8 Inspirasi Desain Ruang Mushola di Rumah

rumah yang ada musholanya

Sebagai negara dengan mayoritas penduduk beragama Islam, keberadaan ruang salat alias mushola dalam rumah maupun di tempat umum adalah hal yang sangat vital. Apalagi, di bulan Ramadhan ini Anda sekeluarga akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk beribadah. Mushola yang nyaman akan membantu Anda semakin khusyuk dalam beribadah.

Jika Anda berniat mencari gambar mushola sebagai inspirasi desain, mungkin Anda bisa cermati dari list berikut ini!

Mushola Minimalis


Norhouse: Rumah Cahaya Karya Aaksen Responsible Architecture (Sumber: arsitag.com)

Mushola dengan nuansa ruangan serba putih ini berada di dalam sebuah rumah hunian di Kota Bandung. Proyek yang diberi nama Norhouse: Rumah Cahaya ini memang membawa konsep minimalis dengan warna-warna putih dan material kayu di berbagai sudut bangunan. Jika Anda menginginkan desain mushola minimalis, Anda bisa mengadaptasi desain ini.

Mushola dengan Sentuhan Industrial

Start Up Creative Open Space Office Karya Dx Interior & Architecture (Sumber: arsitag.com)

Lekat dengan warna-warna asli material seperti semen dan beton ekspos, mushola yang berada di Start Up Creative Open Space Office ini tampil unik dengan gayanya sendiri. Cocok untuk Anda yang menginginkan nuansa berbeda di ruang ibadah Anda.

Mushola dengan Tampilan Elegan

Residence Jatiwaringin Karya Evonil Architecture (Sumber: arsitag.com)

Mengandalkan kemewahan bahan batu marmer yang mengkilap, ruang salat yang dibangun di dalam Residence Jatiwaringin di Jakarta ini tampil sangat elegan. Detail ukiran yang berada di sisi kanan dan kiri mushola menambah kesan mewah yang akan membuat ibadah Anda semakin khusyuk. Keberadaan mushola yang nyaman ini tentu akan menjadi nilai plus jika ada kerabat atau rekan yang berkunjung untuk berbuka bersama di rumah.

Mushola Mini

Stoy House Karya (Sumber: arsitag.com)

Karena hanya digunakan oleh anggota keluarga saja atau tamu ketika ada keluarga atau rekan yang berkunjung, mushola di dalam rumah tidak harus luas. Ruang salat yang ada di Stoy House ini misalnya, hadir dengan desain yang sangat sederhana dan mungil dengan hiasan kaligrafi di salah satu dindingnya. Tempat berwudhu dengan air yang mengalir dilengkapi beberapa tanaman membuat suasana ibadah Anda semakin tenang dan fresh.

Mushola Outdoor

Mushola dengan View Outdoor (Sumber: pinterest.com)

Jika Anda punya taman kecil di samping atau belakang rumah, tidak ada salahnya menjadikan view cantiknya untuk membuat ibadah Anda lebih tenang. Pemandangan hijau tanaman juga bisa sekalian menyegarkan pikiran Anda.

Mushola Kayu


Mushola dengan Nuansa Kayu (Sumber: desainrumahnya.com)

Warna natural dari kayu akan memberikan kesan hangat di ruangan apapun di rumah Anda, termasuk mushola. Anda bisa menambahkan detail lain seperti ukiran atau rak buku kayu untuk menyimpan koleksi bacaan religius Anda dan keluarga.

Mushola Serba Cokelat

Mushola Serba Cokelat Prayer Hall IBC Zurich (Sumber: mocosubmit.com)

Pecinta warna cokelat bisa meniru desain elegan Prayer Hall IBC Zurich ini. Tidak hanya mengandalkan material kayu, sang desainer bahkan memilih karpet dengan warna senada. Komposisi gradasinya tampil apik dan dijamin membuat Anda semakin khusyuk beribadah.


Mushola dengan Sentuhan Timur Tengah


Mushola dengan Sentuhan Timur Tengah (Sumber: mushollamasjid.blogspot.co.id)

Sentuhan gaya timur tengah di ruang ibadah bisa Anda berikan dengan pemilihan karpet bergaya Maroko. Bisa juga dengan memilih tile dinding yang bernuansa sama seperti contoh di atas.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram