Desain Rak Bunga dan Tanaman Minimalis untuk Dekorasi Rumah Idaman

Desain Rak Bunga dan Tanaman Minimalis untuk Dekorasi Rumah Idaman | Foto artikel Arsitag

Rak bunga minimalis dan bunga peace lily di atasnya, foto oleh Huy Phan, via unsplash.com
 

Tanaman hias menjadi salah satu dekorasi rumah yang semakin populer beberapa tahun terakhir ini. Orang-orang berburu tanaman yang cantik dan unik untuk diletakkan di sudut-sudut rumah mereka. Mengikuti meningkatnya tren tanaman hias, rak bunga minimalis pun banyak diburu. Alasannya, desain rak bunga yang simpel turut membantu koleksi tanaman terlihat lebih menarik. Nah, jika Anda sedang mencari keduanya, simak beberapa inspirasi desain rak bunga dan tanaman minimalis untuk dekorasi rumah idaman berikut ini

.

Rak Bunga Kayu Simpel untuk Tanaman Hias Daun
Standing planter yang simpel bisa diletakkan di mana saja, foto oleh katerinapavlickova, via unsplash.com

Standing planter yang simpel bisa diletakkan di mana saja, foto oleh katerinapavlickova, via unsplash.com
 

Desain rak bunga ini terbuat dari kayu dengan ketinggian antara 25 cm hingga 55 cm. Sangat simpel. Standing planter terdiri dari empat kaki kayu yang menopang pot bunga, dan empat kayu melintang sebagai dasar atau dudukan pot. Pada inspirasi ini, finishing cat clear pada material kayu mampu mempertahankan motif serat dan warna kayu natural yang indah. 

Standing planter kecil bisa diletakkan di atas lemari atau meja, sedangkan standing planter besar bisa dipakai untuk menghias sudut-sudut  ruangan. Karena desainnya simpel, sebaiknya pilih pula jenis tanaman minimalis. Misalnya tanaman peace lily, lidah mertua (Sansevieria trifasciata) dan tanaman-tanaman berdaun bintik dari keluarga aglonema.

Rak Bunga Simpel untuk Teras Rumah
Rak bunga minimalis di Rumah Kebun Mandiri Pangan, karya arsitek Sigit Kusuma Wijaya, via Arsitag.com

Rak bunga minimalis di Rumah Kebun Mandiri Pangan, karya arsitek Sigit Kusuma Wijaya, via Arsitag.com
 

Bagi Anda yang memiliki banyak koleksi tanaman di teras rumah, desain rak bunga minimalis ini bisa jadi pilihan. Rak bunga ini terbuat dari material besi dengan batang-batang besi lurus yang disusun berjajar. Besi berbentuk lingkaran ditambahkan di antara batang-batang besi sebagai tempat untuk meletakkan pot-pot tanaman hias. Aneka tanaman anggrek sangat cocok ditempatkan di rak bunga ini. Bisa dibayangkan, betapa indahnya saat rak dipenuhi kuntum-kuntum bunga anggrek yang indah.
 

Baca juga: Cara Kreatif Menyusun Rak Pajangan Tanaman Hijau di Dalam Rumah
 

Rak Bunga Minimalis dari Bangku Antik
Rak bunga dengan bentuknya yang simpel dan unik, foto oleh kilarov345, via unsplash.com

Rak bunga dengan bentuknya yang simpel dan unik, foto oleh kilarov345, via unsplash.com
 

Bangku-bangku kayu tempo dulu memiliki desain yang sederhana. Kini, bangku-bangku tersebut tergolong sebagai benda antik yang semakin jarang ditemui. Tampaknya, rak bunga kayu ini terinspirasi dari bangku-bangku kayu tempo dulu. Desainnya sangat mirip, hanya saja ukurannya jauh lebih kecil.

Tak hanya sebagai tempat untuk meletakkan pot tanaman, desain rak bunga seperti ini sekaligus berfungsi sebagai dekorasi. Tempatkan di atas meja atau lemari dengan pencahayaan yang cukup agar keindahannya terlihat. Padukan dengan pot gerabah dan tanaman yang simpel seperti lidah mertua (Sansevieria trifasciata) sehingga menjadi dekorasi rumah yang memikat.

Rak Meja Sekaligus Rak Bunga
Pot keramik berisi tanaman yang diletakkan di rak meja, foto oleh Visuallyus, via pexels.com

Pot keramik berisi tanaman yang diletakkan di rak meja, foto oleh Visuallyus, via pexels.com
 

Rak meja biasanya digunakan untuk meletakkan berbagai peralatan tulis dan benda-benda berukuran kecil lainnya. Untuk menghidupkan dan menyegarkan meja, tak ada salahnya memanfaatkan rak meja ini sebagai rak bunga. Pilih tanaman daun yang berukuran cukup mungil agar tak mengganggu fungsi rak meja. Misalnya saja, tanaman kaktus koin atau tanaman putri salju daun keriting. Pilih pula pot dari bahan keramik agar tanaman tampak semakin cantik!

Rak Bunga Minimalis Modern yang Memikat
Rak bunga minimalis modern yang mempercantik ruangan, foto oleh orlovamaria, via pexels.com

Rak bunga minimalis modern yang mempercantik ruangan, foto oleh orlovamaria, via pexels.com
 

Desain rak bunga sangat cocok melengkapi ruangan yang juga bernuansa minimalis modern. Dicat warna putih yang sederhana, rak bunga ini terbuat dari batang-batang besi lurus yang dirangkai sedemikian rupa. Pada inspirasi ini, pemilihan pot tanaman dari material kayu semakin mempercantik desain rak bunga. Jika Anda tertarik dengan desain rak bunga ini, sebaiknya pilih jenis tanaman minimalis seperti tanaman dollar atau ZZ plant (Zamioculcas zamiifolia).
 

Baca juga: 10 Desain Kreatif Tempat Dudukan Tanaman Hias yang Cantik
 

Rak Bunga Sekaligus Pengaman Tangga
Pot-pot berisi tanaman hijau yang menyegarkan ruangan, foto oleh max-artbovich, via pexels.com

Pot-pot berisi tanaman hijau yang menyegarkan ruangan, foto oleh max-artbovich, via pexels.com
 

Pada inspirasi berikutnya, rak bunga sekaligus dimanfaatkan sebagai pengaman tangga atau baluster tangga. Rak bunga dibuat dari material yang sama dengan material pada anak tangga, yakni material kayu yang sebagian dicat putih dan sebagian lainnya menggunakan finishing clear coating agar warna natural kayu tetap terlihat.

Desainnya yang sederhana dan rapi membuat pot-pot tanaman yang diletakkan di rak ini tampak menonjol. Adapun, tanaman-tanaman minimalis yang cocok ditempatkan pada rak di dalam ruangan seperti ini antara lain tanaman anggrek, daun mutiara (Miniature Alumunium Plant),Calathea Zebrina Neo dan Peperomia Watermelon.

Terlihat dari inspirasi-inspirasi ini, tanaman-tanaman hias dalam pot menjadi lebih menarik karena diletakan dalam rak bunga minimalis. Suasana ruangan pun pastinya akan lebih segar dan cantik. Nah, dari inspirasi-inspirasi ini, manakah desain rak bunga minimalis yang Anda suka? 

AUTHOR

Puji Lestari

Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.