisa lebih akurat dalam mengestimasikan waktu keberangkatan dari hotel menuju bandara. Letaknya yang strategis juga membuat traveler tidak membutuhkan waktu lama untuk mencapai bandara Soekarno-Hatta.

Kedua hotel ini berdiri di atas Airport Hub, sebuah mall di dekat bandara dengan berbagai macam fasilitas menarik. Fasilitas lain yang tersedia pada kedua hotel ini adalah ruang meeting, restoran, bar, dan shuttle bus dari dan menuju bandara.

Sumber:

http://www.wisatakandi.com

https://travel.detik.com

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa was born in Jakarta 9th April 1994. She graduated from University of Indonesia in 2016, majored in German Language and Studies. She really loves to read about anything, from novel, fiction, poets and etc. After graduated, she enjoys writing about many different topics and now she currently works as a Content Writer.