Desain Vila Minimalis Modern Super Cantik di Gunungkidul, Yogyakarta

Desain Vila Minimalis Modern Super Cantik di Gunungkidul, Yogyakarta | Foto artikel Arsitag

Vila minimalis modern di Yogyakarta karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Membahas desain minimalis modern memang tak pernah membosankan. Kesederhanaan bentuk, ruang, detail, warna, hingga material menjadi daya tarik tersendiri dari desain ini. Desainnya yang semakin berkembang, beriringan dengan fiosofi gaya hidup minimalis yang juga semakin populer. Nah, tak hanya untuk rumah tinggal, desain minimalis modern juga banyak digunakan pada bangunan lain seperti vila.

Grand Villa 4.0 merupakan salah satu contoh vila minimalis modern yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Vila ini sebetulnya merupakan rumah yang dimiliki oleh pemilik, namun kemudian dikelola dan disewakan oleh manajemen. Dibangun di atas tanah seluas 72 m2, vila ini sangat nyaman dan estetis untuk dihuni oleh para wisatawan yang menginap. Mau melihat kecantikannya? Simak berikut ini.

Dominasi Warna Putih Polos dan Material Kayu
Dominasi warna putih dan kayu, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Dominasi warna putih dan kayu, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Warna putih memang menjadi warna yang paling sering digunakan pada arsitektur minimalis. Ditambah, tampilan interior vila serba putih pun terlihat sederhana, bersih, namun tetap modern dan elegan. Penggunaan warna putih sebagai warna utama pada Grand Villa 4.0 juga bertujuan untuk memberikan warna kontras dengan kombinasi warna alam yang ada di sekitarnya.

Warna putih memberikan kontras dengan alam sekitar vila, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Warna putih memberikan kontras dengan alam sekitar vila, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Warna putih sendiri juga dipercaya melambangkan kejujuran dan “ketidakhadiran”. Artinya, bangunan ini hanya sebagai latar dari kekayaan alam dan budaya di sekitarnya yang jauh lebih menakjubkan. Sungguh filosofi yang menyentuh, ya!

Kolam Renang Mini dengan Warna Motif Lantai yang Unik
Kolam renang mini, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Kolam renang mini, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Walaupun memiliki luas yang terbatas, Grand Villa 4.0 tetap memiliki kolam renang mini yang indah. Ukuran area kolam ini adalah 2,6m x 7m dengan finishing motif abu-abu pada dinding. Hal menarik dan unik dari kolam renang minimalis ini bisa Anda lihat dari lantai kolam renang yang menggunakan motif antik. Area kolam renang juga memiliki akses khusus dari samping menggunakan pintu jati. Pintu ekstra ini sengaja memberikan akses bagi tamu vila lain yang ingin berenang, sementara Grand Villa 4.0 sedang ditempati.
 

Baca juga: Ide Konsep Desain Taman Cantik di Sekeliling Kolam Renang Rumah Anda
 

Kisi-Kisi Bambu sebagai Sekat Kolam Renang
Kisi-kisi bambu alami untuk dinding sisi kolam renang, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Kisi-kisi bambu alami untuk dinding sisi kolam renang, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Kolam renang di vila ini pun terlihat alami dan hangat dengan kehadiran bambu sebagai kisi-kisi atau sekat kolam renang. Sekat bambu ini pun diatur tidak terlalu rapat, sehingga cahaya matahari tetap bisa masuk melalui sela-sela bambu. Hal ini pun menghasilkan pantulan cahaya yang indah ke area kolam renang. Uniknya lagi, pemilihan material bambu di area kolam disengaja supaya selaras dengan pohon bambu liar yang tumbuh di samping kolam. Dengan begitu, tamu pun bisa merasakan sensasi berenang seperti di hutan bambu dengan nyaman.

Ruang yang Bersih, Terbuka, dan Terang
Ruang bersih, terbuka, dan cerah, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Ruang bersih, terbuka, dan cerah, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Luas bangunan yang mungil tetap terasa nyaman berkat penerapan konsep rumah open plan. Tak ada banyak sekat ruangan, sehingga penghuninya bisa lebih leluasa berkeliling rumah. Denah vila yang terbuka juga memungkinkan cahaya natural untuk bisa masuk ke dalam vila dengan maksimal. Cahaya matahari alami dari luar juga membuat ambience ruangan terasa hangat dan nyaman.
 

Baca juga: Paduan Elemen Kayu dan Warna Serba Putih untuk Interior Apartemen yang Elegan
 

Jendela Besar di Tiap Ruangan
Bukaan lebar untuk tiap ruangan, karya Ruangan Asa, via arsitag.com

Bukaan lebar untuk tiap ruangan, karya Ruangan Asa, via arsitag.com
 

Selain ruangan yang dibuat dengan konsep terbuka, setiap ruangan juga dilengkapi dengan jendela kaca besar. Bukaan ini memungkinkan udara dan cahaya matahari dapat menjangkau ruangan secara leluasa. Jendela berukuran besar ini pun memungkinkan penghuni untuk menikmati pemandangan alam di luar bangunan dari dalam vila.

Interior vila serba putih seolah membingkai keindahan alam di sekitar vila. Anda dapat menikmati pemandangan alam tanpa distraksi visual yang mengganggu. Dengan konsep vila minimalis modern, Anda dapat menikmati suasana santai dalam kesederhanaan dengan cara yang modern dan stylish.

AUTHOR

Shabrina Alfari

Shasa lahir di Jakarta 9 April 1994. Lulus dari Universitas Indonesia pada tahun 2016, Shasa mengambil jurusan Bahasa dan Studi Jerman. Dia sangat suka membaca tentang apa saja, dari novel, fiksi, penyair dan lain-lain. Setelah lulus, Shasa suka menulis tentang berbagai topik dan sekarang bekerja sebagai Content Writer.