Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Monstera Super Cantik

Inspirasi Dekorasi Rumah dengan Tanaman Monstera Super Cantik | Foto artikel Arsitag

Desain interior kamar tidur, karya HelloEmbryo,via Arsitag
 

Siapa tak kenal monstera, tanaman yang sejak beberapa tahun lalu begitu populer dan digemari sebagai tanaman hias.

Tak hanya untuk menghiasi taman, monstera juga ngetren sebagai elemen dekorasi interior. Ya, monstera termasuk tanaman yang adaptif dengan lingkungan indoor dan mudah tumbuh di ruang bercahaya minim.

Lantas, mengapa monstera begitu digemari? Selain alasan mudah dirawat, daya pikat utama dari tanaman ini ialah wujud daunnya. Profil daunnya yang lebar, berpola hati, dan permukaan lubang-lubang robek teratur tampak sangat menarik dan unik.

Kehadiran tanaman ini akan langsung mengubah nuansa ruangan menjadi lebih segar khas tropis. Namun, dengan karakter kuat seperti ini, akan menjadi tantangan tersendiri untuk menatanya di dalam ruangan.

Sebagai referensi, berikut beberapa inspirasi dekorasi rumah dengan tanaman monstera yang super cantik.

1. Lebih menonjol di ruangan putih
Desain interior kamar tidur, karya HelloEmbryo, via Arsitag

Desain interior kamar tidur, karya HelloEmbryo,via Arsitag
 

Tak bisa dimungkiri bahwa ruangan bercat putih akan membuat dekorasi tanaman hias terlihat lebih menonjol. Apalagi, untuk tanaman monstera, penampang daunnya yang lebar dengan warna hijau yang cerah, membuat ruangan putih akan terlihat jauh lebih segar.

Tanaman monstera sendiri bisa diletakkan di sudut ruang atau mengisi sisi ruang yang kosong.

2. Pengisi selasar yang cantik
Desain selasar dengan kaca dan wastafel, karya HelloEmbryo, via Arsitag

Desain selasar dengan kaca dan wastafel, karya HelloEmbryo,via Arsitag
 

Selasar yang biasanya sempit tidak berarti harus meniadakan dekorasi. Justru dengan adanya elemen dekorasi, selasar akan terlihat lebih cantik dan tidak monoton.

Salah satu ide sederhana yang bisa Anda lakukan pada selasar rumah ialah dengan meletakkan pot tanaman monstera. Pilihan ukuran monstera tentunya harus disesuaikan dengan luas selasar. Dimensinya harus seimbang, agar kesan cantik yang ingin ditonjolkan lebih terasa.
 

Baca juga: Ide Desain Taman Kecil Dalam Rumah yang Kreatif dan Hemat Biaya
 

3. Menghijaukan ruang sempit
Penataan tanaman hias indoor di berbagai sudut, foto oleh Perkins Patrick, via Unsplash

Penataan tanaman hias indoor di berbagai sudut, foto oleh Perkins Patrick,via Unsplash
 

Ruangan yang sempit memang memiliki tantangan tersendiri dalam menatanya. Biasanya, ketika menata ruang sempit, disarankan untuk menghindari ornamen atau dekorasi yang terlalu memakan tempat.

Namun, bukan berarti tanaman monstera tidak bisa mengambil peranan di ruang sempit tersebut, loh.

Jika memang tidak ada area yang mencukupi untuk meletakkan pot monstera di lantai, Anda bisa menempatkan pot monstera di lemari hias. Tentunya untuk hal ini, Anda harus memilih monstera yang ukurannya tidak begitu besar agar tetap harmonis dan seimbang.

4. Dekorasi meja kerja
Meja kerja dihiasi monstera, foto oleh Elsa Noblet, via Unsplash

Meja kerja dihiasi monstera, foto oleh Elsa Noblet,via Unsplash
 

Berlama-lama memandang layar komputer akan membuat mata lelah. Salah satu solusi untuk menyegarkan kembali mata lelah ialah dengan melihat tanaman hijau.

Maka, sangatlah tepat jika Anda meletakkan tanaman hijau di dekat meja kerja. Selain bisa memberi kesegaran pandangan, tentunya tanaman monstera akan membuat meja kerja terlihat lebih cantik dan menarik.

5. Pot cantik untuk monstera cantik
Pot cantik menunjang estetika monstera, foto oleh Jade Stephens, via Unsplash

Pot cantik menunjang estetika monstera, foto oleh Jade Stephens,via Unsplash
 

Karakter daun tanaman monstera yang khas sebenarnya cukup membuatnya sedap dipandang. Namun, jika didukung pula dengan pot yang cantik, sudah tentu tanaman monstera akan tampil lebih menawan.

Pilihan pot minimalis bisa menjadi pilihan terbaik agar tercipta keseimbangan visual. Hindari pot yang memiliki banyak motif agar karakter monstera tetap menonjol.
 

Baca juga: Desain Rak Bunga dan Tanaman Minimalis untuk Dekorasi Rumah Idaman
 

6. Memberi harmoni dengan taman di luar
Desain taman rumah menghadirkan monstera yang lebat, foto oleh Severin Candrian, via Unsplash

Desain taman rumahmenghadirkan monstera yang lebat,foto oleh Severin Candrian,via Unsplash
 

Ide penempatan monstera yang terakhir sangat menarik untuk dicontoh. Monstera diletakkan di depan jendela kaca yang berhadapan langsung dengan area taman.

Hal ini menarik, lantaran akan memberi kesan visual menyatu dengan taman di luar ruang. Konsep ini akan membuat ruangan terasa lebih asri dan menyegarkan.

Ada banyak ide-ide dekorasi dengan monstera, bukan? Tentunya, Anda juga perlu menyesuaikan dengan desain ruangan agar keberadaan monstera secara efektif menunjang dekorasi interior agar lebih cantik dan menarik.

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.