Tata Cahaya Luar Ruang Yang Bikin Taman Rumah Anda Mempesona Di Malam Hari

Tata Cahaya Luar Ruang Yang Bikin Taman Rumah Anda Mempesona Di Malam Hari | Foto artikel Arsitag
Cover Landscape Restaurant di Bali karya Alash.StudioBali (Sumber: arsitag.com)
 

Taman merupakan bagian dari eksterior rumah yang terkadang Anda abaikan. Bahkan, beberapa rumah justru menghilangkan bagian tersebut dengan alasan keterbatasan lahan, terutama di wilayah perkotaan. Padahal, taman tidak melulu berukuran luas. Anda tetap bisa membangun taman pada lahan sempit sekalipun.

Berbicara tentang taman, keindahan taman tidak hanya bisa dinikmati pada siang hari saja. Dengan teknik dan tata cahaya yang benar maka taman tetap mempesona meskipun pada malam hari. Pencahayaan tersebut bisa Anda peroleh dengan berbagai cara, seperti misalnya semburan cahaya dari lampu bulat yang ternyata dapat menerangi taman Anda. Berikut ini beberapa tata cahaya luar ruang yang membuat taman rumah Anda mempesona pada malam hari:

1. Tata Cahaya Pada Pintu Masuk

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang PRV A126 di Bandung karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)

 

Area depan rumah seperti teras dan pintu masuk, pada dasarnya bisa Anda manfaatkan sebagai sumber pencahayaan bagi taman rumah.

2. Tata Cahaya Pada Jalan Setapak

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang Lebak Bulus House Interior di Jakarta karya Inspiratio (Sumber: arsitag.com)

 

Jalan setapak pada taman akan mempermudah Anda untuk mengakses area tertentu, terutama ketika sedang merawat atau menyiram tanaman. Dengan adanya pencahayaan di sekeliling jalan setapak, maka taman akan terlihat semakin mempesona.

3. Tata Cahaya Di Bawah Pohon

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang PH Guesthouse di Jakarta karya Nelson Liaw (Sumber: arsitag.com)

 

Tata cahaya berikutnya adalah dengan menempatkan beberapa lampu pada bagian bawah pohon, terutama pada pohon dengan ukuran yang besar dan memiliki bentuk yang menarik sehingga keindahan taman pada malam hari terfokus pada titik tertentu saja.

4. Tata Cahaya Pada Dinding

4. Tata Cahaya Pada Dinding
Tata cahaya luar ruang Villa Kecil Pulau Putri di Jakarta karya Sony Budiono & Partner Architect Firm (Sumber: arsitag.com)

 

Jika memiliki dinding dengan ukuran yang luas pada taman, mungkin Anda bisa menempatkan beberapa lampu pada dinding taman untuk memaksimalkan pencahayaan taman.

5. Tata Cahaya Di Bawah Undakan

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang AL HOUSE di Bandung karya Mineli Architects (Sumber: arsitag.com)

 

Tidak semua rumah memiliki dapur outdoor dan taman pada bagian dalam rumah. Jika Anda memilikinya, cobalah untuk menggunakan pencahayaan pada bagian undakan yang memisahkan bagian interior dan eksterior.

6. Tata Cahaya Menggunakan Lampu Bulat

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang S+I House di Jakarta karya DP+HS Architects (Sumber: arsitag.com)

 

Jika tata cahaya lainya dirasa kurang maksimal, mungkin menggunakan lampu bulat berukuran besar yang memang dikhususkan untuk taman akan membuat taman Anda menjadi sangat terang.

7. Tata Cahaya Dari Dalam Rumah

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang PRV A131 di Bandung karya Erwin Kusuma (Sumber: arsitag.com)

 

Selain memanfaatkan lampu-lampu yang dipasang secara khusus pada taman, Anda juga bisa memanfaatkan cahaya dari dalam rumah agar taman tetap terlihat mempesona pada malam hari.

8. Tata Cahaya Pada Lorong

Tata cahaya luar ruangTata cahaya luar ruang RICHFIELD CO di Bandung karya RDMA (Sumber: arsitag.com)

 

Lorong dan teras rumah terkadang menjadi penghubung antara bagian interior dan eksterior. Oleh karena itu, Anda juga bisa memaksimalkan pencahayaan lorong dan teras agar taman rumah menjadi lebih mempesona pada malam hari.

Meskipun terlihat sedikit gelap dan remang, dengan tata cahaya seperti itu, keindahan taman tetap terlihat dan akan membuat rumah Anda lebih cantik pada malam hari. Jadi, jangan biarkan taman rumah Anda kekurangan pencahayaan pada malam hari.

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Antaresa Mayuda

Antaresa Mayuda is a programmer by day and a writer by night. He is a former content marketer at Tokopedia, but currently working as a programmer at Kalbe Nutritionals. Writing is a part of his life for years. He has also been writing hundreds of articles for many blogs and magazines.



Mau bangun?