11 Ide Cerdik untuk Memanfaatkan Ruang Utilitas

11 Ide Cerdik untuk Memanfaatkan Ruang Utilitas | Foto artikel Arsitag

Jika Anda memiliki ruang utilitas, itu kesempatan bagus! Inilah ruang kerja yang paling rumit di rumah Anda. Tampilkan ruang laundry Anda dengan tempat penyimpanan yang efisien, tertata rapi, dan dengan sentuhan dekoratif yang indah sehingga Anda akan merasa betah berlama-lama di ruang itu. Jika Anda berniat merombaknya, sebaiknya pertimbangkan langkah-langkah berikut ini.

Ruang utilitas Midway house mudroom oleh Studio McGee (Sumber: studio-mcgee.com)Ruang utilitas Midway house mudroom oleh Studio McGee (Sumber: studio-mcgee.com)

1. Gaya dan fungsi

Ingin menonjolkan fungsi ruang laundry yang bergaya? Tidak butuh biaya terlalu besar, pertimbangkan material yang menarik dan praktis. Countertop dari material hardwood dapat mencerahkan ruang ini, ditambah bak cuci yang memudahkan pekerjaan Anda.

Desain dan ide ruang laundry (Sumber: renoguide.com.au)Desain dan ide ruang laundry (Sumber: renoguide.com.au)

Ingin desain yang lebih modern? Cobalah paduan material hardwood pada countertop dan pintu kabinet pull-down dari aluminium.

laundryIde rak gantung ruang laundry (Sumber: homebnc.com)

2. Serba gantung

Ciptakan ruang utilitas bernuansa lapang dengan langit-langit tinggi dan menempatkan rak pakaian gantung.

Ide rak gantung pull-down ruang utilitas Kent House (Sumber: lightlocations.com)Ide rak gantung pull-down ruang utilitas Kent House (Sumber: lightlocations.com)

Penggunaan rak gantung pull-down juga merupakan solusi kreatif yang dapat memaksimalkan fungsi ruang utilitas ini untuk mengeringkan pakaian.

3. Solusi rak hemat ruang

Dalam ruang utilitas yang sempit dengan ketinggian langit-langit standar, gantungan lipat yang menempel pada dinding untuk mengeringkan pakaian bisa menjadi alternatif yang bagus untuk desain langit-langit tradisional. Alat pemanas tambahan juga solusi bagus, membantu pengeringan pakaian semakin cepat dan efisien.

Ide desain rak ruang laundry sempit (Sumber: amazinginteriordesign.com)Ide desain rak ruang laundry sempit (Sumber: amazinginteriordesign.com)

Ide desain rak gantungan pull-out (Sumber: indoorlyfe.com)Ide desain rak gantungan pull-out (Sumber: indoorlyfe.com)

Inilah salah satu alternatif lain untuk memaksimalkan ruang sempit! Menyembunyikan rak gantungan pull-out di dalam laci juga ide cerdas untuk menjaga ruang laundry tetap bersih dan rapi.

Ide desain gantungan ruang laundry (Sumber: homebnc.com)Ide desain gantungan ruang laundry (Sumber: homebnc.com)

Anda tetap bisa menciptakan ruang laundry sempit yang bergaya dengan alternatif lain berupa rak pull-out model akordeon. Anda bisa melipatnya sewaktu-waktu jika tidak digunakan.

4. Kait-mengait

Jika Anda sudah kehabisan ide kabinet dan rak, pertimbangkan penambahan beberapa kait sederhana. Kait ini melekat pada bagian atas dinding, memberikan pilihan untuk menggantung tas, celemek, handuk, dan sebagainya.

Ide kait di ruang laundry (Sumber: blog.styleestate.com)Ide kait di ruang laundry (Sumber: blog.styleestate.com)

5. Tampilan gelap

Bosan warna terang dan ingin tampil beda? Pertimbangkan warna yang lebih gelap, seperti biru navy yang elegan yang menciptakan tampilan country modern, terutama bila dipadankan dengan keran dan hardware unik dari kuningan.

Baca juga: Kekuatan Hitam Dalam Desain

laundryIde desain ruang laundry bernuansa gelap (Sumber: apartmenttherapy.com)

6. Batas zona

Jika ruang utilitas Anda berbatasan dengan dapur atau ruangan lain, gunakan wallpaper, panel, atau cat untuk membatasi zona tersebut.

Batas zona ruang laundry (Sumber: lizmarieblog.com)Batas zona ruang laundry (Sumber: lizmarieblog.com)

7. Ide multifungsi

Anda ingin menggabungkan ruang kerja dan laundry? Cobalah ide ini! Anda bahkan bisa juga menambahkan dua kursi yang memungkinkan Anda duduk sejenak sembari menanti pekerjaan mencuci selesai.

Ide desain ruang utilitas (Sumber: homebnc.com)Ide desain ruang utilitas (Sumber: homebnc.com)

8. Cintailah detail

Inilah kesempatan untuk bereksperimen dengan gaya, warna, dan aksesoris. Penggunaan wallpaper 3D memberikan kesan hidup seolah banyak kupu-kupu terbang di ruangan ini. Perhatikan paduan pola unik dari lantai dan lemari kabinet yang senada. Unik, bukan?

Ruang utilitas oleh Evars + Anderson Interior Design (Sumber: hgtv.com)Ruang utilitas oleh Evars + Anderson Interior Design (Sumber: hgtv.com)

9. Area display

Meskipun penyimpanan tersembunyi sangat ideal untuk peralatan dan produk pembersih, rak-rak terbuka membantu Anda memamerkan barang-barang cantik, seperti keramik, vas, dan keranjang.

Desain rak ruang utilitas (Sumber: interiorgod.com)Desain rak ruang utilitas (Sumber: interiorgod.com)

Bila Anda ingin lebih praktis dan simpel, gunakan papan rak tempel untuk memajang barang-barang Anda.

Desain papan rak tempel (Sumber: homebnc.com)Desain papan rak tempel (Sumber: homebnc.com)

10. Ruang penyimpanan praktis

Penyimpanan praktis adalah salah satu aspek yang paling penting dari ruang utilitas. Jika Anda merencanakan ruang itu dari awal, sebaiknya buatlah lemari penyimpanan yang dapat menampung beberapa barang seperti vacuum cleaner, sapu, alat pel, meja seterika, dan sebagainya.

Ide penyimpanan ruang utilitas (Sumber: remodelaholic.com)Ide penyimpanan ruang utilitas (Sumber: remodelaholic.com)

11. Jangan lupakan kabinet

Gunakan detail dekoratif yang bagus pada kabinet sehingga ruang laundry Anda tetap tampil baru dan bergaya. Nah, seperti apakah ruang utilitas impian Anda? 

Desain kabinet ruang utilitas (Sumber: designrulz.com)Desain kabinet ruang utilitas (Sumber: designrulz.com)

Jadi, apakah Anda sudah siap merenovasi ruang utilitas Anda? Mulai cari desainer interior pilihan Anda di sini.

Baca juga:

Cara Memaksimalkan Dapur Kecil Anda

7 Hari Menata Garasi Yang Apik Tanpa Cacat

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!

Disini

AUTHOR

Rosida Widyastuti

Rosida Widyastuti lulusan Arsitektur angkatan'99 dari fakultas Teknik Arsitektur. Pernah bekerja di PT CIPTA MATRA (2001-2005) dan di PT Putera Indonusa Prakarsa (2005-2006) sebagai Arsitek Kepala. Saat ini bekerja sebagai penerjemah lepas untuk PT. Elex Media Komputindo Jakarta dan PT. Gandum Mas Malang.