Tren Dekorasi Tanaman yang Cocok Mengisi Sudut Ruang Rumah Anda

Tren Dekorasi Tanaman yang Cocok Mengisi Sudut Ruang Rumah Anda | Foto artikel Arsitag

Desain Interior ruang keluarga, karya Heim. via Arsitag


 

Spot kosong di sudut ruang sangat sayang jika tidak dimanfaatkan. Spot tersebut bisa diisi dengan elemen dekorasi yang mempercantik tampilan ruang.

Namun, apa yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi sudut ruang tersebut?

Tanaman tampaknya bisa menjadi solusi terbaik. Kehadiran tanaman pada ruang tidak hanya untuk mempercantik interior, tetapi juga bisa memberi nuansa segar alami.

Pilihan tanaman untuk sudut ruang sendiri terbilang beragam. Apalagi, kita yang tinggal di Indonesia, jenis tanaman indoor mudah didapat di sekitar rumah atau di penjual tanaman.  

Nah, untuk membantu Anda memilih. Berikut beberapa contoh yang bisa menjadi referensi dalam menata sudut ruang.

1. Tren tropis dengan tanaman daun lebar
Proyek MO House, karya DFORM, via Arsitag

Proyek MO House, karya DFORM, via Arsitag
 

Tema tropis memang menjadi tren yang banyak digemari. Suasana yang menjadi lebih hijau, menjadikan ruangan terasa segar bak di alam terbuka. Tanaman yang paling cocok untuk menghadirkan tema tropis ini ialah yang berdaun lebar, seperti jenis keladi, philodendron, monstera, dan sejenisnya.

Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih tanaman daun lebar seperti ini ialah soal perawatan daunnya. Pastikan untuk dilakukan pembersihan permukaan daun dari debu dan kotoran agar tanaman tetap terlihat kinclong.

2. Tren minimalis dengan pohon karet hias
Tanaman karet kebo, foto oleh Miska Sage, via Unsplash

Tanaman karet kebo, foto oleh Miska Sage, via Unsplash
 

Pohon karet hias atau biasa juga dikenal karet kebo adalah jenis tanaman indoor yang adaptif dengan lingkungan minim cahaya. Tak heran jika tanaman ini disukai untuk menghias ruangan. Selain itu, tampilan fisik karet hias juga sangat menarik. Karakternya yang tumbuh vertikal menjadikan tanaman hias ini sangat sesuai diletakkan di sudut sempit pada ruang minimalis.
 

Baca juga: Jenis Tanaman yang Cocok untuk Menghiasi Teras Rumah Anda
 

3. Lebih terisi dengan palem kuning
Desain interior ruang tamu, karya Monokrom Interior, via Arsitag

Desain interior ruang tamu, karya Monokrom Interior, via Arsitag
 

Jika sudut ruang di rumah Anda masih menyisakan cukup luas space, tanaman yang berdaun rimbun seperti palem kuning bisa menjadi pilihan. 

Tanaman palem kuning dengan daun menyirip ini bisa langsung mengisi sudut ruang sehingga terlihat lebih penuh. Warna hijau kekuningan dari daun dan pelepahnya yang kuning terang juga menjadi daya tarik untuk membuat ruangan terlihat cerah. Agar lebih menarik, pilihlah pot tanaman yang senada dengan desain ruang.

4. Cantiknya si biola cantik
Proyek Puri Matahari Residence, karya Helloembryo, via Arsitag

Proyek Puri Matahari Residence, karya Helloembryo, via Arsitag
 

Bernama botani Ficus lyrata, biola cantik menjadi kegemaran desainer interior untuk dijaikan tanamn hias indoor. Daunnya yang melebar menjadi daya tarik sehingga kehadirannya pada ruang bisa langsung terasa. Warnanya yang hijau menyala juga menarik mata dan memberi suasana segar nan alami. Rutin membersihkan daunnya akan menjadikan warnanya lebih mengkilap dan memesona.

5. Ceria dengan daun bahagia
Desain interior modern, karya Makai Design, via Arsitag

Desain interior modern, karya Makai Design, via Arsitag
 

Sudah menjadi favorit sejak lama, tanaman daun bahagia atau Dieffenbanchia juga menarik untuk menghiasi sudut ruang. Tanaman yang banyak dijadikan koleksi pekarangan ini, memiliki daya tarik dari daunnya yang lebar dengan warna bercorak hijau putih yang khas. Jika diletakkan di dalam ruang, tetap perhatikan penyinaran agar tanaman tetap tumbuh optimal.
 

Baca juga: Suka dengan Tanaman Hias? Jangan Takut Membawa Tanaman Besar ke Dalam Rumah
 

6. Permainan tinggi aneka jenis tanaman
Desain interior rumah, foto oleh Yahleen Gaffney, via Unsplash

Desain interior rumah, foto oleh Yahleen Gaffney, via Unsplash
 

Tak melulu menggunakan satu jenis tanaman, tren menarik satu ini juga bisa menjadi rujukan. Beberapa jenis tanaman disusun dengan perbedaan tinggi sehingga membentuk permainan visual yang menarik. Seperti pada contoh di atas, tanaman yang dipakai ialah jenis monstera, biola cantik, dan peace lili. Ketiganya tampil semakin estetik dengan pot tanaman cantik.

Jadi, sudut ruang di rumah kalian tak lagi membosankan, bukan?

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.