Ide Desain Taman Kecil dalam Rumah yang Kreatif dan Hemat Biaya

Ide Desain Taman Kecil dalam Rumah yang Kreatif dan Hemat Biaya | Foto artikel Arsitag

Taman mungil di kamar tidur, foto oleh Huy Phan, via unsplash.com

Ada berbagai cara menghias rumah yang bisa Anda temukan hanya dengan melakukan browsing di internet. Selain dengan menggunakan dekorasi berupa pajangan, wallpaper serta koleksi barang seni, Anda bisa mempercantik tampilan di dalam rumah dengan dengan membuat taman minimalis dalam rumah.

Taman kering dalam rumah selain bisa menyegarkan suasana, juga bisa memberikan nuansa alami yang berbeda terhadap rumah Anda. Jika Anda cukup lihai memanfaatkan benda-benda yang ada di sekeliling, taman indoor yang cantik bisa diwujudkan dengan mudah. Simak beberapa ide desain berikut ini!

Tanaman Gantung dengan Mason Jar
Tanaman gantung dengan mason jar, via pinterest.com

Tanaman gantung dengan mason jar, via pinterest.com
 

Selain menjadi wadah minuman dan dessert Anda, mason jar adalah opsi dekorasi yang mudah didapat. Harganya yang cukup murah juga menjadi kelebihan material dekorasi ini. Buat rak kayu rustic yang bisa ditempelkan di dinding, untuk mengaitkan mason jar berisi tanaman mungil favorit Anda.

Pot Bunga dari Kaleng Bekas
Pot dari kaleng bekas, via pinterest.com

Pot dari kaleng bekas, via pinterest.com
 

Memanfaatkan barang-barang bekas merupakan salah satu opsi murah mendekorasi rumah. Anda bebas mengecat ulang atau mempertahankan bentuk asli kaleng biskuit di rumah Anda. Kemudian, menyulapnya menjadi pot dengan tanaman mungil di atasnya. Letakkan dalam sebuah nampan untuk menahan air agar tidak merembes ke mana-mana saat Anda menyiramnya. Letakkan di salah satu sudut di ruang tamu untuk membuat suasana menjadi fresh.
 

Baca juga: 7 Ide Mendesain Balkon Menganggur Jadi Tempat Bersantai Super Cantik
 

Pohon Kecil di Tengah Rumah
Pohon kecil di tengah rumah, via shabaka.club

Pohon kecil di tengah rumah, via shabaka.club
 

Menyegarkan suasana dalam rumah tidak harus dilakukan dengan meletakkan banyak tanaman. Satu pohon sudah cukup untuk menciptakan taman kecil dalam rumah dan membuat nuansa di rumah Anda terasa berbeda. Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tidak mengganggu aktivitas Anda bersama keluarga.

Tanaman Dinding di Dapur
Tanaman herbal sebagai penghias dapur, via guyinthekitchen.com

Tanaman herbal sebagai penghias dapur, via guyinthekitchen.com
 

Berbagai macam tanaman herbal bisa dengan mudah ditumbuhkan di dalam rumah. Gunakan alternatif ini untuk membuat suasana di dalam dapur dan ruang makan Anda terasa berbeda. Jika tidak ada sisa ruang yang cukup, Anda bisa meletakkan aneka tanaman herbal ini di dinding seperti desain di atas.

Taman Kaktus
Taman kaktus di dalam rumah, via pinterest.com

Taman kaktus di dalam rumah, via pinterest.com
 

Kaktus adalah tanaman yang bisa hidup tanpa harus mendapatkan banyak asupan air. Hal ini pula, yang menyebabkan kaktus sering dipilih sebagai tanaman hias di dalam rumah. Tanaman yang terlalu banyak memerlukan air membuat perawatannya sangat merepotkan. Selain itu, ketika disiram, airnya bisa bocor kemudian mengotori lantai. Ruang keluarga di atas misalnya, memanfaatkan beberapa pot kaktus besar untuk membuat nuansanya terasa lebih alami. Jumlahnya bisa Anda tambah tergantung selera.

Taman dengan Rak Display
Taman di rak display, via pinterest.com

Taman di rak display, via pinterest.com
 

Rak display yang sering digunakan di dalam ruang keluarga, biasanya hanya berisi koleksi buku, majalah atau CD kesukaan. Anda bisa berkreasi dengan memajang aneka tanaman mungil di atasnya. Beberapa tanaman dengan sulur akan membuat rak display ini semakin mendukung suasana alami di rumah Anda.
 

Baca juga: Inspirasi Desain Taman Belakang Rumah Mungil yang Super Keren
 

Taman Khusus di Tengah Rumah
Ruang khusus untuk taman di tengah rumah, via mit24h.com

Ruang khusus untuk taman di tengah rumah, via mit24h.com
 

Untuk Anda yang baru berencana membangun atau hendak merenovasi rumah, membuat ruang khusus di tengah rumah untuk taman adalah ide yang bagus. Cobalah mengadaptasi desain taman minimalis dalam rumah seperti ini, serta menambahkan variasi tanaman yang Anda suka.

Menciptakan taman indoor mini ternyata tak harus menyediakan lahan khusus. Anda cukup memanfataatkan ruang yang sudah ada, lalu meletakkan beberapa pot tanaman mini yang cantik dan unik. Pastikan Anda memilih tanaman yang mampu hidup dengan intensitas cahaya yang minim dan tak memerlukan banyak air. Jadi, ide mana yang akan Anda coba di rumah?

AUTHOR

Anita

Penulis lepas dengan pengalaman 5 tahun ini sangat passionate dalam dunia tulis menulis. Motto hidupnya adalah "Integrity is doing the right thing when no one is watching."