Ingin Punya Kolam Ikan di Halaman Rumah Anda? Simak Inspirasinya di Sini

Ingin Punya Kolam Ikan di Halaman Rumah Anda? Simak Inspirasinya di Sini | Foto artikel Arsitag
Kolam ikan besar di halaman belakang Pangkalan Jati House karya Raw Architecture // arsitag.com
 

Selain taman, menambahkan kolam ikan minimalis akan membawa kesan alami yang kental ke dalam hunian Anda. Umumnya, kolam ikan dihadirkan di area outdoor seperti halaman belakang atau teras rumah. Namun, tak sedikit pula yang memanfaatkan space kosong di antara satu ruang dengan ruang lainnya sebagai sirkulasi udara dalam rumah.

Jika Anda berencana memiliki rumah dengan suara gemericik air kolam, jadikan beberapa ide berikut sebagai referensi menarik untuk Anda!

Kolam Ikan dengan Paving Stones
Kolam ikan kreasi dengan paving stones // empressofdirt.net

Kolam ikan kreasi dengan paving stones // empressofdirt.net
 

Ada sisa paving stone atau sisa batako dari renovasi atau pembangunan rumah? Tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, manfaatkan material sisa untuk membuat kolam ikan. Sebuah lahan kecil yang ada di belakang atau samping rumah akan tampil menarik dengan kolam ikan minimalis di dalamnya.

Kolam Minimalis di Tengah Taman
Kolam minimalis di tengah taman rumah // buildbetterschools.info

Kolam minimalis di tengah taman rumah // buildbetterschools.info
 

Punya halaman rumah penuh aneka tanaman? Bosan dengan suasana terlalu hijau monoton dan sudah mulai suram? Ini saatnya Anda menambahkan nuansa lain dengan memasang kolam ikan minimalis. Kreasikan dengan memasang tumpukan-tumpukan batu layaknya suasana di pinggir sungai. Berkat kolam ini, taman Anda semakin spesial dan menyejukkan pemandangan!

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kamar Mandi "Outdoor" Super Kerenvia Kompas.com
 

Kolam Ikan dengan Ruang Bersantai Outdoor
Ruang bersantai outdoor dengan dek kayu di atas kolam ikan // fallhomedecor.org

Ruang bersantai outdoor dengan dek kayu di atas kolam ikan // fallhomedecor.org
 

Menghabiskan waktu bersantai di halaman belakang bersama keluarga, merupakan momen spesial yang tiada duanya. Sulap taman belakang yang terbengkalai menjadi ruang bersantai outdoor yang adem dan menyenangkan. Ikan-ikan berenang yang tampak dari permukaan air, menjadi hiburan istimewa saat rekreasi di rumah bersama orang-orang tersayang.

Kolam Ikan Bertingkat di Halaman Belakang
Kolam ikan model batu bertingkat // pinterest.com

Kolam ikan model batu bertingkat // pinterest.com
 

Bagi Anda yang tinggal di tengah kota, bisa menikmati pemandangan serta suara air mengalir adalah sebuah kemewahan. Wujudkan dengan membuat kolam ikan menggunakan batu-batu alam yang ditumpuk menyerupai air terjun mini. Sebagai penyempurna, tanaman semak di sekeliling kolam memberikan nuansa alam yang orisinal.

Kolam Ikan dari Bekas Bathtub
Kolam ikan buatan sendiri dari bekas bathtub // empressofdirt.com

Kolam ikan buatan sendiri dari bekas bathtub // empressofdirt.com
 

Kata siapa membuat kolam ikan yang cantik harus menggunakan modal yang banyak? Barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi bisa Anda alih fungsikan menjadi kolam mini. Cobalah menggunakan bak mandi atau bathtub bekas. Tambahkan pancuran mini dan dekorasi lampu agar membuat tampilannya semakin cantik dan keren ketika malam hari.

Patio dengan Kolam Ikan Semi Akuarium
Kolam ikan di patio menggunakan dinding kaca layaknya akuarium // awmschool.info

Kolam ikan di patio menggunakan dinding kaca layaknya akuarium // awmschool.info
 

Patio merupakan ruang kosong outdoor yang terletak di tengah rumah atau di depan teras. Patio awalnya hanya digunakan oleh orang-orang yang tinggal di negara bertipe iklim mediterania untuk menyegarkan suasana di dalam rumah. Saat ini, pemasangan patio semakin berkembang dan desainnya pun kian beragam. Tambahkan kolam ikan dengan bagian transparan semi akuarium. Sangat pas untuk rumah bergaya modern yang Anda miliki.

Baca juga: Kreasi Taman dalam Ruangan
 

Kolam Ikan di Tengah Zen Garden
Kolam ikan bernuansa zen garden // pinterest.com

Kolam ikan bernuansa zen garden // pinterest.com
 

Zen garden pada awalnya merupakan taman khas kuil di Jepang. Ciri khas taman terlihat dari sebagian permukaan yang ditutupi pasir, bebatuan, dan sejumlah aksesoris simbol keagamaan. Lama kelamaan, zen garden semakin dikenal luas dan digunakan sebagai dekorasi untuk mempercantik rumah.

Jika Anda mengidamkan sebuah zen garden untuk diletakkan di area belakang ataupun di teras depan rumah, kolam ikan cantik adalah tambahan dekorasi yang tak boleh Anda lewatkan. Didukung sorotan lampu taman di beberapa sudut, menciptakan romantisme yang menyejukkan pandangan dan hati Anda. Kini, Anda telah memiliki ruang relaksasi plus area rekreasi cukup di rumah saja!

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."