Pilihan Tanaman Mungil yang Cocok untuk Menghias Meja Kerja Anda

Pilihan Tanaman Mungil yang Cocok untuk Menghias Meja Kerja Anda | Foto artikel Arsitag
Foto oleh Michael Aleo, via unsplash.com
 

Berlama-lama memandang monitor di meja kerja dapat memunculkan kejenuhan. Tak heran, jika kebanyakan orang akan menata meja kerjanya dengan meletakkan sesuatu yang menarik, seperti tanaman. Ya, tanaman kini termasuk ornamen kesukaan untuk diletakkan di meja kerja.

Selain bisa menambah estetika meja kerja, keberadaan tanaman juga dipercaya bisa meningkatkan produktivitas, lho. Hal tersebut lantaran tanaman mampu membersihkan polutan, menghadirkan udara segar, meningkatkan kelembapan, hingga menyerap radiasi dari barang elektronik. Selain itu, mata yang lelah memandang layar monitor, akan terasa lebih rileks ketika melihat segarnya warna tanaman.

Namun, apakah semua tanaman bisa dijadikan penghias meja kerja? Jawabannya, tentu saja tidak. Pilihlah jenis tanaman yang mampu beradaptasi pada lingkungan dalam ruang. Anda juga disarankan memilih tanaman yang berukuran mungil atau yang pertumbuhannya lamban. Sebagai referensi, berikut adalah beberapa pilihan tanaman mungil yang cocok untuk menghias meja kerja.

1. Peperomia
Foto oleh Tran Mau Tri Tam, via unsplash.com

Foto oleh Tran Mau Tri Tam, via unsplash.com
 

Tanaman peperomia  atau daun sendok adalah jenis tanaman yang patut dicoba untuk mempercantik meja kerja. Peperomia sendiri merupakan tanaman hias daun. Yakni, bentuk dan warna daunnyalah yang menjadi pusat perhatian.

2. Bambu Hoki
Tanaman bambu hoki, via commons.wikimedia.org

Tanaman bambu hoki, via commons.wikimedia.org
 

Dinamakan bambu hoki lantaran tanaman ini dipercaya bisa membawa keberuntungan. Harapan itu pula yang bisa dijadikan alasan untuk meletakkannya sebagai tanaman hias meja kerja. Menariknya, batang bambu hoki ini bisa diarahkan arah tumbuhnya, lho. Akibatnya, bentuknya bisa sangat beragam. Praktisnya lagi, bambu hoki sangat mudah dalam perawatan termasuk bisa ditanam menggunakan media air.

Baca juga: 7 Inspirasi Keren Dapur + Ruang Kerja, Bikin WFH Lebih Nyamanvia Kompas.com
 

3. Nanas Kerang
Foto oleh VKW Photography, via unsplash.com

Foto oleh VKW Photography, via unsplash.com
 

Nanas kerang atau oyster (Tradescantia spathacea) sangat cocok untuk Anda yang menginginkan desain meja kerja tampak lebih berwarna. Perpaduan warna hijau, putih, dan merah muda pada daunnya terlihat sangat dekoratif. Tanaman yang banyak tumbuh di halaman ini dapat dengan mudah dipindahkan ke pot mungil untuk ditaruh di meja kerja. Kelebihan lain dari tanaman asal Meksiko Selatan dan Amerika Tengah ini adalah terbilang bandel, sehingga tidak membutuhkan perawatan khusus.

4. Sukulen
Foto oleh Daan Stevens, via unsplash.com

Foto oleh Daan Stevens, via unsplash.com
 

Rekomendasi tanaman untuk dekorasi ruangan yang banyak diminati adalah jenis sukulen. Tanaman ini digemari lantaran tidak membutuhkan perawatan ekstra. Bahkan, penyiramannya bisa dilakukan satu minggu sekali saja. Bentuk dan warna sukulen juga sangat beragam, karena sukulen sendiri memiliki banyak jenisnya. Selain sekadar dekorasi meja kerja, sukulen juga memiliki manfaat lingkungan. Tanaman ini bisa menyerap radiasi dari komputer, laptop, atau alat elektronik lain.

5. Tanaman Giok
Foto oleh Dayne Topkin, via unsplash.com

Foto oleh Dayne Topkin, via unsplash.com
 

Tanaman giok atau Jade Plant (Crassula ovata) merupakan salah satu jenis dari tanaman sukulen. Tanaman ini cocok diletakkan di atas meja kerja karena tampilan daunnya yang dominan dan menarik. Dalam kepercayaan Mandarin, tanaman giok juga dianggap membawa keberuntungan. Meletakkannya di tempat kerja diharapkan bisa mendatangkan kesuksesan.

6. Kaktus Anggur
Foto oleh Angele Kamp, via unsplash.com

Foto oleh Angele Kamp, via unsplash.com
 

Jenis tanaman sukulen lainnya yang juga menarik untuk diletakkan di atas meja kerja adalah kaktus anggur atau Donkey Tail (Sedum morganianum). Karakter tumbuh daunnya yang mirip anggur serta menjuntai, menjadikan kaktus anggur sangat menarik perhatian. Jika beruntung, sukulen anggur dapat mengeluarkan bunga dengan warna merahnya yang cerah.

Baca juga: Inspirasi Desain Tempat Bercocok Tanam di Dalam Rumah Selama Karantina Mandiri
 

7. Kaktus
Foto oleh Stocksnap, via Pixabay.com

Foto oleh Stocksnap, via Pixabay.com
 

Bagi Anda yang tidak ingin dipusingkan dengan rutinitas merawat tanaman, maka kaktus menjadi pilihan yang paling digemari. Selain mudah dirawat, kaktus sendiri memiliki nilai estetika untuk menghidupkan suasana pada ruangan. Apalagi, kaktus memiliki banyak jenis serta bentuk yang beragam sehingga lebih variatif.

8. Tillandsia
Foto oleh STIL, via unsplash.com

Foto oleh STIL, via unsplash.com
 

Tillandsia mungkin memang masih asing bagi banyak orang. Tapi bagi pecinta indoor plant, tillandsia menjadi salah satu tanaman yang digemari. Tidak memerlukan media tanam berupa tanah ataupun air menjadi keunggulan tillandsia. Itulah mengapa tanaman ini juga populer disebut air plant (tanaman udara). Akar tanamannya sendiri memang bukan difungsikan untuk menyerap hara dan air, melainkan untuk berpegang pada inang. Hal ini membuat tillandsia bisa lebih bebas untuk dikreasikan, termasuk sebagai penghias meja kerja. 

Setelah melihat berbagai referensi di atas, pilihan tanaman mungil mana yang menarik perhatian Anda? Akan lebih menarik lagi jika Anda berkreasi dengan tanaman meja kerja tersebut. Seperti, meletakkannya di pot karakter atau membuat dekorasi terarium. Dijamin, meja kerja Anda akan tampil lebih cantik dan membuat pengalaman bekerja lebih menyenangkan.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Tarmizi

Penulis adalah lulusan Arsitektur Lanskap yang juga menggemari dunia penulisan sejak bangku kuliah. Kegemarannya ini membuat penulis aktif sebagai freelancer untuk menulis konten di berbagai website. Ilmu seni, arsitektur, dan tanaman yang didapat selama mengenyam pendidikan juga menjadi modal untuk tulisan-tulisannya.