Berbagai Ide Cerdik Menyiasati Ruang Sempit Agar Menang Banyak

Berbagai Ide Cerdik Menyiasati Ruang Sempit Agar Menang Banyak | Foto artikel Arsitag
Cover Pasar Baru Mansion di Jakarta karya Pureline Living (Sumber: arsitag.com)
 

Setiap orang pasti bermimpi untuk memiliki rumah yang luas dan terlihat cantik. Namun apa daya, harga lahan sangat mahal sehingga hanya mampu membeli rumah mungil. Yang terpenting Anda masih memiliki tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Ukuran rumah sebenarnya masih bisa diakali agar tetap terasa luas.

Menyiasati ruang sempit agar menang banyak dapat Anda lakukan dengan berbagai cara. Bahkan, biaya yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Terkadang pemilihan jenis dan ukuran perabot akan sangat membantu Anda untuk mewujudkan hal tersebut. Penggunaan elemen lain seperti cermin juga akan memberikan nilai lebih pada ruangan sempit.

Jangan khawatir jika Anda memiliki kamar tidur sempit, ruang makan mungil, ruang keluarga kecil, atau dapur mini di rumah Anda. Perhatikan beberapa ide cerdik berikut ini untuk menyiasati ruang sempit agar menang banyak:

1. Ruang Kamar Tidur Sempit Dengan Dinding Cermin

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Kota Ayodhya di Tangerang karya Teddykoo (Sumber: arsitag.com)
 

Dinding cermin pada kamar tidur sempit sangat efektif untuk menciptakan kesan luas. Seolah-olah kamar tidur Anda menjadi dua kali lipat lebih luas.

2. Ruang Makan Sempit Hanya Dengan Dua Kursi

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Kota Ayodhya di Tangerang karya Teddykoo (Sumber: arsitag.com)
 

Gunakan meja makan yang sesuai dengan keluarga Anda. Jangan memilih meja makan dengan jumlah kursi yang lebih banyak dibandingkan jumlah anggota keluarga di rumah.

3. Ruang Kamar Tidur dengan Perabot Kreatif

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit One (+one) Bedroom Apartment di Bandung karya Arkitekt.Id (Sumber: arsitag.com)
 

Perkembangan dalam dunia desain interior memunculkan beragam perabot multifungsi. Untuk menghemat tempat, gunakan perabot yang kreatif dan multifungsi!

4. Ruang Keluarga Sempit Dengan Sofa Mini

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Living Room Apartment di Jakarta karya FIANO (Sumber: arsitag.com)
 

Karena ukuran ruang yang sempit, ukuran perabot juga harus menyesuaikan. Sebagai contoh, gunakan kursi sofa mini pada ruang keluarga.

5. Ruang Kamar Tidur Sempit Dengan Bunk Bed

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Madison Park Residence di Jakarta karya Flux Interior (Sumber: arsitag.com)
 

Cara lainnya untuk menyiasati ruang sempit, terutama pada kamar tidur, adalah dengan menggunakan ranjang susun atau bunk bed. Pada bagian bawah bunk bed, Anda bisa gunakan sebagai ranjang atau bahkan ruangan lain seperti meja belajar dan lemari.

6. Ruang Tengah Sempit Dengan Rak Pemisah Minimalis

6. Ruang Tengah Sempit Dengan Rak Pemisah Minimalis
Menyiasati ruang sempit RR Apartment di Jakarta karya TRE Studio (Sumber: arsitag.com)
 

Karena ukuran rumah yang sempit, Anda terpaksa membagi ruang tengah menjadi beberapa ruangan. Untuk menghidari kesan sempit, gunakan sekat atau rak pemisah yang minimalis dan tidak terlalu besar serta bisa difungsikan untuk menaruh barang.

7. Lemari Kamar Tidur Dengan Permukaan Cermin

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Apartment Mediterania di Jakarta karya MBartliving (Sumber: arsitag.com)
 

Selain pada dinding, cermin juga bisa Anda gunakan untuk melapisi permukaan perabot seperti lemari sehingga akan tercipta kesan yang luas tetapi menarik.

8. Ruang Dapur Sempit Dengan Peralatan Masak Secukupnya

Menyiasati ruang sempitMenyiasati ruang sempit Cinere Bellevue Apartment di Depok karya FIANO (Sumber: arsitag.com)
 

Ide cerdik yang terakhir bisa Anda terapkan pada dapur. Sebenarnya, ukuran dapur tidak harus besar, yang penting tetap dapat digunakan untuk memasak. Jadi, gunakan peralatan memasak dan perabot dapur secukupnya saja. Semoga dengan menerapkan tips dan trik tersebut rumah Anda akan terasa lebih luas.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.