12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah | Foto artikel Arsitag

Cover: Rumah yang direnovasi oleh arsitek Pramudya via arsitag.com

Apakah Anda sedang berpikir untuk merenovasi rumah Anda? Atau Anda ingin menghemat anggaran biaya renovasi rumah?

Apakah Anda mulai bosan dengan tampilan rumah Anda dan ingin memperbaruinya? Atau ada kebutuhan ruang yang bertambah?

Lalu, berapa juta harga jasa arsitek atau biaya kontraktor yang dapat membantu proses renovasi rumah Anda?

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari tips apa saja yang perlu dipertimbangkan dengan matang agar proses renovasi rumah Anda dapat berjalan dengan lebih maksimal. Hal ini penting karena renovasi rumah bukanlah hal yang mudah maupun murah. Bila salah dalam perencanaannya, biaya renovasi rumah bisa membengkak dan yang lebih mengesalkan, hasil renovasi pun tidak seperti yang diharapkan.

Membeli rumah lama dan merombaknya menjadi tampilan baru juga bisa menarik bagi mereka yang ingin menciptakan rumah impian mereka. Tetapi, mengetahui bagaimana cara melakukannya dapat menjadi tantangan tersendiri. Demikian pula, setiap proyek merenovasi rumah tampaknya rumit, namun dijamin berjalan lebih lancar jika Anda mengetahui beberapa tips dan trik praktisnya.

Apakah pengertian renovasi rumah?

Properti hasil renovasi karya Gets Architects via arsitag.com

Properti hasil renovasi karya Gets Architects via arsitag.com

Renovasi atau remodeling adalah proses merombak, memperbarui, meremajakan, memperbaiki, atau menyempurnakan struktur atau bentuk, atau memberi desain tambahan pada bangunan. Renovasi hunian bisa juga merupakan proyek untuk mengembangkan dan memperbarui interior rumah yang ada (termasuk mekanikal dan elektrikal), eksterior (misalnya, dinding, atap), atau perbaikan lainnya pada lahan (misalnya perawatan kebun/halaman atau perawatan/penambahan garasi).

Meskipun “renovasi rumah” sering mengacu pada proyek bangunan untuk mengubah struktur dan interior rumah yang ada seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur, garasi, dll., juga dapat mencakup perbaikan rumput, lanskap kebun, dan struktur luar ruangan, seperti gazebo dan carport.

Renovasi hunian juga mencakup tugas pemeliharaan, perbaikan, dan servis umum. Proyek merenovasi rumah umumnya memiliki satu atau lebih dari tujuan berikut:

  • Kenyamanan
  • Pemeliharaan dan perbaikan
  • Penambahan ruang
  • Penghematan biaya energi
  • Keamanan dan perlindungan

Baca juga: Ketahuilah Trik Mengubah Ruang Tamu Kecil Terlihat Lebih Lapang

Prinsip dasar dan utama dalam merenovasi rumah

Jika Anda memilih untuk merombak seluruh rumah atau sekadar menambah lantai atau luas ruang sesuai kebutuhan, berikut adalah 10 tips untuk memaksimalkan investasi, meningkatkan fungsionalitas rumah, menekan biaya, dan mempermudah rencana pekerjaan renovasi Anda di kemudian hari.

Mempertimbangkan beberapa tips ini saat menggunakan jasa renovasi rumah murah juga dapat membantu menurunkan biaya dan energi yang dibutuhkan selama pekerjaan merombak berikutnya.

1. Rencanakan lebih awal proses renovasi

1. Rencanakan lebih awal proses renovasi

Hunian yang direnovasi oleh Aaksen Responsible Aarchitecture via arsitag.com

Hunian yang direnovasi oleh Aaksen Responsible Aarchitecture via arsitag.com

Mempertimbangkan berbagai pilihan produk dan material bangunan lebih awal bisa mencegah penundaan di kemudian hari. Pastikan Anda menyertakannya dalam perhitungan harga saat membandingkan penawaran harga dari kontraktor yang Anda hubungi.

Baca baik-baik dan perhatikan setiap detail informasi dan item yang ditawarkan oleh kontraktor Anda. Pastikan bahwa semua yang ada dalam penawaran harga tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan, tidak berlebihan atau bahkan kurang, baik dari segi kuantitas, maupun kualitas. Bila Anda ragu dan membutuhkan bantuan, Anda dapat berkonsultasi dengan arsitek profesional mengenal hal ini.

Pikirkan biaya pemeliharaan jangka panjang, penghematan energi, dan perubahan biaya renovasi rumah yang dapat meningkat dengan pesat. Perencanaan detail yang tepat dapat menolong Anda menghemat anggaran.

2. Pelajari lingkungan sekitar

2. Pelajari lingkungan sekitar

12 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Renovasi Rumah

Renovasi rumah serba putih Splow House karya Delution Architect via arsitag.com

Penting sekali memahami struktur daerah tertentu yang sering kali dipandang remeh. Mengenali dan menghargai karakter komunitas Anda yang berbeda dan menggabungkan pola-pola bangunan setempat ke dalam desain baru Anda dapat memperkuat kerangka kontekstual daerah itu dan berkontribusi terhadap pola unik sebuah tempat.

3. Kenali karakteristik lahan rumah Anda

3. Kenali karakteristik lahan rumah Anda

Renovasi Rumah Cimahi karya nawabha via arsitag.com

Renovasi Rumah Cimahi karya nawabha via arsitag.com

Transformasi rumah paling berhasil apabila proses renovasi rumah merespons karakteristik dan kondisi iklim pada lahan Anda serta memperhitungkan faktor-faktor negatif misalnya seperti menghalangi view atau kebisingan yang tidak diinginkan atau menciptakan penghalang untuk privasi.

4. Kenali struktur lama rumah Anda

Properti hasil renovasi rumah karya MahaStudio & Partner via arsitag.com

Properti hasil renovasi rumah karya MahaStudio & Partner via arsitag.com

Pahami bagaimana cara merancangnya dengan mudah. Ini tidak berarti sekadar memadukan konstruksi baru dengan yang lama. Untuk merombak rumah dengan cara berbeda, Anda harus secara logis menggabungkan pola, bentuk, dan infrastruktur perencanaan lama dan baru.

Hal ini mungkin agak sulit bila harus dilakukan sendiri apabila Anda tidak memiliki keahlian dalam membangun. Bertanya pada tukang bangunan yang berpengalaman tentu bisa sedikit banyak menolong. Tetapi, alangkah baiknya bila Anda berkonsultasi dengan arsitek atau jasa kontraktor profesional yang lebih berpengalaman.

Dengan pendidikan dan pengalaman bertahun-tahun di bidang konstruksi, seorang arsitek tentunya memiliki keahlian dan pengetahuan yang mumpuni untuk membantu Anda mencari tahu apakah desain dan struktur rumah lama Anda dapat digabungkan dengan struktur dan rancangan rumah baru; atau ternyata struktur dan rancangan rumah Anda perlu dibongkar total dan dibangun ulang dari nol untuk memenuhi kebutuhan baru Anda.

5. Pertimbangkan gaya hidup semua anggota keluarga

Renovasi rumah Kedoya House Renovation karya SAMITRAYASA via arsitag.com

Renovasi rumah Kedoya House Renovation karya SAMITRAYASA via arsitag.com

Buatlah desain yang sesuai dan mendukung gaya hidup keluarga Anda. Kegiatan dan ritual keluarga memiliki kebutuhan ruang masing-masing, misalnya ruang publik untuk berkumpul dan hiburan, tempat yang tenang untuk membaca buku atau berita di koran, dapur untuk memasak, area pribadi untuk para tamu, ruangan kerja khusus untuk bekerja dari rumah (work from home), dan ruangan yang nyaman untuk beristirahat/tidur.

Ruang-ruang yang dibutuhkan oleh anak-anak tentunya berbeda dengan orang dewasa. Begitu juga lansia dengan keterbatasan fisik tentunya membutuhkan kondisi ruangan yang khusus. Semua itu perlu dipertimbangkan dengan matang agar tidak salah desain ke depannya.

6. Pelajari ciri khas desain rumah

Renovasi rumah tinggal sederhana Nerawang Joglo karya Studioindoneosia via arsitag.com

Renovasi rumah tinggal sederhana Nerawang Joglo karya Studioindoneosia via arsitag.com

Pahami bagaimana merancang secara aman dengan mengenali struktur utama rumah Anda. Sebaiknya merancang, menambah ruangan, atau merombak rumah Anda sesuai dengan persyaratan peraturan bangunan Indonesia yang berlaku di wilayah Anda. Pelajari solusi struktural, apakah Anda ingin ide yang lebih berani atau maksimal, namun tidak melebihi anggaran dan kesanggupan biaya jasa renovasi rumah Anda.

Renovasi rumah tinggal sederhana Nerawang Joglo karya Studioindoneosia ini mengadaptasi struktur tradisional jawa dari rumah joglo yang dipadukan desain gaya modern dengan pola-pola dan bentuk geometris serta material bangunan modern, namun sederhana.

7. Pakailah bahan/material tahan lama

Renovasi rumah Cijantung House karya Monokroma Architect via arsitag.com

Renovasi rumah Cijantung House karya Monokroma Architect via arsitag.com

Pilihlah material bangunan yang, selain aman, hemat dan tahan lama, namun juga melindungi keluarga Anda dari setiap pergantian musim. Material dari bahan bekas bongkaran rumah lama juga mungkin saja masih bisa dipakai dan merupakan pilihan yang cerdas untuk menekan biaya.

Selain itu, pertimbangan dengan bijak dan akurat setiap tekstur, pola, dan pilihan warna atap, dinding, lemari, dan lantai untuk mengekspresikan identitas arsitektur rumah Anda agar tidak terjadi kekacauan visual.

8. Pertimbangkan masalah air

8. Pertimbangkan masalah air

Project - Kamar Mandi Tamu (Rumah Dinas Menpora) karya Arif Rahman Syarfin S.Ds via arsitag.com

Air adalah salah satu elemen yang paling vital dalam rencana pekerjaan renovasi. Terutama yang patut diperhatikan yaitu jangan menambahkan kamar mandi tanpa mengetahui dengan cermat jalur pipa, tangki air, dan kapasitas pemanas air Anda.

Pertimbangkan juga seberapa besar batasan persediaan air Anda. Jika Anda menambahkan fixture yang cukup, hal ini mengharuskan Anda untuk memperbarui jalur pipa yang lebih besar dan lebih tahan lama.

9. Perbarui panel listrik

Panel listrik baru pada renovasi rumah murah via oneshetwoshe.com

Panel listrik baru pada renovasi rumah murah via oneshetwoshe.com

Perhatikan baik-baik rencana panel listrik Anda. Jika Anda perlu menambahkan ruang, jumlah atau luas lantai, tentu harus memperbarui panel listrik Anda. Selain itu, perlu juga diingat untuk menempatkan panel pada ruang khusus tanpa harus tersembunyi di dalam lemari.

Jika Anda masih memiliki jaringan kabel model lama, proyek renovasi rumah kali ini mungkin juga merupakan kesempatan ideal untuk mengatur jaringan kabel baru dan menghubungkan semua outlet tersebut.

10. Pertimbangkan pro dan kontra

Hasil renovasi hunian karya PT.ADF via arsitag.com

Hasil renovasi hunian karya PT.ADF via arsitag.com

Sebelum menambahkan ruang atau lantai, ajukan pertanyaan: tetap mempertahankan jendela, pintu, dan material dinding yang sudah ada atau merombak ulang dan pilih yang baru? Keputusan desain rumah Anda mungkin didasarkan oleh persyaratan struktural. Pilihan akan unik dan berbeda untuk setiap rumah.

Konsultasikan dengan jasa renovasi rumah tentang cara terbaik untuk mempertimbangkan hal ini.

11. Renovasi rumah untuk segala zaman

11. Renovasi rumah untuk segala zaman

Properti hasil renovasi rumah karya Duatitik Architecture arsitag.com

Properti hasil renovasi rumah karya Duatitik Architecture arsitag.com

Pada proyek renovasi rumah sederhana, jangan berpikiran sempit. Pikirkanlah bahwa Anda menginvestasikan banyak uang dan waktu untuk merombak rumah Anda. Anggarkan dana yang agak longgar sesuai rencana renovasi sehingga nantinya rumahnya tidak setengah-setengah jadinya.

Apabila dana yang ada belum mencukupi, Anda bisa memilih untuk menggunakan konsep rumah tumbuh, yaitu proses pembangunan rumah yang bisa dibangun dalam beberapa tahap. Setiap tahap sudah tuntas, tetapi struktur rumah sudah dipersiapkan untuk renovasi lanjutan di kemudian hari. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mencari tahu informasi tentang konsep rumah tumbuh di artikel ini.

Selain itu, saat merencanakan desain rumah sepanjang masa, pertimbangkan aksesibilitas dan desain universal (rancangan yang ramah terhadap kaum difabel). Jika bukan untuk diri sendiri, pikirkan untuk anak-anak dan orang lanjut usia yang mungkin datang berkunjung. Properti yang memiliki akses mudah juga memiliki nilai jual yang tinggi.

12. Libatkan layanan jasa renovasi (bukan sekedar tukang)

Hasil renovasi rumah karya Dhanie & Sal, (atas: before; bawah: after) via arsitag.com.

Hasil renovasi rumah karya Dhanie & Sal, (atas: before; bawah: after) via arsitag.com.

Renovasi interior rumah dengan gaya minimalis karya Dhanie & Sal via arsitag.com, all rights reserved

Renovasi interior rumah dengan gaya minimalis karya Dhanie & Sal via arsitag.com, all rights reserved

Arsitek dan jasa kontraktor umumnya lebih fokus untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tetapi, tidak ada salahnya minta beberapa rekomendasi, saran, dan konsep pemikiran menarik yang mungkin terlewatkan oleh Anda. Langkah seperti ini akan membuat Anda tidak terlalu banyak mengeluarkan uang dan menghemat biaya renovasi rumah Anda untuk proyek perbaikan atau pemeliharaan jangka panjang.

Pelajari soal anggaran dan biaya renovasi rumah di sini

Bila Anda penasaran dengan harga layanan jasa arsitek/kontraktor renovasi rumah serta berapa dana yang perlu Anda sediakan untuk biaya pekerjaan renovasi, Anda bisa membaca rekomendasi artikel di kategori budget berikut ini. Dapatkan banyak informasi penting dan terbaru soal harga jasa dan biaya konstruksi yang wajar di Indonesia dalamnya.

Jika Anda ingin bertanya langsung ke Arsitag soal renovasi rumah atau harga jasa arsitek atau biaya kontraktor, Anda bisa mengirimkan email ke customerservice@arsitag.com atau pesan Whatsapp ke 081290019010.

Jadi, persiapan apakah yang Anda lakukan sebelum renovasi properti Anda?

Baca juga:

13 Ide Cemerlang Renovasi Dapur Modern

11 Ide Cerdik Untuk Memanfaatkan Ruang Utilitas

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.



Hubungi ARSITAG